Monday, December 10, 2018

Formula 7 Langkah Untuk Menetapkan Target

Ada banyak formula dan resep untuk memutuskan target. Tapi sebagai aturan umum, "Rencana manapun itu lebih baik dibanding dibading tidak punya rencana."

Berikut ini salah satu formula atau perencanaan terbaik dan paling efektif, yang akan pernah anda pelajari untuk memutuskan target:

Langkah Satu: Putuskan dengan niscaya apa yang anda inginkan dalam area tertentu, kemudian tuliskan dengan terperinci dan detil. Buat itu jadi terukur dan spesifik.

Langkah Dua: Tentukan deadline untuk pencapaiannya. Jika itu sebuah sasaran yang besar, pecah menjadi bagian-bagian kecil, dan menetapkan sub-deadlinenya masing-masing.

Langkah Tiga: Buat daftar yang berisi semua yang perlu anda lakukan untuk mencapai sasaran ini. Saat terpikir suatu item baru, tambahkan ke dalam daftar, hingga itu menjadi lengkap.

Langkah Empat: Susun daftar agresi anda hingga menjadi sebuah perencanaan. Sebuah perencanaan itu diatur berdasarkan dua elemen, prioritas dan urutan.

Dalam menyusun prioritas, anda harus lebih dulu memilih hal-hal paling penting dalam daftar, yang mungkin dapat anda lakukan biar sasaran tercapai. Terapkan kaidah 80/20. Yaitu, 20% dari hal-hal yang anda lakukan, akan memilih 80% dari hasil.

Jika tidak memutuskan prioritas, anda akan banyak melaksanakan dan menghabiskan waktu untuk hal-hal kecil yang tidak relevan dan tidak dapat membantu tercapainya target-target anda.

Saat mengatur urutannya, anda harus memilih apa yang harus diselesaikan lebih dulu, sebelum sesuatu yang lain dapat diselesaikan. Karena akan selalu ada acara yang bergantung pada terselesaikannya acara lain. Aktivitas yang mana sajakah itu, dan bagaimana urutannya?

Langkah Lima: Identifikasi semua penghalang atau kendala yang mungkin akan menghadang, baik yang berasal dari situasi dan kondisi, maupun dari dalam diri anda sendiri. Tanyakan pada diri, "Mengapa saya belum juga mencapai sasaran ini?"

Identifikasi penghalang atau kendala yang terbesar, kemudian fokuskan untuk mengatasinya. Itu mungkin berupa modal atau sumberdaya yang menjadi kunci. Atau mungkin skill, kebiasaan, informasi, tunjangan atau pertolongan dari orang lain. Apapun itu, identifikasi dengan terperinci kemudian berusahalah mengatasinya.

Langkah Enam: Setelah memutuskan target, menyusun rencana, dan mendata semua penghalang utama, segeralah melaksanakan agresi ke arah pencapaian target. Melangkahlah dengan yakin. Lakukan hal pertama yang muncul dipikiran. Tapi pilihlah yang dapat segera memulai proses pencapaian target.

Langkah Tujuh: Lakukan sesuatu setiap hari, yang dapat mendekatkan anda ke arah tercapainya sasaran yang paling penting. Biasakan untuk bangkit lebih awal setiap pagi, susun planning untuk hari itu, kemudian lakukan sesuatu, apapun itu, yang dapat mendekatkan anda minimal satu langkah ke arah hal yang paling penting.

Kebiasaan dari melaksanakan sesuatu setiap hari yang mendekatkan anda ke arah pencapaian target, akan menunjukkan anda kekuatan momentum. Aksi harian ini akan memperkuat keyakinaan anda dan mengaktifkan Law of Attraction.

Sebagai hasilnya, anda mulai bergerak lebih cepat ke arah target. Dan sebaliknya, sasaran anda bergerak makin cepat ke arah anda.

Tetapkan Target Setiap Hari

Salah satu kebiasaan paling penting yang dapat anda tanamkan yaitu membiasakan diri untuk memutuskan sasaran setiap hari. Sudah tak terhitung jumlah orang yang telah menerangkan keampuhan dari proses yang sangat luar biasa ini.

Untuk memutuskan sasaran setiap hari itu cukup simpel. Siapkan buku catatan untuk menuliskan sasaran anda, dan tekadkan untuk selalu berada di dekatnya, seumur hidup. Setiap pagi, sebelum memulai hari, buka buku ini dan mulailah lembaran baru.

Tuliskan, "Target ku adalah..." Lalu tuliskan 10-15 sasaran dalam kalimat ke kinian, seakan-akan anda sudah mencapainya. Sebab pikiran bawah sadar anda hanya dapat diaktifkan dengan perintah yang dinyatakan secara kekinian, positif, dan personal.

Jadi, jangan menuliskan misalnya, "Berat tubuh ku akan turun dibulan-bulan yang akan datang," tuliskan menjadi, "Berat badanku yaitu .... kilogram pada (tentukan tanggal spesifik)." Jangan menuliskan, "Tahun depan penghasilanku meningkat," tuliskan menjadi, "Penghasilan ku ... rupiah mulai tanggal sekian."

Semakin spesifik anda mengenai apa yang diinginkan dan waktu pencapaiannya, yang diekspresikan dalam pernyataan yang positif, kekinian, dan dimulai dengan kata "Aku," semakin ampuh imbas yang diberikannya pada pikiran bawah sadar anda.

Setiap sasaran yang ditulis dan dinyatakan dengan cara menyerupai itu, akan mengaktifkan Hukum-hukum Penarikan dan Harapan (Laws of Attraction dan Expectation). Hukum-hukum tersebut akan membentuk kepercayaan-kepercayaan gres mengenai apa yang mungkin bagi anda.

Hukum-hukum tersebut mengaktifkan Hukum-hukum Emosi dan Persesuaian (Laws of Emotion and Correspondence). Mereka akan menciptakan energi anda jadi meningkat drastis, dan memacu kreativitas anda.

Target-target yang dituliskan setiap hari dengan cara menyerupai ini, akan mengaktifkan pikiran bawah sadar dan supra sadar anda, serta menempatkan kaki anda di atas percepatan dari potensi anda. Sebagai hasilnya, anda mulai bergerak lebih cepat ke arah pencapaian target, dan sasaran bergerak lebih cepat ke arah anda.


Baca Juga: Cara Install SSL Letsencrypt di ServerPilot Free Plan

No comments:

Post a Comment