Monday, December 10, 2018

Seberapa Suka Anda Pada Diri Sendiri?

Dalam psychology, level harga diri anda itu menetukan tingkat kebahagiaan anda. Harga diri di definisikan sebagai: "Seberapa suka anda pada diri sendiri."

Sebaliknya, harga diri anda itu ditentukan oleh self-image atau gambaran diri anda. Yaitu cara anda memandang dan memikirkan wacana diri sendiri dalam intraksi sehari-hari dengan orang lain.

Citra diri anda itu dibuat oleh diri ideal anda. Dan diri ideal anda itu dibuat oleh banyak sekali keutamaan, nilai-nilai, target, harapan, impian dan aspirasi yang ingin anda miliki suatu hari nanti.

Berikut ini apa yang ditemukan oleh para psycholog: Semakin konsisten tingkah laris anda ketika ini dengan apa yang anda anggap sebagai tingkah laris ideal, semakin suka dan hormat anda pada diri sendiri, dan semakin senang yang anda rasakan.

Sebaliknya, setiap kali anda melaksanakan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang berdasarkan sebagai tingkah laris anda yang terbaik, maka anda akan mengalami gambaran diri yang negatif.

Anda jadi merasa diri anda melaksanakan dibawah kemampuan terbaik anda, dibawah apa yang sebetulnya menjadi aspirasi anda. Akibatnya, harga diri dan tingkat kebahagian anda menurun.

Begitu anda mulai bergerak, berbicara dan bertingkah laris sesuai dengan idealisme tertinggi anda, maka gambaran dan harga diri anda meningkat, serta anda merasa lebih senang mengenai diri dan dunia anda.

Sebagai contoh, setiap kali anda dipuji atau disanjung oleh orang lain, atau menerima hadiah atau penghargaan atas prestasi anda, maka harga diri anda meningkat, terkadang secara dramatis.

Anda jadi merasa lebih senang mengenai diri sendiri. Anda merasa bahwa seluruh hidup anda berada dalam keharmonisan, dan bahwa anda hidup sejalan dengan idealisme anda yang tertinggi. Anda merasa sukses dan berharga.

Jadi sasaran anda seharusnya yaitu membuat secara sengaja dan sistematis, banyak sekali situasi yang meningkatkan harga diri anda dalam semua yang anda lakukan. Anda seharusnya menjalani hidup seakan-akan sudah menjadi menyerupai orang yang anda cita-citakan, untuk menjadi diri anda suatu hari nanti.

Ketahui Apa yang Anda Percayai

Apa nilai-nilai anda ketika ini yang menyangkut pekerjaan dan karir anda? Apakah anda percaya pada nilai-nilai integritas, kerja keras, kehandalan, kreativitas, kerjasama, inisiatif, ambisi dan berafiliasi baik dengan sesama?

Orang-orang yang hidup dengan nilai-nilai ini dalam pekerjaannya itu jauh lebih sukses dan terpandang dibanding orang-orang yang tidak mempunyai nilai-nilai ini.

Apa nilai-nilai anda ketika ini yang menyangkut keluarga anda? Apakah anda percaya pada pentingnya cinta tanpa syarat, selalu mendorong dan memperkuat, sabar, pema'af, kedermawanan, kehangatan dan perhatian?

Orang-orang yang menerapkan nilai-nilai ini secara konsisten kepada orang-orang yang penting dalam kehidupannya itu jauh lebih senang dibanding orang-orang yang tidak menerapkannya.

Apa nilai-nilai anda ketika ini yang menyangkut keuangan dan kesuksesan finansial? Apakah anda percaya pada pentingnya kejujuran, kerajinan, penghematan, kesederhanaan, pendidikan, kunggulan kinerja, kualitas dan ketekunan?

Orang-orang yang menerapkan nilai-nilai ini itu jauh lebih sukses dalam kehidupan finansialnya, dibanding mereka yang tidak, dan juga jauh lebih cepat sukses.

Bagaimana dengan kesehatan anda? Apakah anda percaya pada pentingnya disiplin diri, pengendalian dan penguasaan diri, terhadap banyak sekali hal yang menyangkut pola makan, olahraga dan istirahat?

Apakah anda menetapkan standard yang tinggi untuk tingkat kesehatan dan kebugaran fisik, kemudian berusaha setiap hari untuk hidup dengan standard-standard tersebut?

Orang-orang yang menerapkan nilai-nilai ini itu hidup lebih lama, hidup lebih sehat, dibanding orang yang tidak menerapkannya.

Pikirkan Hanya yang Anda Inginkan

Ingat, anda menjadi apa yang paling sering anda pikirkan. Orang-orang sukses dan senang itu selalu memikirkan wacana nilai-nilai serta cara menerapkannya dalam setiap aspek kehidupan mereka, setiap hari.

Hasil yang akan anda sanggup yaitu bahwa, semakin konsisten anda dalam menjalani kehidupan yang sesuai dengan nilai-nilai anda, semakin bahagia, sehat, aktual dan energik anda.

Mungkin, nilai yang paling penting dari semuanya itu yaitu integritas. Seorang milyuner pernah berkata, "Integritas itu bukan cuma sangat berharga, tapi juga menjadi nilai yang menjamin semua nilai-nilai lain."

Begitu anda sudah menetapkan bahwa anda akan hidup sesuai dengan suatu nilai, maka level integritas anda akan memilih apakah anda akan menjalankan janji tersebut atau tidak.

Semakin anda mendisiplinkan diri untuk hidup konsisten dengan hal terbaik yang anda tahu, semakin tinggi level integritas anda. Dan semakin tinggi integritas anda, semakin senang dan powerful yang akan anda rasakan dalam semua yang anda lakukan.

Orang yang benar-benar luar biasa itu selalu digambarkan mempunyai integritas yang tinggi. Mereka hidup konsisten dengan nilai-nilai mereka yang tertinggi, bahkan ketika tidak ada orang yang melihat.

Sebaliknya, orang yang gagal itu mengambil jalan pintas dan mengkompromikan integritasnya, terutama ketika tidak ada orang yang melihat.

Putuskan ketika ini juga, untuk menjadi orang yang mempunyai kehormatan. Tekadkan untuk menyampaikan yang sebenarnya, dan hidup dalam kebenaran dengan diri sendiri dan orang lain. Perjelas nilai-nilai anda dalam setiap aspek kehidupan anda. Tuliskan.

Pikirkan bagaimana anda akan bertindak jikalau anda hidup konsisten dengan nilai-nilai tersebut, lalu, tolak untuk mengkompromikan nya alasannya alasan apapun.

Begitu anda merima tanggung jawab penuh atas kehidupan anda, dan atas semua yang terjadi pada anda, kemudian membuat gambaran ideal dari masa depan anda yang tepat dan mengklarifikasi nilai-nilai anda, maka anda akan siap untuk mulai menetapkan sasaran yang jelas, spesifik dalam semua bidang kehidupan anda.

Nah, anda kini sudah berada dijalur pacu dan siap untuk lepas landas menuju bintang-bintang dilangit.


Baca Juga: 100 Manfaat Pasta Gigi untuk Wajah

No comments:

Post a Comment