Monday, December 10, 2018

Cara Membentuk Kebiasaan Baru

Berapa usang waktu yang diharapkan untuk membentuk sebuah kebiasaan baru?

Mungkin sanggup satu atau hingga beberapa tahun. Itu sangat tergantung dari intensitas emosi yang menemani keputusan untuk mulai menerapkan kebiasaan tersebut.

Banyak orang yang memikirkan, membicarakan dan bertekad untuk menurunkan berat badannya dan menjadi fit secara fisik. Lalu suatu hari, dokter berkata bahwa, "Jika anda tidak segera menurunkan berat tubuh dan memperbaiki kondisi fisik, anda beresiko meninggal dunia lebih awal."

Tiba-tiba, anutan wacana meninggal dunia jadi begitu intens atau menakutkan, sehingga orang tersebut segera mengubah dietnya, mulai berolahraga, berhenti merokok, dan menjadi orang yang sehat dan bugar secara fisik. Para psycholog menyebutnya sebagai “significant emotional experience,” atau “SEE.”

Setiap pengalaman yang menyenangkan ataupun menyakitkan, bila dikombinasikan dengan tingkah laku, sanggup membuat pola kebiasaan bertingkah laris yang mungkin akan menetap untuk seumur hidup.

Sebagai contoh, menaruh tangan anda diatas kompor yang panas, atau menyentuk kabel listrik akan menawarkan anda rasa sakit atau kaget yang intens. Pengalaman ini mungkin hanya terjadi selama beberapa detik.

Tapi sejak ketika itu, anda akan membentuk kebiasaan untuk tidak menaruh tangan diatas kompor yang panas, atau menyentuh kabel listrik lagi, selamanya. Kebiasaan tersebut telah terbentuk sacara instant, dan menjadi permanen.

Menurut para ahli, butuh 21 hari untuk membentuk kebiasaan gres yang tingkat kerumitannya menengah. Yang dimaksud yakni banyak sekali kebiasaan simpel contohnya bangkit dan tidur lebih awal, berolah raga, atau sempurna waktu.

Itu yakni beberapa rujukan dari kebiasaan yang tingkat kerumitannya menengah, sehingga sanggup cukup gampang untuk dibuat dalam 14 hingga 21 hari, melalui latihan dan perulangan. Tapi bagaimana caranya?

Selama bertahun-tahun, sudah ditemukan sebuah metode yang simpel, ampuh dan terbukti, untuk membentuk sebuah kebiasaan baru. Metodenya sangat seperti dengan menyiapkan hidangan di dapur.

Anda sanggup memakai metode tersebut untuk membentuk kebiasaan apapun. Dan seiring waktu, semakin usang anda menjadi semakin jago dalam membentuk semua kebiasaan yang ingin anda jadikan sebagai kepribadian anda.

Cara Membentuk Kebiasaan Baru dalam 7 Langkah

Pertama, buat keputusan. Putuskan dengan tegas bahwa mulai ketika ini dan seterusnya, anda akan bertindak dengan cara tertentu, setiap kali itu diperlukan.

Misalnya, bila anda tetapkan untuk bangkit lebih awal dan berolah raga setiap pagi, set alarm untuk waktu yang dipilih, kemudian ketika alarm berbunyi, segera bangun, ganti pakaian, dan mulai berolah raga.

Kedua, jangan pernah biarkan pengecualian membuat anda melalaikan kebiasaan gres tersebut, di masa-masa pembentukannya. Jangan mencari alasan atau merasionalkan. Jangan biarkan diri anda terbebas dari keterikatan. Jika sudah bertekad, disiplinkan diri, hingga itu menjadi otomatis.

Ketiga, ceritakan pada orang lain bahwa anda akan mulai mempraktekkan kebiasaan baru. Sungguh mengagumkan ketika anda menyadari betapa disiplin dan kuatnya tekad anda ketika tahu bahwa orang lain akan mengawasi apakah tekad anda itu cukup berpengaruh untuk dipatuhi.

Keempat, imajinasikan diri anda sedang bertingkah atau bertindak dengan cara tertentu dalam situasi tertentu. Semakin sering anda membayangkan seperti kebiasaan gres itu sudah terbentuk, semakin cepat ini akan diterima oleh pikiran bawah sadar dan menjadi otomatis.

Kelima, buat sebuah affirmasi yang anda ucapkan berulang-ulang pada diri sendiri. Pengulangan ini akan meningkatkan kecepatan proses pembentukan kebiasaan gres secara dramatis.

Sebagai contoh, anda sanggup menyampaikan misalnya, "Aku selalu bangkit jam 5 setiap pagi dan pribadi berolah raga." Ulangi kata-kata ini sebelum tidur. Seringkali, anda akan terbangun beberapa menit sebelum alarm berbunyi, sehingga mungkin tidak lagi memerlukan alarm.

Keenam, tekadkan untuk tekun dalam perjuangan membentuk kebiasaan gres hingga itu menjadi otomatis dan mudah, sehingga anda akan merasa tidak nyaman ketika tidak melaksanakan apa yang telah anda putuskan untuk dilakukan.

Ketujuh, dan yang paling penting, berikan diri anda penghargaan dikarenakan telah mempraktekan kebiasaan baru. Setiap kali anda menawarkan penghargaan pada diri sendiri, itu akan memperkuat dan mengukuhkan tingkah laris tersebut.

Dan dalam waktu singkat, secara tidak sadar anda menghubungkan kenikmatan dari menerima penghargaan, dengan tingkah laris tersebut. Sehingga secara tidak sadar, anda akan menjadi tidak sabar untuk segera mendapatkannya lagi, sebagai hasil dari melaksanakan tindakan atau kebiasaan tertentu.


Baca Juga: Cara Menonaktifkan Catch All Email Pada Cpanel

No comments:

Post a Comment