Monday, December 10, 2018

Klarifikasi Nilai-Nilai Anda

Salah satu karakteristik terpenting dari para pemimpin, dan orang-orang sukses di semua bidang kehidupan itu yakni bahwa mereka tahu benar siapa dirinya, apa yang mereka percayai, dan apa yang mereka perjuangkan.

Orang umumnya resah mengenai target-target, nilai-nilai, dan idealisme mereka. Akibatnya, mereka bergerak maju mundur, sampai sangat sedikit yang bisa dicapai.

Sebaliknya, orang-orang yang menjadi pemimpin, melangkah dengan niscaya untuk meraih kesuksesan besar dalam apapun yang mereka coba, meski kemampuan dan peluang yang mereka mempunyai itu sama atau bahkan lebih sedikit.

Kehidupan itu dijalani dari dalam keluar. Nilai-nilai anda, yakni inti dari kepribadian anda. Nilai-nilai anda itu yakni apa yang membentuk diri anda.

Semua yang anda lakukan diluar itu ditentukan dan diarahkan oleh nilai-nilai anda di dalam, entah itu terang atau kabur. Tapi semakin tinggi kejelasan yang anda miliki mengenai nilai-nilai anda di dalam, semakin sempurna dan efektif aksi-aksi anda diluar.

Lima Level Kepribadian

Anda bisa membayangkan kepribadian itu menyerupai sebuah sasaran dengan bulat yang memusat, dari dalam ke arah luar. Kepribadian anda itu juga terdiri dari lima lingkaran, dimulai dari tengah, yaitu nilai-nilai anda, kemudian melebar ke arah luar, ke bulat berikutnya, yaitu kepercayaan anda.

Nilai-nilai anda itu memilih kepercayaan anda, mengenai diri sendiri maupun dunia sekitar. Jika mempunyai nilai-nilai yang positif, contohnya cinta, kasih sayang dan kemurahan hati, maka anda akan percaya bahwa orang-orang di sekitar berhak mendapat nilai-nilai ini, dan memperlakukan mereka berdasarkan nilai-nilai ini.

Kepercayaan anda kemudian akan memilih bulat kepribadian yang ketiga, yaitu pengharapan anda. Jika anda mempunyai nilai-nilai positif, anda akan percaya bahwa diri anda bisa menjadi orang baik.

Jika anda percaya diri anda yakni orang baik, anda jadi berharap hal-hal baik untuk terjadi pada anda. Jika anda berharap hal-hal baik akan terjadi pada anda, anda akan menjadi positif, semangat dan berorientasi masa depan. Anda akan mencari kebaikan dalam diri setiap orang dan situasi.

Level keempat dari kepribadian anda itu ditentukan oleh pengharapan anda, yaitu perilaku anda. Sikap anda akan mewujudkan atau mencerminkan nilai-nilai, kepercayan dan pengharapan anda.

Sebagai contoh, kalau nilai-nilai anda yakni bahwa dunia ini daerah yang indah untuk ditinggali, dan anda percaya bahwa anda akan sukses dalam hidup, maka anda akan berharap bahwa semua yang terjadi pada anda itu ditujukan untuk kebaikan anda.

Sebagai hasilnya, anda akan mempunyai perilaku mental nyata terhadap orang lain, dan sebaliknya, mereka akan merespon secara nyata kepada anda. Anda akan menjadi orang yang lebih semangat dan optimis.

Oleh orang lain, anda akan menjadi seseorang yang ingin diajak bekerjasama, yang secara umum tujuannya untuk membantu anda biar lebih sukses. Itulah kenapa perilaku mental nyata itu seiring sejalan dengan setiap kesuksesan besar dalam hidup.

Lingkaran atau level kelima yakni aksi. Aksi-aksi anda diluar, pada hasilnya akan mencermikan nilai-nilai, kepercayaan, dan pengharapan anda yang terdalam. Inilah kenapa apa yang anda capai dalam hidup dan pekerjaan itu akan lebih ditentukan oleh apa yang terjadi di dalam diri anda, dibanding banyak sekali faktor lain.

Apa yang di Dalam, Akan Tampak di Luar

Anda hampir selalu bisa tahu apa yang paling sering dipikirkan seseorang, dengan melihat kondisi dari kehidupan mereka diluar. Orang yang selalu positif, optimis, berorientasi sasaran dan masa depan itu (di dalam) akan menikmati kehidupan yang bahagia, sukses dan sejahtera di luar.

Aristotle menyampaikan bahwa sasaran atau tujuan utama dari kehidupan insan itu yakni untuk mencapai kebahagiaannya sendiri. Anda akan menjadi sangat senang ketika anda melaksanakan sesuatu diluar yang sesuai dengan nilai-nilai anda di dalam.

Saat anda hidup dalam arah yang konsisten dengan apa yang anda anggap sebagai sesuatu yang baik, sempurna dan benar, maka secara otomatis anda akan merasa senang dan nyata mengenai diri dan dunia anda.

Target-target anda harus sejalan dengan nilai-nilai anda, dan nilai-nilai anda harus sejalan dengan target-target anda. Itulah kenapa memperjelas nilai-nilai anda itu seringkali menjadi titik awal dari pencapaian dan kinerja puncak.

Untuk mengklarifikasi nilai-nilai anda itu, mengharuskan anda untuk benar-benar memikirkan apa yang sangat penting bagi anda dalam hidup. Kemudian anda mengatur seluruh hidup anda disekitar nilai-nilai ini.

Setiap percobaan untuk menjalani hidup diluar diri dalam cara yang bertentangan dengan nilai-nilai yang anda pegang di dalam, akan menyebakan anda menjadi stress, negatif, menderita, pesimis bahkan murka dan frustasi.

Karena itu, tanggung jawab utama anda pada diri sendiri dalam perjuangan membuat kehidupan yang lebih membahagiakan itu yakni mendapat kejelasan yang diktatorial mengenai nilai-nilai anda dalam semua yang anda lakukan.


Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dalam 1 Hari

No comments:

Post a Comment