Monday, December 10, 2018

Kebiasaan Yang Anda Perlukan Untuk Sukses

Disiplin diri itu bukan hanya sebuah keutamaan yang penting, tapi juga dari sanalah tampaknya semua keutamaan lain memperoleh kilauannya. - Adam Smith.

Kebiasaan paling penting yang bisa anda tanamkan biar memperoleh kesuksesan, keberhasilan, dan kebahagiaan, yaitu disiplin diri. Mungkin, defenisi terbaik untuk disiplin diri itu yaitu yang berasal dari Elbert Hubbard..

"Disiplin diri itu yaitu kemampuan untuk menciptakan diri anda melaksanakan apa yang seharusnya, disaat anda harus melakukannya, entah anda menyukainya ataupun tidak."

Kebiasaan mendisiplinkan diri itu berafiliasi bersahabat dengan Hukum Pengendalian yang menyampaikan bahwa, "Seberapa senang anda terhadap diri sendiri itu ditentukan oleh seberapa bisa anda mengontrol kehidupan anda sendiri."

Disiplin diri yaitu kunci untuk penguasaan dan pengendalian diri. Semakin bisa anda mendisplinkan diri untuk melaksanakan apa yang telah diputuskan, entah anda menyukainya ataupun tidak, semakin nyata dan terkontrol yang akan anda rasakan.

Sumber Kekuatan Diri

Ada hubungan pribadi antara disiplin dan harga diri. Semakin anda mendisiplinkan diri untuk bertindak sesuai dengan yang telah anda putuskan, semakin suka dan hormat anda pada diri sendiri. Semakin nyata dan yakin anda. Semakin kuat dan berkuasa anda atas kehidupan dan situasi anda.

Setiap tindakan yang mendisplinkan diri, akan memperkuat semua disiplin lain. Setiap kelemahan di dalam mendisiplinkan diri, juga akan melemahkan disiplin lain. Sama menyerupai melatih otot, setiap kali anda melatih diri untuk disiplin, setiap kali itu pula anda memperkuatnya.

Itulah mengapa orang-orang yang paling bahagia, sukses, dan dihormati, yaitu orang-orang yang sangat bisa mengontrol, mengendalikan dan mendisiplinkan diri. Dan kebiasaan ini bisa anda pelajari, dengan latihan.

Menjadi Orang Optimis Seumur Hidup

Mungkin, bersikap optimis yaitu kebiasaan paling bermanfaat yang bisa anda tanamkan. Orang-orang yang optimis itu biasanya yaitu orang-orang yang lebih bahagia, lebih sehat, lebih sukses, dan lebih kuat di dalam setiap kelompok dan masyarakat.

Menurut Dr. Martin Seligman, dalam bukunya Learned Optimism, orang bisa mencar ilmu untuk menjadi optimis dengan menggandakan cara berpikir orang optimis. Dan sebaliknya, orang bisa mencar ilmu menjadi pesimis dengan menggandakan cara berpikir orang pesimis.

Seperti yang telah katakan sebelumnya bahwa inovasi dan kesimpulan terbesar dari para andal psychologi, agama, dan filosofi itu adalah, "Anda menjadi apa yang paling sering anda pikirkan."

Apa yang paling sering dipikirkan oleh orang optimis? Dalam istilah yang paling sederhana, orang optimis itu selalu memikirkan apa yang mereka inginkan, dan cara mendapatkannya. Mereka selalu memikirkan kemana mereka akan menuju, dan bagaimana biar bisa hingga disana.

Kebiasaan untuk selalu memikirkan apa yang mereka inginkan tersebut menciptakan mereka menjadi senang dan positif. Itu meningkatkan energi dan membebaskan kretivitas mereka. Itu memotivasi dan memacu mereka untuk meningkatkan kinerjanya.

Sebaliknya, orang pesimis itu selalu memikirkan dan membicarakan apa yang tidak mereka inginkan. Mereka memikirkan ihwal orang-orang yang tidak disukainya, dilema yang sedang dihadapi, atau pernah dialaminya, dan terutama mereka memikirkan siapa yang harus disalahkan.

Semakin sering mereka memikirkan hal-hal yang tidak mereka inginkan, dan siapa yang harus disalahkan, semakin negatif dan murka mereka jadinya. Semakin negatif mereka, semakin cepat mereka akan menarik ke dalam hidupnya, hal-hal yang tidak mereka inginkan untuk terjadi.

Membentuk Kepribadian yang Tangguh

Dalam dunia medis, ada yang disebut dengan bidang “psychoneuroimmunology.” Penelitian di bidang ini telah menyimpulkan bahwa kualitas dari anutan anda berdampak besar terhadap kekuatan dari sistem kekebalan badan anda.

Kebiasaan optimis, jikalau dikombinasikan dengan perilaku mental positif, tampaknya memperkuat dan meningkatkan jumlah cell darah putih, yang bertanggung jawab untuk menolak dan mengatasi banyak sekali faktor yang menyebabkan penyakit.

Para psycholog ketika ini telah membuatkan sebuah profile dari apa yang mereka sebut sebagai "Kepribadian yang tangguh." Yaitu orang-orang yang tampaknya selalu bisa merespon banyak sekali rintangan dan halangan dengan nyata dan efektif.

Sepertinya, semakin optimis anda, semakin kuat dan tangguh pikiran serta badan anda. Akibatnya, anda akan merasa lebih berenergi dan lebih cepat pulih dari letih. Anda akan jarang merasa sakit lantaran alasannya yaitu apapun.

Jika anda terkena flu atau demam, yang jarang terjadi, anda akan cepat sembuh dan kembali merasa sehat lantaran cell-cell penguat di dalam badan anda bisa melawan dan membasmi banyak sekali penyebab abses dengan cepat.


Baca Juga: Cara Mengatasi Sorry the parameters you provided were not valid pada Jetpack

No comments:

Post a Comment