Monday, December 10, 2018

Agar Lebih Sukses Dalam Berkarir

Pernahkah anda merasa heran kenapa sebagian orang lebih sering dipromosikan dan dibayar lebih tinggi dibanding rekan-rekannya?

Padahal mereka tampaknya tidak sekompeten atau semampu rekan-rekannya. Itu tampaknya tidak adil.

Mengapa sebagian orang tampil di depan, sementara orang lain, yang bahwasanya telah bekerja lebih keras, bahkan lebih lama, tidak menerima promosi dan reward suplemen yang menyertainya?

Faktanya ialah bahwa untuk mendapatkan kesuksesan besar itu, anda bukan cuma harus menjadi jago dibidang yang anda pilih, tapi juga harus dipandang sebagai orang yang benar-benar ahli.

Manusia itu ialah makhluk persepsi. Bukan apa yang mereka lihat, melainkan apa yang beliau anggap dilihatnya, itulah yang menentukan bagaimana mereka berpikir dan bertindak.

Jika rekan anda dianggap sebagai orang yang lebih layak dipromosikan, untuk alasan apapun itu, maka sangat besar kemungkinan beliau akan menerima tanggung jawab dan penghasilan tambahan, meski anda tahu bahwa bahwasanya anda lebih bisa dan lebih baik dibanding dia, jikalau saja anda diberi kesempatan.

Cara Mempercepat Peningkatan Karir

Tapi untungnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya tampak lebih menonjol dan mempercepat langkah anda untuk bergerak maju dalam karir.

Titik awalnya ialah dengan berbagi kompetensi. Tentukan bagian-bagian mana dari pekerjaan anda yang paling penting bagi boss dan perusahaan anda, kemudian ambil keputusan untuk menjadi sangat jago di bidang tersebut.

Anda harus dianggap sebagai orang yang sangat kompeten dalam menjalankan tugas, alasannya ialah masa depan anda bergantung pada hal itu. Persepsi itu saja akan mengatakan anda perhatian dari lebih banyak orang, jauh lebih cepat dari yang anda bayangkan.

Persepsi orang mengenai kinerja anda yang unggul, akan membuka banyak sekali peluang bagi anda untuk menerima tanggung jawab dan penghasilan yang lebih tinggi, serta posisi yang lebih baik.

Menjadi jago dalam apa yang anda lakukan itu seharusnya menjadi pondasi dari taktik anda untuk mencapai posisi yang lebih tinggi, pengembangan yang pesat dalam karir.

Dimanapun, para pimpinan itu selalu mencari orang-orang aksi, yang akan bekerja dan menuntaskan kiprah secepat mungkin. Saat mempunyai reputasi sebagai orang yang kompeten dan mampu, anda akan cepat terlihat oleh orang-orang kunci di lingkungan pekerjaan.

Perbaiki Penampilan Anda!

Unggul pada apa yang anda lakukan itu sangat penting, tapi itu saja tidak cukup. Ada beberapa elemen lain yang mempengaruhi persepsi orang mengenai anda. Dan salah satu elemen yang terpenting itu ialah imej anda secara keseluruhan, dari ujung kepala sampai kaki.

Bagaimana anda terlihat, itu akan memberi perbedaan yang nyata. Sebab, sebuah survey terbaru mengenai para eksekutitf menemukan bahwa keputusan untuk mendapatkan atau menolak itu dibentuk hanya dalam 30 detik pertama.

Banyak orang percaya bahwa keputusan untuk mendapatkan atau menolak seorang pelamar itu bahwasanya dibentuk dalam 4 detik pertama. Sehingga banyak orang yang bahwasanya mampu, di diskualifikasi dari peluang untuk menerima pekerjaan, cuma lantaran mereka tampak tidak meyakinkan.

Memang banyak elemen dari kehidupan anda yang berada diluar kekuasaan anda, dan tidak bisa anda pilih. Tapi cara berpakaian dan penampilan luar anda, itu secara total ialah problem pilihan langsung anda.

Melalui pakaian yang dipilih, gaya dan penampilan mereka secara keseluruhan, orang-orang menciptakan pernyataan mengenai jenis orang ibarat apa diri mereka.

Cara anda terlihat diluar itu ialah perwakilan dari cara anda memandang diri di dalam. Jika anda punya gambaran diri yang profesional, positif, maka anda akan berusaha keras untuk menciptakan penampilan eksternal yang konsisten dengan gambaran diri itu.

Adalah wangsit yang anggun untuk berpakaian ibarat orang-orang senior di perusahaan anda. Berpakaianlah ibarat orang yang posisinya dua tingkat diatas anda. Karena evaluasi orang terhadap anda itu sebagian besar ditentukan oleh penampilan luar anda, maka pastikan untuk terlihat sangat profesional.

Akibatnya, persepsi dari orang-orang yang bisa membantu anda dalam karir akan menjadi positif. Mereka akan membuka banyak sekali pintu supaya anda bisa masuk, yang dikala ini mungkin belum bisa anda bayangkan.

Bergabunglah dengan Berbagai Organisasi

Cara ampuh lainnya untuk tampak menonjol, ialah bergabung dengan satu atau dua organisasi profesional yang bekerjasama dengan bisnis atau bidang anda. Mulailah menghadiri pertemuan sebagai tamu untuk mengamati apakah organisasi tersebut bermanfaat untuk anda.

Tentukan apakah para anggotanya ialah jenis orang yang ingin anda kenal dan punya karir yang mantap. Lalu, jikalau anda telah tetapkan bahwa menjadi dikenal oleh orang-orang kunci dalam organisasi ini bisa meningkatkan karir anda, dapatkan status keanggotaan dan ikutlah terlibat.

Orang yang bergabung dengan suatu klub atau organisasi, biasanya tidak lebih dari sekedar menghadiri pertemuan rutin. Karena banyak sekali alasan, mereka terlalu sibuk sampai tidak bisa membantu organisasi untuk menuntaskan banyak sekali hal.

Tapi itu bukan untuk anda. Kaprikornus kiprah anda ialah menentukan sebuah komite kunci dan memperlihatkan diri untuk melayani. Cari tahu komite mana yang tampaknya paling aktif dan kuat di dalam organisasi tersebut.

Sumbangkan waktu, keahlian, dan energi anda. Hadiri setiap pertemuan. Catat hal-hal penting. Ajukan diri untuk menerima penugasan, dan selesaikan tepat waktu dan dengan cara yang sempurna.

Dalam setiap kasus, anda akan menerima peluang untuk bekerja sama dengan orang-orang kunci dalam profesi anda, di sebuah lingkungan yang tidak mengancam. Anda mengatakan peluang pada mereka untuk melihat apa yang bisa anda lakukan, dan jenis orang ibarat apa diri anda.

Anda berbagi jaringan kontak yang berharga, dalam sebuah cara yang paling efektif untuk dikala ini. Orang-orang yang anda kenal dalam komite ini pada ahkirnya bisa sangat membantu anda dalam pekerjaan dan karir anda.

Selain itu, bergabunglah juga dengan organisasi lain yang sudah populer lantaran kedermawanannya, dan sumbangkan pelayanan anda secara aktif dalam banyak sekali kegiatan pengumpulan dana.

Anda mungkin belum kaya, tapi punya banyak waktu, dan kemauan anda untuk menyumbangkan diri, pada hasilnya akan mulai diperhatikan oleh orang-orang kalangan atas.

Banyak orang yang punya kontrak dan sumberdaya terbatas, hasilnya berhasil meningkatkan posisinya sebagai akhir dari dikenal oleh para pemimpin komunitas penting, yang berpartisipasi dalam organisasi amal dan perkumpulan profesional.

Sungguh mengagumkan betapa jauh dan cepatnya langkah anda dikala anda mulai menyumbangkan waktu dan energi untuk orang lain secara teratur. Itu ialah salah satu cara tercepat untuk meniti tangga kesuksesan.

2 Kualitas yang Paling Menentukan Karir

Ada banyak sekali hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan posisi, hal-hal yang umumnya tidak terpikir oleh orang lain. Sebagai contoh, dalam sebuah studi yang melibatkan 105 petugas eksekutif, menyimpulkan bahwa ada dua kualitas yang akan mempercepat peningkatan karir seseorang.

Kualitas pertama ialah kemampuan menentukan prioritas, bisa membedakan mana yang relevan dan tidak relevan, dikala menghadapi kiprah harian. Kualitas kedua ialah rasa urgensi, kemampuan untuk menuntaskan kiprah dengan cepat.

Para menejer menempatkan nilai yang tinggi pada orang yang bisa tetapkan prioritas dan bergerak cepat dalam menuntaskan tugas. Kehandalan dalam menuntaskan kiprah ialah salah satu sifat terpenting di dunia kerja.

Saat pemimpin anda bisa mengatakan kepercayaan secara penuh pada anda untuk menuntaskan sebuah tugas, berarti anda telah menempatkan diri dijalur cepat, dan memperbesar kemungkinan untuk menerima promosi dan bayaran yang lebih tinggi.

Cara lain untuk meningkatkan posisi ialah dengan terus memperbaiki banyak sekali skill yang bekerjasama dengan pekerjaan, dan memastikan bahwa anda sangat unggul dibidang itu.

Ikuti banyak sekali kursus suplemen untuk meningkatkan kemampuan dalam bekerja, dan diskusikan hal itu dengan boss anda. Mintalah beliau untuk membiayai kursus tersebut, tapi pastikan dengan terang bahwa anda tetap akan mengambilnya.

Mintalah boss anda untuk merekomendasikan banyak sekali buku atau kegiatan audio. Lalu tindak lanjuti dengan membaca dan mendengarkannya, dan mintalah rekomendasi lanjutan.

Para boss itu umumnya sangat terkesan dengan orang yang semangat untuk belajar, supaya bisa meningkatkan nilai dirinya bagi perusahaan. Dengan melaksanakan hal ini secara teratur, bisa benar-benar melejitkan karir anda.

Terakhir, anda akan jauh lebih menonjol jikalau berbagi sebuah Sikap Mental Positif. Orang bahagia berada disekitar dan mempromosikan orang yang disukai.

Sikap bangga dan optimis yang konsisten dan mantap itu akan cepat terlihat oleh semua orang. Saat anda berusaha untuk menanamkan sebuah perilaku dekat pada orang-orang, sampai mereka, sebagai balasannya, akan berusaha sangat keras untuk membuka pintu bagi anda.

Kesimpulan

Secara ringkas, berikut ini lima kunci untuk menciptakan diri tampak lebih menonjol sehingga anda bisa sukses lebih cepat dalam berkarir:

1. Jadilah unggul dalam banyak sekali hal penting yang menciptakan anda dipekerjakan untuk melakukannya. Unggul dalam pekerjaan yang anda pilih anda langkah utama untuk menerima posisi dan bayaran yang lebih tinggi.

2. Terlihat, bergaya, dan berpenampilan beda. Jadilah orang yang banyak tahu mengenai gaya, warna, dan motif. Berpakaianlah ibarat cara orang-orang senior diperusahaan anda berpakaian. Jangan pernah mengabaikan apapun.

3. Kembangkan jaringan kontak, baik di dalam maupun diluar perusahaan. Selalu carilah cara untuk menyumbangkan waktu dan tenaga anda, sebagai sebuah investasi, sehingga orang lain akan mau mengatakan waktu dan tenaganya untuk membantu anda dikemudian hari.

Orang-orang tersukses dalam suatu komunitas itu ialah mereka yang dikenal oleh sejumlah besar orang sukses lainnya. Mulailah dari perkumpulan atau klub profesi anda, dan bergabunglah dengan organisasi amal lokal yang anda pedulikan, dan punya jajaran pemimpin yang berwibawa.

4. Ikuti kursus tambahan untuk meningkatkan skill anda, dan pastikan semua orang mengetahuinya. Mintalah boss anda untuk merekomendasikan buku atau kegiatan audio. Lalu baca dan dengarkan, datangi lagi beliau untuk mengomentari apa yang telah anda pelajari dan meminta rekomendasi lanjutan.

Saat si boss merasa anda sangat semangat untuk berguru dan berkembang, maka seringkali beliau akan menjadi pembimbing dan membantu anda meniti tangga kesuksesan. Proses menjadi pembimbing atau pemandu ini, telah menjadi pendorong bagi kesuksesan para direktur di seluruh dunia.

5. Jadilah orang yang positif, semangat, dan suka membantu. Jadilah orang baik yang disukai orang lain. Perlakukan orang dengan rasa persahabatan dan kesabaran, serta selalu pilih kata-kata yang baik untuk diucapkan pada orang-orang yang bekerja dengan anda.

Yang terakhir, dengan menyediakan waktu untuk menjadi insan unggul akan menciptakan anda jadi lebih cepat menonjol, serta meningkatkan peluang anda untuk dipromosikan, dibanding hal-hal lain yang bisa anda lakukan.

Dan anda niscaya bisa jikalau anda mau!


Baca Juga: Berbagai Informasi Mengenai VPS

No comments:

Post a Comment