Sunday, December 9, 2018

Istirahatkan Diri Anda

Istirahat terbaik yang bisa anda lakukan ialah dengan bermeditasi, alasannya ialah keunikannya yang mengkombinasikan antara kedamaian dan kekuatan.

Orang-orang yang peduli dengan perbaikan umat insan menyimpulkan bahwa, jikalau kita ingin mencapai potensi mental, fisik, dan spiritual secara maksimal, maka sebuah sistem yang menyertakan istirahat yang cukup, relaksasi, dan komunikasi batin, itu sangat penting.

Sebab tanpa hal ini, kita hanya bisa berharap untuk beroperasi dengan sebagian kecil dari kemampuan kita.

Berbagai teknik telah dikembangkan untuk membantu kita dalam mencapai potensi. Yang paling umum ialah meditasi. Meditasi bukanlah hasil inovasi dari suatu kelompok atau individu tertentu. Meditasi tidak perlu harus dihubungkan dengan suatu agama atau keyakinan tertentu.

Tidak ada pembaiatan yang diharuskan, tidak ada seremoni yang diperlukan, dan berbeda dengan apa yang anda percayai, tidak ada orang yang perlu mengajari anda cara bermeditasi. Meski intruksinya mungkin bisa membantu, tapi itu tidak harus.

Semua kegaiban dan sim-salabim seputar meditasi, telah menjauhkan banyak orang dari mengeksplor kemungkinan untuk menyatukannya dalam kehidupan mereka.

Faktanya ialah bahwa seni meditasi itu bisa dipelajari dengan gampang oleh siapapun. Kemampuan untuk bermeditasi itu ada pada semua orang. Begitu memahami prinsip dasarnya, anda bisa segera melakukannya sendiri.

Apa Tujuan dari Meditasi?

Meditasi bertujuan untuk memantapkan kembali relasi kita dengan Sumber Kekuatan di dalam diri. Meditasi membersihkan pikiran dan membuat kita terbuka dan mau mendapatkan ide-ide kreatif, intuisi, dan inspirasi. Meditasi mengungkapkan dimana kesalahan kita dan memandu kita untuk kembali ke jalur yang benar.

Kita menjadi satu dengan semua hal dan semua orang karena, ketika bermeditasi, kita menyatukan diri dengan Sang Pencipta. Itu membantu kita untuk mencapai semua potensi dengan cara mengistirahatkan system-sistem syaraf, istirahat yang jauh lebih dalam dibanding tidur, namun tetap dalam keadaan sadar.

Selama masa ini, stess dilhilangkan sehingga kita benar-benar menjadi rileks dan tenang. Sama ibarat atlit yang berlari untuk melatih tubuhnya, dalam meditasi, kita melatih dan memperkuat pikiran biar berfungsi secara maksimal. Inilah salah satu alasan kenapa meditasi bisa meningkatkan efisiensi dalam kehidupan.

Kapan Waktunya Bermeditasi?

Mulailah dengan menyisihkan waktu untuk bermeditasi di awal hari, terutama sebelum sarapan. Ini akan membuat anda menjadi lebih siap untuk menghadapi hari. Kemudian sisihkan jumlah waktu yang sama di malam hari.

Para jago menyarankan bahwa meditasi itu sebaiknya dilakukan 4 jam sebelum beristirahat, alasannya ialah secara otomatis anda akan merasa segar kembali. Meditasi yang anda lakukan di malam hari, akan membantu menyingkirkan banyak sekali perasaan negatif yang menumpuk sepanjang hari.

Jadwal ini atau yang serupa, seharusnya dilakukan secara teratur biar mendapat hasil terbaik. Bermeditasi satu kali sehari tapi dilakukan setiap hari, itu lebih baik dibanding dua kali sehari tapi dilakukan tiap dua atau tiga hari.

Apa yang anda cari ialah imbas kumulatifnya. Dan konsistensi ialah faktor penting untuk mencapai hasil terbaik. Seseorang dihentikan benar-benar berhenti bermeditasi. Sebab ini ialah proses yang tak pernah berakhir.

Sekali anda mulai bermeditasi dengan benar, anda akan mencicipi perbedaannya. Idenya ialah untuk menjadikan itu sebagai cuilan dari kehidupan anda.

Dimana Anda Seharusnya Bermeditasi?

Saya berasumsi bahwa anda akan lebih sering bermeditasi dirumah. Cari sebuah daerah yang membuat anda bisa sendirian, terutama di dalam sebuah ruangan yang lampunya bisa anda matikan atau redupkan.

Sebuah daerah yang sunyi itu sangat penting, sebuah daerah dimana anda bisa menjauh dari kebisingan dunia. Kebisingan melemahkan ingatan anda dan menghilangkan peluang anda untuk bisa berkonsentrasi dan berkomunikasi dengan batin anda.

Bermeditasi ditempat yang sama setiap hari, itu ialah sebuah ide yang bagus. Sebab, sesudah beberapa lama, anda akan mengumpulkan sejenis getaran positif disana, yang akan membantu memicu relaksasi. Secara otomatis anda akan menghubungkan daerah tersebut dengan ketenangan dan kedamaian.

Tulang belakang seharusnya tegak lurus sehingga sistem syaraf tidak terjepit dan bisa berfungsi maksimum secara bebas. Sebuah bangku yang nyaman dengan sandaran yang lurus sangat baik untuk tujuan ini.

Itu akan menjaga anda biar tidak membungkuk dan membantu mendistribusikan berat badan secara merata. Cobalah beberapa bangku yang berbeda hingga anda menemukan yang berdasarkan anda paling nyaman dan cocok untuk anda.

Jangan berbaring. Sebab jikalau anda melakukannya, itu hanya akan membuat anda menghubungkan meditasi dengan tidur. Sehingga risikonya anda akan terlelap dan kehilangan semua manfaat yang bisa diberikan oleh meditasi.

Sebelum Anda Memulai

Hal terpenting untuk diingat pada ketika awal adalah, jangan melawan pikiran anda. Banyak orang yang mengatakan, "Aku sulit bermeditasi alasannya ialah saya tidak bisa berhenti berpikir." Masalah mereka ialah penolakan.

Semakin anda menolak pikiran anda, beliau akan menjadi semakin kuat. Tapi begitu anda berhenti menolak dan membiarkannya berlalu tanpa berusaha memusatkan perhatian pada sesuatu, dengan sendirinya beliau akan menghilang.

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah memperlambat pikiran, tubuh, dan perasaan. Anda sedang mencoba untuk membentuk sejenis kekosongan yang bisa diisi dengan banyak sekali pemikiran dan getaran positif.

Jika anda mulai berpikir bahwa rumah anda perlu dibersihkan atau ada hal-hal lain yang perlu diselesaikan, segera hentikan dan disiplinkan pikiran anda untuk kembali bermeditasi.

Bermeditasi itu ibarat mengubah arah kendaraan. Pertama, kita harus memperlambat kendaraan. Setelah melambat, kita menghentikannya dan memutarnya ke arah yang berbeda.

Pikiran bawah sadar akan membantu anda dalam proses ini. Begitu beliau sudah tahu apa yang sedang anda coba lakukan, beliau akan membuat rujukan kebiasaan yang akan memudahkan anda untuk mencapai kondisi kesadaran ini.

Teruslah memprogram kebiasaan gres ini ke dalam pikiran bawah sadar, dan beliau akan mengambil alih secara otomatis tanpa anda harus bersusah payah lagi.

Pengalaman ini ibarat mirip menghidupkan bahtera motor. Jika anda pernah melakukannya, anda akan tahu bahwa ketika pertama anda menarik tali, motor tidak eksklusif menyala. Anda mencobanya lagi, tiba-tiba motor menyala dan anda bisa bebas.

Begitu juga dengan bermeditasi. Setelah anda mengalami perasaan ini beberapa kali, itu akan menjadi semakin gampang dan semakin mudah.

Meditasi ialah proses 3 langkah:

  1. Rileks dan relakan.
  2. Menjangkau dan mendengarkan.
  3. Visualisasi dan affirmasi.

Dalam bentuk yang sudah disederhakan, metode berikut ini menggabungkan semua inovasi dan teknik terbaru yang telah dilakukan oleh para pakar psychologi, agama, philosophy dan pengobatan.

Langkah Satu - Rileks dan Lerakan

Selama otot-otot anda menegang, mereka menghidap energi fisik dan mental. Untuk menyingkirkan gangguan energi elektris ini, regangkan seluruh badan anda dan redakan ketegangan dari seluruh otot anda.

Kemudian duduk tegak lurus di bangku dan tutup mata anda. Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan, perlahan, dan dengan nyaman. Raskan diri anda menjadi rileks. Adalah hal yang normal untuk menjadi rileks ketika menghembuskan napas.

Sekarang tegangkan atau kencangkan otot-otot anda dengan cara menekannya kemudian lepaskan. Mulailah dari pergelangan tangan, lengan, dan bahu-bahu anda. Lalu, lanjutkan ke otot-otot cuilan belakang dan perut. Terakhir, lanjutkan pada otot-otot paha, betis, dan perngelangan kaki. Tarik napas mendalam dan rileks.

Pada tahap ini, beberapa organisasi menawarkan 'mantra' pada para siswanya, yaitu sebuah kalimat bermakna yang ditujukan untuk memusatkan pikiran. Anda tidak memerlukan mantra. Satu-satunya alasan sebuah mantra akan efektif ialah alasannya ialah anda mempercayainya.

Kalimat terbaik yang saya temukan ialah "RELAKAN." Katakan pada diri anda sendiri, "relakan." Tarik napas mendalam dan ulangi kalimat tersebut hingga anda merasa bebas dari semua kekhawatiran, kecemasan, dan pemikiran negatif.

Teruslah mengulangi kalimat tersebut hingga anda menjadi tenang dan damai, serta pikiran anda menjadi kososng dari semua pikiran sadar. Pada tahap ini anda akan menjadi lebih terbuka dan siap menerima.

Langkah Dua - Jangkau dan Dengarkan

Ini ialah sebuah fungsi pengembangan pikiran. Semua pemikir, filsuf, pemuka agama, dan jago mistis atau peneliti hebat, punya kontradiksi dengan kerabat mereka dalam banyak hal.

Namun ada satu hal yang mereka semua sepakati yaitu bahwa hanya ada satu Kecerdasan Kreatif di alam semesta. Kecerdasan atau Pikiran inilah yang menjadi sumber dari semua pemikiran.

Panduan eksklusif dan intuisi anda berasal dari Pikiran Supra Sadar, melalui pikiran bawah sadar. Ingat bahwa pikiran bawah sadar itu terbuka pada kedua sisinya. Pada satu sisi, ada pedoman ide-ide kreatif dari Pikiran Supra Sadar. Dan sisi satunya lagi ialah daerah untuk mendapatkan aba-aba dari pikiran sadar anda.

Seperti yang sudah anda pelajari, pikiran logis atau pikiran sadar menipu anda dengan cara membelokkan persepsi anda dari realitas dan akhirnya, aksi-aksi anda. Agar bisa berafiliasi dengan Kecerdasan Kreatif yang mengekspresikan dirinya sebagai dan melalui anda, pikiran sadar anda harus ditenangkan.

Itu artinya anda seperti mempunyai dan mengontrol sebuah Sumber Kekuatan yang maha dahsyat dan siap untuk melayani anda. Begitu anda mengijinkan Kekuatan ini untuk memasuki pikiran sadar anda, maka kehidupan anda akan menjadi sebuah pengalaman yang powerful.

Anda tidak perlu mencoba untuk memahami atau mencari tahu cara kerjanya. Yang perlu anda ketahui hanyalah bahwa itu ada dan akan memandu anda, mengijinkan anda untuk mengatasi semua dilema atau penghalang dalam kehidupan.

Sediakan waktu beberapa menit untuk memikirkan fakta bahwa Kekuatan yang telah mengatur matahari, awan, planet-planet dan lautan itu berada di dalam diri anda. Ketahui bahwa anda ialah verbal dari kekuatan tersebut.

Ketahui bahwa beliau sempurna. Biarkan pikiran anda menyatu dengannya. Berikan beliau peluang untuk masuk dan menerangi pikiran sadar anda. Ketahui bahwa anda dan kekuatan sempurna, tak terbatas itu ialah SATU.

Jika anda memerlukan sesuatu dalam kehidupan, atau mempunyai dilema yang ingin dipecahkan, ungkapkanlah secara singkat. Ya, secara singkat saja. Sebab anda sedang berhadapan dengan Kecerdasan Yang Maha Tahu, jadi anda tidak perlu memberi tahu semuanya.

"Memberi tahu" ialah untuk diri anda sendiri. Setelah anda melaksanakan ini, LEPASKAN pemikiran tersebut. Biarkan pikiran anda bertindak ibarat sebuah radar dan rasakan pengaruhnya secara langsung.

Bersikaplah terbuka dan siap mendapatkan apapun intuisi atau petunjuk yang anda terima. Belajarlah untuk bersikap mendengarkan seperti anda berharap untuk mendengarkan sesuatu.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, terkadang sulit untuk bermeditasi ketika anda memikirkan kebutuhan atau dilema anda. Namun, dalam meditasi tiga langkah ini, anda harus menyingkirkan semua detilnya hingga diri anda menjadi siap, kemudian merelakannya dan mendengarkan.

Bermeditasi itu ialah waktu untuk menenangkan pikiran-pikiran yang mengganggu, kemudian mendengar dari dalam, dan bukan mendengarkan ocehan atau pikiran sadar anda. Dengan latihan, mendadak anda akan menjadi sadar bahwa anda mendengarkan.

Petunjuk akan masuk melalui intuisi anda. Saat anda mendapatkan sebuah dorongan keinginan, secara mendadak anda akan mencicipi desakan untuk bertindak: untuk melaksanakan sesuatu, menghubungi seseorang atau pergi ke suatu tempat.

Itu ialah petunjuk anda yang cari. Itu ialah panduan anda. Percayai. Beraksilah berdasarkan petunjuk ini. Petunjuk tersebut mustahil salah alasannya ialah pikiran bawah sadar anda sudah terhubung dengan Sumber dari Kecerdasan yang Maha Mengetahui melalui Pikiran Supra Sadar.

Jangan menolak ide-ide atau dorongan tertentu alasannya ialah anda tidak menyukai atau mempercayainya, atau alasannya ialah petunjuk tersebut tidak ibarat yang anda inginkan. Waspadalah terhadap pikiran sadar atau logis yang mencoba untuk mensugesti anda.

Tindak lanjuti petunjuk anda. Saat anda mendapat sugesti untuk pergi ke suatu daerah atau melakuan sesuatu, datangi daerah tersebut dan lakukan apa dikatakannya kepada anda. Biarkan pikiran bawah sadar anda mengambil kendali secara penuh.

Jika melakukannya, anda akan menemukan orang atau situasi yang bisa membantu anda. Dengarkan, terima dan lakukan ibarat apa yang dikatakan oleh intuisi anda. Jika anda diberi tahu untuk mengubah sesuatu, ubahlah segera.

Anda tidak bisa mengubah kehidupan anda jikalau anda tidak melaksanakan sesuatu yang berbeda. Ingat, jikalau anda terus melaksanakan apa yang ketika ini anda lakukan, maka anda akan terus mendapatkan apa yang ketika ini anda dapatkan. Apa itu yang anda inginkan?

Jika tidak, maka dengarkanlah petunjuk batin anda dan lakukan sesuatu yang berbeda!

Langkah Tiga - Visualisasikan dan Affirmasikan

Sediakan waktu beberapa menit untuk memvisualisasikan dan mengaffirmasikan apa yang ingin anda lakukan, miliki, atau alami dalam hidup. Kata-kata apapun yang anda ulangi berulang-ulang dengan keyakinan dalam kondisi kesadaran ibarat ini, terutama jikalau dihubungkan dengan visualisasi, akan menjadi kenyataan.

Bayangkan sebuah layar mental di depan anda. Anda bisa mengubah kehidupan anda dengan melihat diri anda melaksanakan hal-hal yang anda inginkan dengan cara mengubah citra di dalam pikiran anda.

Rahasianya ialah dengan memvisualisasikan diri anda sudah mempunyai hal-hal tersebut. Jika anda ingin sehat, bayangkan diri anda sangat sehat. Jika anda ingin uang, bayangkan diri anda sudah punya banyak uang, sedang membelanjakan dan menikmatinya.

Jika anda ingin bisnis anda berkembang, bayangkan peningkatan dalam jumlah konsumen atau klien. Dalam setiap situasi, bayangkan diri anda sedang tersenyum dan bahagia. Visualisasikan harapan anda sejelas mungkin. Bukan cuma melihatnya tapi juga merasakannya.

Itu sudah menjadi realitas begitu anda memvisualkannya di dalam pikiran. Apa anda masih ingat kata-kata dari Professor James?

"Penemuan terbesar di jaman ini ialah bahwa seseorang, dengan mengubah aspek-aspek terdalam dari pemikirannya, bisa mengubah aspek-aspek luar dari kehidupannya."

Perkuat bayangan tersebut dengan affirmasi atau pernyataan positif yang berafiliasi dengan apa yang ingin anda capai. Anda bisa menyusun kalimat sendiri atau menggandakan dari orang atau daerah lain. Teruslah mengulanginya secara perlahan sambil memvisualkan. Ingat: kata-kata itu punya kekuatan kreatif.

Terakhir, berterima kasihlah bahwa itu sudah terjadi. Ini akan membuat anda menjadi sadar bahwa hasrat anda sedang diproses dan akan menimbulkan perasaan berharap. Ini sangat penting bagi perealisasiannya. Buka mata anda dan regangkan, nikmati perasaan dari tercapainya harapan atau hasrat anda.

Semakin sering anda bermeditasi, semakin anda menyukainya. Semakin jarang anda bermeditasi, semakin malas anda. Semakin sering melakukannya, semakin besar keuntungannya bagi anda.


Baca Juga: Cara Mudah Membuat Equipment Grade UR di Lineage 2 Revolution Indonesia

No comments:

Post a Comment