Monday, December 10, 2018

Buat Daftar Cita-Cita Anda

Daftar keinginan yaitu sebuah daftar yang berisi semua yang ingin anda miliki atau lakukan suatu hari nanti, kalau anda sama sekali tidak punya keterbatasan. Mark Victor Hansen, co-author dari Chicken Soup For the Soul, merekomendasikan anda untuk menuliskan setidaknya 100 sasaran yang ingin anda capai sepanjang hidup.

Lalu imajinasikan bahwa anda mempunyai semua waktu, uang, teman, kemampuan dan sumberdaya yang dibutuhkan untuk mencapai semua sasaran ini. Biarkan diri anda bermimpi dan mengkhayal. Tuliskan saja semua yang mungkin ingin anda miliki kalau anda sama sekali tidak punya keterbatasan.

Hal mengagumkan yang akan anda alami yaitu bahwa, dalam 30 hari sesudah anda menuliskan daftar 100 "Impian" ini, banyak sekali hal luar biasa akan mulai terjadi dalam kehidupan anda, dan target-target anda akan mulai tercapai, dengan tingkat kecepatan yang belum bisa anda bayangkan ketika ini.

Itu tampaknya terjadi pada hampir semua orang yang telah menuliskan setidaknya 100 target. Anda harus mencobanya. Anda mungkin akan kagum dengan hasilnya.

Milyuner Instant

Berikut ini pertanyaan lain untuk menetapkan target; "Jika besok anda menang undian sebesar 1 milyar, tunai, bebas pajak, apa yang akan anda ubah dalam hidup anda?" Apa yang akan anda lakukan secara berbeda?

Apa yang akan anda tambahkan atau hilangkan? Apa yang akan anda perbanyak atau kurangi? Hal pertama apa yang akan anda lakukan kalau anda tahu bahwa anda akan mendapat uang tunai sebanyak 1 milyar?

Ini bahu-membahu yaitu cara lain untuk mengajukan pertanyaan, "Apa yang akan anda ubah dalam hidup kalau anda sangat bebas untuk memilih? Alasan utama kenapa kita tetap bertahan dalam situasi yang bahu-membahu tidak kita sukai yaitu sebab kita takut berubah.

Tapi ketika anda mengkhayalkan bahwa anda punya semua uang yang akan pernah anda perlukan, untuk melaksanakan atau menjadi apapun yang anda inginkan, maka seringkali sasaran anda yang bahu-membahu akan muncul.

Sebagai contoh, kalau ketika ini anda berada dalam pekerjaan yang kurang sempurna untuk anda, maka wangsit dari memenangkan sejumlah besar uang akan menyebabkan anda untuk memikirkan wacana segera berhenti dari pekerjaan.

Tapi kalau ketika ini anda merasa sudah berada pada pekerjaan yang tepat, maka wangsit memenangkan sejumlah besar uang sama sekali tidak akan mensugesti pilihan karir anda. Jadi, tanyakan pada diri sendiri, "Apa yang akan saya lakukan kalau besok saya memenangkan uang tunai sebanyak 1 milyar, bebas pajak?"

Tidak Takut Gagal

Berikut ini pertanyaan lain untuk membantu anda mendapat kejelasan mengenai sasaran anda yang sebenarnya: Apa yang selalu ingin anda lakukan tapi takut untuk mencobanya?

Saat melihat dunia sekitar, dan anda melihat orang-orang yang sedang melaksanakan hal-hal yang anda kagumi, apa yang selalu ingin anda lakukan juga, tapi takut untuk mencobanya? Pernahkah anda punya keinginan untuk memulai bisnis anda sendiri?

Pernahkah anda punya keinginan untuk mempunyai kantor anda sendiri? Pernahkah anda punya keinginan untuk mengubah karir? Pernahkah anda punya keinginan yang selalu ingin anda lakukan tapi takut untuk mencobanya?

Apa yang Sangat Anda Sukai

Dalam menetapkan banyak sekali sasaran untuk hidup anda, baik jangka pendek maupun jangka panjang, anda seharusnya selalu menanyakan pada diri sendiri, "Apa yang paling saya nikmati ketika melakukannya, dalam setiap aspek dari kehidupan ku?"

Sebagai contoh, kalau anda bisa melaksanakan hanya satu hal sepanjang hari dalam pekerjaan anda, kiprah yang manakah itu? Jika anda bisa melaksanakan kiprah apapun atau acara full time sepanjang waktu, tanpa dibayar, kiprah apakah itu?

Pekerjaan atau acara apa yang paling menunjukkan anda kenikmatan dan kepuasan?

Psycholog Abraham Maslow mengidentifikasi apa yang disebut “peak experiences,” yaitu momen-momen atau waktu-waktu dimana ketika seseorang merasa paling bahagia, riang dan gembira.

Salah satu tujuan anda dalam hidup yaitu untuk menikmati peak experiences (pengalaman puncak) sesering mungkin. Anda bisa mencapai ini dengan mengingat dan mengidentifikasi banyak sekali pengalaman dimasa lalu, kemudian imajinasikan bagaimana biar anda bisa mengulanginya dimasa sekarang dan masa depan.

Momen-momen apa yang paling membahagiakan anda hingga ketika ini? Bagaimana anda bisa mendapat lagi lebih banyak momen-momen tersebut dimasa depan? Apa yang benar-benar sangat anda sukai untuk melakukannya?

Buat Sebuah Perbedaan

Anda seharusnya juga mempunyai banyak sekali sasaran dalam hal keterlibatan sosial dan komunitas, juga kontribusi. Pikirkan mengenai perbedaan jenis apa yang ingin anda buat dalam dunia anda.

Organisasi, kegiatan amal, kebutuhan atau duduk kasus sosial apa yang ingin anda kerjakan atau melibatkan diri di dalamnya? Perubahan apa yang ingin anda lihat? Siapa yang lebih kurang beruntung dibanding anda yang ingin anda bantu?

Jika anda sudah mendapat kebebasan finansial, kegiatan amal apa yang ingin anda bantu? Yang lebih penting lagi, apa yang bisa anda lakukan ketika ini untuk mulai menciptakan sebuah perbedaan di dunia anda?

Jangan tunggu hingga nanti ketika semuanya sudah menjadi ideal. Lebih baik, mulailah ketika ini juga, semampu anda.

Tetapkan Target Finansial

Salah satu aspek terpenting dari penetapan sasaran yaitu kehidupan finansial anda. Jika anda bisa menghasilkan dan mengakumulasi semua uang yang anda butuhkan, maka anda mungkin bisa mencapai sasaran non-finansial, lebih cepat dan lebih gampang dibanding yang bisa anda lakukan ketika ini.

Jika kehidupan anda menjadi ideal, berapa banyak uang yang ingin anda hasilkan setiap bulan, setiap tahun? Berapa banyak anda ingin menabung dan berinvestasi setiap bulan dan tahun? Berapa besar anda ingin bernilai suatu hari nanti?

Kepemilikan jenis apa yang ingin anda akumulasikan ketika anda pensiun, dan kapan anda ingin itu terjadi? Orang umumnya sangat galau mengenai sasaran finansial mereka. Tapi ketika anda menjadi sangat terang mengenai sasaran tersebut, maka kemampuan anda untuk mencapainya jadi meningkat secara dramatis.

Saat anda menjadi sangat terang mengenai apa yang anda inginkan, maka anda bisa mulai sering memikirkan target-target anda. Dan semakin sering memikirkannya, semakin cepat itu akan terwujud dalam kehidupan anda.

Proses mengajukan pertanyan pada diri sendiri mengenai banyak sekali sasaran dalam setiap aspek dari kehidupan anda, akan mulai memperjelas anutan dan menciptakan anda menjadi orang yang lebih fokus dan pasti. Seperti kata Zig Ziglar, “Anda berpindah dari pengembaraan tak menentu menjadi bertujuan spesifik.”

Yang lebih penting lagi, anda mencapai titik dimana anda bisa menentukan tujuan utama anda dalam hidup. Ini yaitu watu loncatan untuk pencapaian besar dan prestasi yang luar biasa.


Baca Juga: Kata Kata Romantis buat Pacar Tersayang Singkat

No comments:

Post a Comment