Monday, December 10, 2018

Praktekkan Blue Sky Thinking

Dalam penelitian Charles Garfield mengenai "Kinerja Puncak," beliau membuat suatu inovasi yang menarik. Dia menganalisa orang-orang yang tadinya hanya bisa mencapai hasil rata-rata, meski sudah bekerja selama bertahun-tahun, tapi tiba-tiba melejit hingga mencapai kesuksesan besar.

Dia menemukan bahwa "titik lepas landas" itu dimulai dikala mereka melaksanakan apa yang beliau sebut “Blue Sky Thinking.” Dalam blue-sky thinking, anda mengkhayalkan seakan-akan semuanya itu mungkin bagi anda, sama menyerupai dikala menatap langit biru yang jernih, tidak terbatas.

Anda memproyeksikan beberapa tahun ke depan dan membayangkan masa depan yang tepat dalam semua aspek. Lalu anda melihat posisi dikala ini dan bertanya: "Apa yang harus sudah terjadi pada ku semoga bisa membuat masa depan yang sempurna?"

Kemudian anda mengarahkan pikiran untuk kembali ke masa kini dan bertanya: "Apa yang harus terjadi mulai dikala ini dan seterusnya, semoga suatu dikala nanti saya bisa mencapai semua sasaran ku?"

Tolak Berkompromi Mengenai Mimpi Anda

Saat menerapkan idealisasi dan orientasi masa depan, anda tidak mau berkompromi mengenai semua mimpi, visi dan masa depan anda. Anda tidak puas hanya dengan sasaran yang kecil atau kesuksesan yang setengah-setengah.

Anda menentukan untuk "memimpikan mimpi-mimpi yang besar " dan memproyeksikan ke depan secara mental seakan-akan anda yakni salah seorang yang paling berkuasa di dunia. Anda bisa membuat masa depan yang sempurna.

Anda memutuskan apa yang benar-benar anda inginkan, sebelum kembali ke masa kini dan berhadapan dengan apa yang mungkin bagi anda dalam situasi dikala ini. Mulailah dari bisnis dan karir anda.

Bayangkan bahwa dalam lima tahun ke depan, pekerjaan anda sempurna. Lalu jawab pertanyaan berikut ini:

  1. Akan tampak menyerupai apa?
  2. Sedang melaksanakan apa anda?
  3. Dimana anda melakukannya?
  4. Dengan siapa anda bekerja? Apa level tanggung jawab yang akan anda miliki?
  5. Jenis skill dan kemampuan apa yang akan anda miliki?
  6. Jenis sasaran apa yang akan anda capai?
  7. Apa level status yang akan anda miliki dibidang anda?

Saat anda menjawab pertanyaan diatas, bayangkan bahwa anda tidak punya keterbatasan. Imajinasikan bahwa semuanya mungkin untuk anda.

Peter Drucker pernah berkata, "Kita mengukur terlalu tinggi apa yang bisa kita capai dalam satu tahun. Tapi kita mengukur terlalu rendah apa yang bisa kita capai dalam lima tahun." Jangan biarkan ini terjadi pda anda.

Sekarang, idealisasikan suatu hari nanti masa depan finansial anda menjadi sempurna:

  1. Berapa besar penghasilan anda lima tahun yang akan datang?
  2. Gaya hidup menyerupai apa yang ingin anda miliki? Jenis rumah menyerupai apa yang ingin anda tempati?
  3. Mobil jenis apa yang ingin anda kendarai?
  4. Jenis kemewahan materi menyerupai apa yang ingin anda sediakan untuk diri dan keluarga anda?
  5. Berapa besar tabungan yang anda miliki dibank?
  6. Berapa banyak anda ingin menabung dan berinvestasi per bulan dan per tahun?
  7. Berapa anda ingin bernilai dikala pensiun?

Imajinasikan anda mempunyai sebuah "batu tulis ajaib." Anda bisa menuliskan apapun yang anda inginkan. Anda bisa menghapus semua yang mungkin pernah terjadi dimasa lalu, dan membuat citra masa depan yang anda impikan.

Anda bisa membersihkan kerikil tulis tersebut kapanpun kemudian mengulang dari awal. Anda tidak punya keterbatasan. Lihat keluarga dan korelasi anda dikala ini, dan proyeksikan lima tahun ke depan:

  1. Jika lima tahun yang akan tiba keluarga anda menjadi sempurna, akan terlihat menyerupai apa?
  2. Dengan siapa anda akan hidup? Siapa yang tidak lagi bersama anda?
  3. Dimana dan bagaimana anda akan hidup?
  4. Jenis standard kehidupan menyerupai apa yang akan anda miliki?
  5. Jenis korelasi menyerupai apa yang akan anda miliki dengan orang-orang terpenting dalam hidup anda, lima tahun yang akan datang, kalau semuanya tepat dalam setiap aspek?

Saat anda mengkhayalkan dan membayangkan masa depan yang sempurna, satu-satunya pertanyaan yang perlu anda ejekan adalah, "Bagaimana?" Ini yakni pertanyaan yang paling ampuh.

Sebab, dengan menanyakannya berulang-ulang, akan merangsang kreativitas dan memicu ide-ide yang bisa membantu anda mencapai target. Orang-orang yang gagal itu selalu ragu apakah suatu sasaran itu mungkin.

Sedangkan orang-orang sukses itu hanya menanyakan, "Bagaimana?" Kemudian mereka mulai sibuk mencari cara untuk membuat visi dan sasaran mereka menjadi kenyataan.

Review tingkat kesehatan dan kebugaran anda dikala ini dalam semua area:

  1. Jika lima tahun yang akan tiba fisik anda sempurna, akan terlihat, terasa dan menyerupai apa penampilan anda?
  2. Berapa berat tubuh ideal anda?
  3. Berapa kali anda akan berolahraga setiap minggu?
  4. Akan jadi menyerupai apa tingkat kesehatan anda secara keseluruhan?
  5. Perubahan apa yang ingin anda lakukan dalam diet, rutinitas berolahraga, dan banyak sekali kebiasaan yang menyehatkan semoga bisa menikmati kondisi fisik yang sangat fit suatu hari nanti?

Kemudian anda membayangkan bahwa anda yakni orang penting dan berpengaruh, seorang "pemain" dalam komunitas anda. Anda memperlihatkan bantuan yang besar pada dunia disekitar anda.

Anda membuat perbedaan dalam kehidupan anda dan orang lain. Jika status sosial dan keterlibatan anda dalam komunitas menjadi ideal:

  1. Sedangkan melaksanakan apa anda?
  2. Di organisasi apa anda ingin bergabung atau berkontribusi?
  3. Kegiatan amal menyerupai apa yang sangat anda percayai dan dukung, dan bagaimana anda bisa menjadi lebih terlibat dalam area-area tersebut?

Just Do It!

Perbedaan utama antara orang yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi itu yakni "berorientasi aksi."

Orang-orang yang berprestasi luar biasa dalam hidup itu sangat berorientasi aksi. Mereka selalu bergerak. Mereka selalu sibuk. Jika menerima suatu ide, mereka segera beraksi.

Sebaliknya, orang-orang yang berprestasi rendah dan tidak punya prestasi itu penuh dengan niat baik, tapi selalu punya alasan untuk tidak segera beraksi. Seperti kata pepatah, "Jalan menuju neraka itu dimuluskan dengan niat baik."

Amati banyak sekali skill, pengetahuan, bakat, pendidikan dan kemampuan yang anda miliki. Jika anda sudah berkembang setinggi mungkin (dan bahwasanya memang hampir tidak ada batas) jawab pertanyaan berikut ini:

  1. Pengetahuan dan skill aksesori apa yang akan anda dapatkan lima tahun dari sekarang?
  2. Dalam bidang apa anda akan dikenali sebagai sangat jago dalam apa yang anda lakukan?
  3. Apa yang akan anda lakukan setiap hari semoga bisa berbagi pengetahuan dan skill yang diharapkan untuk menjadi salah seorang pelaku top dibidang anda suatu hari nanti?

Begitu anda sudah menjawab semua pertanyaan ini, satu-satunya pertanyaan yang anda ejekan adalah, "Bagaimana?"

Bagaimana anda memperoleh banyak sekali skill dan keahlian yang akan anda butuhkan untuk menjadi pemimpin dibidang anda, ditahun-tahun yang akan datang?

Design Kalender Ideal Anda

Terutama, putuskan bagaiman anda ingin menjalani hidup, hari demi hari, gaya hidup ideal anda. Design kalender anda yang sempurna, dari 1 Januari hingga 31 Desember:

  1. Apa yang ingin anda lakukan diakhir pekan dan dikala liburan?
  2. Berapa banyak waktu yang anda manfaatkan untuk libur setiap minggu, bulan dan tahun?
  3. Kemana anda ingin berlibur?
  4. Bagaimana anda akan mengatur tahun-tahun anda kalau anda tidak punya keterbatasan, dan bebas mengatur jadwal anda?

Orang bijak mengatakan, "Dimana tidak ada visi, disitu insan akan punah." Itu artinya bahwa, kalau anda tidak mempunyai visi masa depan yang menggairahkan, maka motivasi dan antusias anda terhadap apa yang anda lakukan akan "punah."

Dan kebalikannya adalah, dengan sebuah visi masa depan yang menggairahkan, anda akan terus termotivasi dan terpacu setiap hari, untuk melaksanakan semua agresi yang diharapkan semoga visi masa depan yang ideal bisa terwujud.

Kunci untuk Kebahagiaan

Anda masih ingat bukan, bahwa "Kebahagiaan itu yakni realisasi progresif dari sebuah idealisme yang berharga." Saat anda punya sasaran dan ide-ide yang jelas, menggairahkan, maka anda akan merasa senang mengenai diri dan dunia anda.

Anda akan jadi lebih positif dan optimis, lebih semangat dan antusias. Anda akan merasa termotivasi secara internal untuk bangkit dan beranjak dari daerah tidur setiap pagi, alasannya yakni setiap langkah yang anda ambil, akan menggerakkan anda ke arah sesuatu yang penting bagi anda.

Tekadkan untuk selalu memikirkan masa depan anda yang ideal. Ingat, hari-hari terbaik dari kehidupan anda sedang menunggu di depan. Momen-momen paling membahagiakan yang akan anda alami dalam hidup, sebentar lagi akan tiba.

Income tertinggi yang akan pernah anda hasilkan, akan terrealisasi di bulan-bulan dan tahun-tahun yang akan datang. Masa depan akan menjadi lebih baik dibanding yang mungkin pernah terjadi dimasa kemudian anda. Tidak ada batasan.

Semakin terperinci anda mengenai masa depan jangka panjang, semakin cepat anda akan menarik orang-orang dan situasi ke dalam hidup anda, yang bisa membantu anda mewujudkan masa depan tersebut.

Semakin tinggi tingkat kejelasan yang anda miliki mengenai siapa dan apa yang anda inginkan, semakin besar kemungkinan anda untuk mencapainya, dan semakin cepat itu akan tercapai dalam semua aspek dari kehidupan anda.


Baca Juga: Efek Taruh Bawang Putih di Telinga

No comments:

Post a Comment