Monday, December 10, 2018

Hadapi Setiap Perubahan Dengan Efektif

Mungkin, kualitas paling berharga yang bisa anda kembangkan untuk berhadapan dengan perubahan itu yaitu fleksibilitas. Yaitu membiasakan diri untuk selalu membuka pikiran, dan mengikuti keadaan dengan banyak sekali warta dan kondisi baru.

Saat semuanya berubah tidak menyerupai yang diharapkan, yang biasanya terjadi, dari pada menjadi kesal dan frustasi, biasakan diri untuk memandangnya sebagai suatu peluang atau keuntungan, yang sedang menunggu untuk dimanfaatkan.

Orang-orang yang unggul itu yaitu mereka yang tetap damai dan berpikir jernih dalam menghadapi banyak sekali guncangan yang tidak terduga. Mereka menarik napas panjang, rileks, dan menganalisa situasi secara objektif.

Saat hal-hal terjadi dluar dugaan, mereka menjaga diri biar tetap damai dan tidak emosional, yaitu dengan cara bertanya dan mencari informasi.

Sebagai contoh, bila seseorang tidak memenuhi komitmennya, atau bila penjualan dibatalkan, mereka berusaha tetap damai dan menjernihkan pikiran dengan bertanya pada diri sendiri, "Apa yang bersama-sama terjadi?"

Mereka menghadapi perubahan dengan memfokuskan diri untuk lebih dulu mencari banyak sekali fakta, sebelum bereaksi.

Mereka bisa untuk menghentikan kebingungan kemudian mengajukan pertanyaan misalnya, "Mengapa ini terjadi? Bagaimana kejadiannya? Seberapa serius itu? Itu sudah terjadi, kini apa saja yang bisa kita lakukan?"

Robert Fritz, dalam bukunya, The Path of Least Resistance, menyampaikan bahwa orang yang tidak efektif itu cenderung selalu berada dalam mode tingkah laris responsif-reaktif.

Bukannya bertindak secara sadar dan sengaja, orang yang tidak efektif itu hanya bereaksi dan merespon dengan emosinya, yang terkadang meledak-ledak dan menjadi depresi. Mereka menaiki roller coaster emosi.

Dan hal terbaik yang bisa mereka harapkan, dalam mode tingkah laris menyerupai ini, yaitu kembali ke masa awal, dikala mereka belum menjadi kesal.

Fokus ke Visi Masa Depan

Sedangkan orang yang efektif, berdasarkan Robert Fritz, memfokuskan perhatiannya pada "visi masa depan." Setiap kali terjadi perubahan yang tak terduga, pikiran mereka segera difokuskan ke daerah yang ingin dituju dimasa depan.

Visi masa depan ini, yaitu sesuatu yang sudah mereka rencanakan dengan matang, dan sudah sering dipikirkan, sampai sangat gampang bagi mereka untuk mengingatnya kembali, kapanpun mereka mau.

Karena pikiran sadar itu cuma bisa memikirkan satu pemikiran untuk satu waktu, maka dikala anda memaksakan diri memikirkan sasaran atau visi masa depan, pikiran anda segera menjadi damai dan positif, sampai anda merasa lebih terkontrol.

Orang yang efektif itu selalu lebih menentukan masa depan dibanding masa lalu. Dari pada membuang waktu dan energi untuk mencari seseorang yang bisa disalahkan atau dikritik,  mereka selalu bertanya, "Apa yang akan kita lakukan sekarang?"

Mereka selalu berusaha menjaga diri sebaik mungkin, dengan memikirkan dan membicarakan perihal kondisi masa depan yang dihasratkan. Ada syair yang mengatakan...

"Dua orang memandang melalui jeruji penjara. Yang satu memandang lumpur; satunya lagi memandang bintang."

Anda bisa meningkatkan kemampuan untuk menghadapi perubahan, yaitu dengan memfokuskan perhatian ke masa depan, dan melihat gelas setengah penuh, bukannya setengah kosong.

Masalah kritis yang berafiliasi dengan perubahan itu yaitu pengendalian. Sebagian besar dari stress dan kekecewaan anda itu akhir dari merasa tidak bisa mengendalikan aspek tertentu dari kehidupan anda.

Jika anda memikirkan perihal waktu atau daerah dimana anda merasa sangat bahagia terhadap diri sendiri, maka anda akan menyadari bahwa itu yaitu alasannya anda telah bisa mengontrol daerah tersebut.

Salah satu penyebab kenapa anda lebih suka berada dirumah sesudah melaksanakan perjalanan adalah, sesudah memasuki pintu depan, anda merasa sangat bisa mengontrol lingkungan. Hingga anda bisa benar-benar merasa rileks. Anda bisa kembali mengendalikan.

Lokus Kontrol Internal dan Eksternal

Para psycholog menyebut perbedaan ini sebagai lokus kontrol internal dan lokus kontrol eksternal. Lokus kontrol yaitu dikala anda merasa bisa mengontrol sebagian aspek dari kehidupan anda.

Seseorang yang mempunyai lokus kontrol eksternal, merasa bahwa ia dikontrol oleh kekuatan yang berada di luar dirinya. Orang umumnya merasa bahwa ia dikontrol oleh boss, tagihan, hubungan, pengalaman masa kecil, atau lingkungan eksternalnya.

Saat seseorang mempunyai lokus kontrol eksternal, ia akan merasa sangat stress, takut dan gelisah terhadap perubahan apapun. Baginya, perubahan itu mewakili sebuah ancaman, yang mungkin mengakibatkan situasinya semakin memburuk.

Sebaliknya, orang yang mempunyai lokus kontrol internal, merasa sangat tenang. Dia merasa sangat bisa mengendalikan hidupnya. Dia merencanakan pekerjaannya, dan mengerjakan rencananya.

Dia bertanggung jawab penuh, dan percaya bahwa semua yang terjadi, yaitu alasannya suatu alasan, dan bahwa ia yaitu kekuatan kreatif yang utama dalam mengatur kehidupannya.

Karena satu-satunya yang bisa anda kendalikan secara total itu yaitu isi dari pikiran sadar anda, maka kemampuan anda untuk berhadapan dengan perubahan itu akan sangat tergantung pada apa yang anda pikirkan dan cara anda memikirkannya.

Seperti yang dikatakan oleh Thomas Huxley...

"Pengalaman bukanlah apa yang terjadi pada anda; melainkan apa yang anda lakukan terhadap apa yang terjadi pada anda."

Karena perubahan itu tidak bisa dihindari dan akan selalu terjadi, berarti cara anda memikirkannya lah, yang paling menentukan apa imbas perubahan itu bagi anda, dan cara anda memanfaatkannya, apakah akan menguntungkan atau merugikan.

Dalam bukunya, Celebrations of Life, Rene Dubos menyampaikan bahwa dikala ini kita jauh lebih takut berubah dibanding dulu, dan untuk alasan yang lebih sedikit. Alasan kenapa anda takut berubah yaitu alasannya anda takut akan jadi lebih parah.

Tidak ada orang yang takut berubah bila itu menunjukkan peningkatan. Misalnya, bila anda tahu bahwa gaya hidup anda akan berubah alasannya menang lottere, berarti ini bukanlah jenis perubahan yang akan anda hidari atau antisipasi dengan rasa takut.

Perubahan yang menunjukkan kejutan tidak menyenangkan lah, yang menciptakan anda takut dan menjadi cemas, alasannya itu akan mengakibatkan anda merasa kehilangan kendali atas aspek tertentu dari kehidupan anda.

Menjadi Penguasa Perubahan

Tujuan anda yaitu untuk menjadi seorang "penguasa perubahan," untuk menyambut, menyongsong, dan menaiki gelombang perubahan.

Anda melakukannya dengan cara mengambil kontrol atas arah perubahan dalam hidup anda, dan memastikan bahwa itu di dominasi oleh dan ke arah peningkatan faktual yang anda hasratkan.

Para pembuat kapal tahu bahwa semakin seimbang suatu kapal, semakin mantap kapal tersebut dikala menghadapi badai.

Hal yang sama berlaku untuk anda. Semakin seimbang anda, atau stabil banyak sekali faktor dari kehidupan anda, semakin kecil kemungkinan anda untuk menjadi kacau, atau salah arah, dikala menghadapi perubahan yang tidak terduga.

Anda bisa memantapkan keseimbangan dan meningkatkan stabilitas dengan cara menetapkan target-target yang besar dan menyusun planning yang jelas, tertulis, untuk pencapaiannya.

Target menciptakan anda bisa mengontrol arah perubahan. Dengan target, perubahan menjadi bersiklus dan diinginkan, bukannya secara acak dan serampangan.

Target memastikan bahwa perubahan yang mengambil daerah dalam kehidupan anda itu sebagian besar yaitu harapan dan instruksi dari anda sendiri.

Dengan sasaran yang jelas, spesifik, terukur, perubahan yang mengambil daerah cenderung menjadi faktual dan menggerakkan anda ke arah sesuatu yang ingin dicapai, bukannya malah melemparkan anda ke arah yang salah.

Sebagai contoh, bila anda bergerak dalam suatu bisnis atau bidang penjualan, maka anda akan selalu mengalami serangkaian kekecewaan dan rintangan, baik besar maupun kecil. Itu yaitu hal yang wajar. Itu niscaya terjadi dan tidak bisa dihindari.

Sebagian menunjukkan hasil, dan sebagian tidak. Terkadang anda menang, terkadang kalah. Meski anda sudah berusaha sebaik mungkin, banyak sekali tragedi tak terduga akan mengubah planning terbaik anda.

Proses perubahan dan rintangan yang tak pernah berakhir ini dimulai dikala anda pertama kali memasuki dunia kerja, dan itu akan terus berlanjut sepanjang hidup anda. Berbagai duduk kasus dan perubahan itu menyerupai hujan, terjadi begitu saja.

Tapi bila anda menetapkan sasaran yang terperinci untuk bidang pekerjaan, kehidupan rumah tangga, dan pengembangan diri, maka tidak peduli apapun yang terjadi, anda bisa tetap memfokuskan pikiran pada sasaran dan jangka panjang.

Anda bisa, sebagai efeknya, bangun diatas banyak sekali tantangan dikala ini, dan menatap ke arah bintang pemandu dari kehidupan anda, dan mimpi-mimpi yang paling indah.

Jika dibidang penjualan, dan anda mengejar serangkaian target, maka anda akan menyebarkan prospektif konsumen yang luas. Anda akan mengerjakan secara simultan konsumen jangka pendek dan menengah, juga prospek besar maupun kecil.

Sementara itu, anda akan terus memperbaiki diri, biar semakin hebat dibidang anda. Anda akan mempunyai banyak sekali planning dan terlibat dalam acara dengan orang-orang penting dalam hidup anda.

Dengan target, anda akan menjadi multi dimensi, bukan cuma satu dimensi. Setiap halangan atau kekecewaan dalam aspek manapun dari kehidupan anda, akan cepat teratasi oleh fakta bahwa anda punya kesibukan diberbagai area lain.

Dan anda tidak akan membiarkan diri untuk menghabiskan terlalu banyak waktu dan energi dalam satu aspek, yang berjalan tidak sesuai dengan planning anda.

Dengan mempunyai tujuan yang terperinci anda akan menjadi orang yang giat dan tangguh, tahan terhadap banyak sekali emosi negatif yang sering menghipnotis orang yang tidak punya sasaran atau arah.

Metode 4 Langkah dalam Menghadapi Perubahan

Langkah pertama dalam menghadapi setiap perubahan yaitu dengan mendapatkan perubahan itu sebagai realitas.

Menerima yaitu kebalikan dari menolak atau melawan. Dengan menerima, pikiran anda akan tetap damai dan positif. Seperti yang dikatakan William James..

"Titik awal dalam menghadapi semua kesulitan itu yaitu dengan bersedia menerimanya."

Begitu anda mendapatkan perubahan yang terjadi, dikala itu pula anda menjadi lebih bisa dalam menghadapinya, kemudian mengubahnya biar menguntungkan anda.

Salah satu cara terbaik untuk menghadapi kekhawatiran yang sering terjadi akhir perubahan tak terduga yaitu dengan cara duduk dan menjawab, diatas kertas, pertanyaan: "Apa yang bersama-sama saya khawatirkan?"

Dalam pengobatan dikatakan bahwa, diagnosa yang akurat itu yaitu setengah dari penyembuhan. Saat anda mendefenisikan dengan terperinci diatas kertas situasi yang mengkhawatirkan, tiba-tiba stress anda jadi berkurang, bahkan menghilang.

Saat mendefenisikan situasi dengan jelas, berarti anda telah mendiagnosanya, sehingga anda bisa melaksanakan sesuatu mengenai hal itu.

Langkah kedua yaitu bertanya pada diri sendiri, "Kemungkinan terburuk apa yang bisa terjadi dalam situasi yang mengkhawatirkan ini?"

Sebagian besar kecemasan dan stress itu berasal dari penolakan anda terhadap apa yang mungkin terjadi. Saat mendefenisikan dengan terperinci kemungkinan terburuk, kemudian menuliskannya, maka anda akan tahu bahwa, apapun kemungkinan itu, anda masih bisa mengatasinya.

Seringkali, kekhawatiran akan mulai menyusut begitu anda sudah menentukan dengan terperinci kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi. Kemudian, putuskan untuk siap menerimanya.

Tekadkan bahwa, meski dampak terburuk yang akan terjadi, itu tidak akan menjadi simpulan dari dunia anda. Anda akan mendapatkan dan menanggungnya. Sikap untuk mendapatkan ini akan melengkapi proses penghilangan stress dan kecemasan yang berafiliasi dengan situasi tersebut dari pikiran anda.

Sekarang anda sudah siap untuk langkah ketiga dalam menghadapi perubahan, yaitu menyesuaikan tingkah laris dan tindakan anda dengan situasi baru. Tanyakan pada diri, "Apa saja yang bisa saya lakukan untuk memastikan bahwa kemungkinan terburuk tidak akan terjadi?"

Terkadang, ini disebut "pengendalian kerusakan." Di sekolah bisnis, ini yaitu potongan dari pengambilan keputusan, dan disebut "mini-max regret solution." Apa yang bisa anda lakukan untuk meminimalkan kerusakan maksimum yang bisa terjadi akhir perubahan atau halangan tak terduga?

Saat anda mulai memikirkan semua hal yang bisa anda lakukan, anda menyelaraskan pikiran dengan warta gres dan bersiap untuk mengambil langkah tertentu biar bisa menghadapi perubahan dengan efektif.

Bagian terakhir dari metode empat langkah untuk menghadapi perubahan yaitu dengan memperbaiki situasi yang ada. Seringkali, sebuah perubahan itu yaitu tanda bahwa perencanaan anda kurang lengkap, atau mungkin arah yang anda ambil salah.

Perubahan yang serius, yang tampaknya menjadikan duduk kasus besar, itu seringkali menjadi tanda bahwa anda berada dijalur yang salah. Ada pepatah usang yang mengatakan, "Krisis yaitu perubahan yang mencoba mengambil tempat."

Jika anda mau mendapatkan dan mengikuti arus perubahan, maka seringkali balasannya anda akan menyadari, bahwa perubahan itu yaitu langkah yang sehat dan faktual ke arah pencapaian sasaran anda.

W. Clement Stone, pendiri dari Combined Insurance Company of America, populer alasannya sikapnya yang "kebalikan dari paranoid." Dia sangat yakin bahwa semua yang terjadi itu yaitu potongan dari konspirasi yang membantunya biar lebih sukses.

Setiap kali sesuatu yang tidak terduga terjadi, ia segera mengatakan, "Itu bagus!" kemudian menganalisa situasi untuk mencari sisi faktual dari tragedi tersebut.

Jika anda menganalisa setiap perubahan, maka anda akan selalu menemukan sesuatu yang faktual dan bermanfaat bagi anda. Carilah pelajaran berharga yang terkandung di dalam setiap rintangan.

Pelajaran apa yang tersembunyi dan bisa diubah menjadi keuntungan? Apakah mungkin itu sebagai tanda bahwa, bila direspon dengan benar, bisa menyelamatkan anda dari perubahan atau duduk kasus yang jauh lebih besar dimasa depan?

Karena pikiran anda cuma bisa memikirkan satu pemikiran untuk satu waktu, maka dikala anda memaksa diri untuk melihat aspek faktual dari setiap perubahan, menciptakan pikiran anda tetap jernih, dan menjaga perilaku anda tetap optimis dan yakin.

Viktor Frankl mengatakan, kebebasan terakhir insan itu yaitu kebebasan untuk menentukan sikapnya terhadap situasi apapun. Anda memang tidak bisa mengontrol apa yang akan terjadi pada anda, tapi anda bisa mengontrol perilaku anda terhadap tragedi itu, sehingga anda bisa menguasai perubahan, bukan sebaliknya.

Ciri dari orang yang superior itu yaitu apa yang disebut "toleransi terhadap ketidak jelasan." Yaitu kemampuan untuk mengadapi perubahan situasi yang cepat dengan efektif.

Semakin tinggi anda mendaki (semakin tinggi income, tanggung jawab, status dan posisi) semakin cepat tingkat perubahan yang terjadi disekitar anda. Pada setiap tahap, kemampuan anda untuk bersikap tenang, jernih dan yakin, itulah yang akan menentukan akan menjadi orang menyerupai apa anda nantinya.

Kemauan anda untuk bekerja secara efektif dalam sebuah dunia yang selalu berubah, yaitu ukuran bersama-sama dari seberapa baik anda menyebarkan diri. Dan kuncinya yaitu dengan menerima, menyesuaikan, dan memperbaiki perubahan, kemudian bergerak ke situasi berikutnya.

Saat anda terus melaksanakan ini, anda akan merasa sangat bisa mengendalikan dan menentukan nasib anda sendiri, sehingga seluruh kehidupan anda akan menjadi cerah dan positif, begitu juga dengan hasil-hasil anda.


Baca Juga: Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim beserta Gambarnya

No comments:

Post a Comment