Monday, December 10, 2018

Tingkatkan Energi Dan Vitalitas Anda

Sepanjang hidup, anda mungkin punya ribuan target. Tapi semuanya itu akan masuk ke dalam salah satu dari empat kategori dasar. Semua yang anda lakukan itu yakni untuk meningkatkan kualitas salah satu atau beberapa dari keempat area ini.

Kategori pertama yakni hasrat untuk mempunyai kekerabatan yang membahagiakan. Anda ingin mengasihi dan dicintai. Anda ingin mempunyai kehidupan rumah tangga yang senang dan harmonis.

Anda ingin sanggup bergaul erat dengan orang-orang disekitar, dan ingin menerima rasa hormat dari orang-orang yang anda hormati.

Keterlibatan anda di lingkungan sosial dan komunitas yakni hasil dari hasrat anda untuk memilki interaksi yang membahagiakan dengan orang lain, dan memperlihatkan bantuan pada lingkungan masyarakat dimana anda tinggal.

Kategori yang kedua yakni hasrat anda untuk mempunyai pekerjaan yang menarik dan menantang. Anda ingin sanggup memenuhi semua kebutuhan, dan tentu saja lebih dari itu, anda juga ingin benar-benar sanggup menikmati pekerjaan atau profesi anda.

Sebab waktu-waktu terbaik anda dalam hidup, yakni saat-saat dimana anda benar-benar terserap dalam pekerjaan anda.

Kategori yang ketiga yakni hasrat anda untuk mendapatkan kebebasan finansial. Anda ingin terbebas dari rasa khawatir mengenai uang. Anda ingin punya uang yang cukup, sehingga sanggup lebih bebas dalam menciptakan banyak sekali keputusan.

Anda ingin mencapai kondisi finansial tertentu, sehingga anda sanggup pensiun dalam keadaan nyaman dan tidak perlu lagi merasa cemas apakah anda akan punya uang yang cukup untuk mensupport gaya hidup anda.

Kebebasan finansial, membebaskan anda dari kemiskinan dan ketergantungan anda pada orang lain. Jika anda rutin menabung dan berinvestasi sepanjang hidup, pada jadinya anda akan mencapai titik dimana anda tidak perlu bekerja lagi.

Kategori keempat yakni hasrat anda untuk menjadi sehat, terbebas dari rasa sakit dan gangguan penyakit, serta menerima aliran energi dan perasaan segar yang terus menerus. Bahkan, kesehatan itu sebetulnya yakni central dari kehidupan anda, yang seringkali diabaikan.

Sebutan umum dari keempat sasaran ini, dan syarat untuk mencapainya, yakni tingkat energi yang tinggi. Untuk mencapai kesuksesan di salah satu area ini, akan membutuhkan pengembangan dan pengeluaran energi, meski dalam jumlah kecil.

Energi yakni materi bakar dan materi baku yang sangat penting, sehingga tanpanya tidak ada yang mungkin sanggup dicapai.

Tujuan perencanaan strategis dari suatu perusahaan yakni menemukan banyak sekali cara untuk meningkatkan ROE, return on equity. ROE merujuk pada pengembalian dari modal yang diinvestasikan dalam perusahaan.

Dengan mengubah banyak sekali sumber dari area yang bernilai rendah ke area yang bernilai tinggi, ROE dalam bisnis sanggup ditingkatkan.

Sedangkan dalam perencanaan strategis personal, tujuannya yakni mirip. Itu juga ditujukan untuk meningkatkan ROE, tapi dalam masalah ini, ROE yang dimaksud yakni Return on Energi.

Semua yang dilakukan dalam pengembangan diri, peningkatan diri, penetapan target, dan administrasi waktu, yakni ditujukan untuk meningkatkan jumlah pengembalian energi, atau Ken Blanchard menyebutnya, "return on life.”

Secara terus menerus, anda mengatur waktu serta sumberdaya, sehingga sanggup mendapatkan sebanyak mungkin kesenangan, kepuasan, dan reward yang berasal dari waktu dan energi yang anda tempatkan ke dalam acara harian.

Jika perusahaan punya modal finansial, maka anda punya modal manusia. Modal insan anda itu terdiri dari energi mental, emosional, dan fisik. Semakin banyak energi yang anda investasikan, dan semakin cerdas dalam menginvestasikannya, semakin besar pula reward anda.

Yang diperhitungkan itu bukanlah jumlah waktu yang anda habiskan dalam bekerja atau dalam hubungan. Melainkan jumlah diri anda yang anda tempatkan ke dalam waktu tersebut.

Jika anda tidur larut, bangkit lebih awal, dan berangkat kerja dalam keadaan letih, maka secara fisik anda memang bekerja selama 8 jam, tapi kualitas dan kuantitas yang sanggup anda hasilkan selama periode tersebut akan terganggu.

Anda hanya akan mendapatkan sebagian kecil dari potensi produktivitas anda, dibanding apa yang sanggup anda capai ketika istirahat anda cukup dan merasa sangat antusias.

Dalam setiap aspek kehidupan, yang memilih reward dan kepuasan anda itu yakni kualitas waktu yang anda tempatkan ke dalam suatu aktivitas, dan ini akan tergantung dari tingkat energi anda.

Meningkatkan dan mempertahankan energi itu sangat penting. Karena energi itu yakni sentral dari semua yang anda capai, berarti anda harus sangat sensitif terhadap semua hal yang sanggup meningkatkan atau menguranginya.

Berikut ini enam kunci untuk meningkatkan dan mempertahankan level energi dan vitalitas yang tinggi:

1. Berat Badan Ideal.

Membawa beban berlebih di tubuh itu ibarat membawa ransel berisi watu bata di punggung anda. Berat berlebih menciptakan anda gampang letih. Menyebabkan jantung, paru-paru, dan otot-otot anda harus bekerja lebih keras.

Berat berlebih memaksa tubuh anda untuk mengkremasi lebih banyak energi dibanding normalnya, meski hanya untuk mempertahankan hidup dan berfungsi normal.

Sebaliknya, menurunkan berat tubuh akan meningkatkan energi anda hampir dalam sekejap. Harga diri anda meningkat. Anda akan merasa jauh lebih sehat dan bahagia.

Saat anda menurunkan berat badan, anda akan merasa lebih sanggup menguasai dan mengendalikan diri. Saat anda mencapai berat ideal, anda akan menjadi lebih efektif dalam semua yang anda lakukan.

2. Diet yang Tepat.

Makanan yang anda konsumsi berdampak besar bagi tingkat energi anda sepanjang hari. Perubahan dalam diet sanggup menciptakan anda merasa jauh lebih segar, semangat, waspada, dan mempunyai vitalitas yang jauh lebih tinggi dari yang anda bayangkan.

Agar sanggup hidup sehat, senang hingga bau tanah itu yakni dengan mengubah proporsi dari masakan yang anda konsumsi, sehingga anda lebih banyak mengkonsumsi buah, sayuran, dan biji-bijian.

Saat anda sudah terbiasa mengkonsumsi masakan yang bernutrisi tinggi, itu akan mengurangi harapan anda untuk mengkonsumsi masakan yang kurang baik.

3. Berolahraga Secara Teratur.

Semakin rutin anda berolahraga, semakin banyak energi yang anda miliki, semakin baik yang anda rasakan, dan semakin panjang usia anda.

Berolahraga secara rutin itu akan memperbaiki pencernaan anda, mengurangi jumlah waktu yang anda butuhkan untuk tidur, dan meningkatkan vitalitas anda, baik secara fisik, mental maupun emosional.

4. Istirahat dan Rekreasi yang Cukup.

Orang umumnya butuh tidur selama 8 jam setiap malam. Sebagian orang ada yang sanggup kurang. Tapi anda harus merencanakan dan mengatur waktu di malam hari, sehingga sanggup tidur dan bangkit lebih awal. Ingat, alam menuntut keseimbangan dalam segala hal.

Jika anda akan bekerja keras sepanjang hari, berarti anda harus beristirahat dan memulihkan diri di malah hari dan di tamat pekan. Semakin seimbang kehidupan anda antara pekerjaan dan rekreasi, semakin banyak energi yang akan anda miliki, dan semakin produktif anda.

5. Bernapas dengan Benar.

Bernapas yang dimaksud yakni dengan menarik napas panjang, dimana anda mengisi seluruh paru-paru dengan menghitung hingga 10, kemudian menahannya sambil menghitung hingga 10, kemudian melepaskannya dengan menghitung hingga 10.

Jika anda melaksanakan ini sebanyak 7 hingga 10 kali, 2 atau 3 kali per hari, maka anda akan kagum dengan betapa segar dan rileks yang anda rasakan.

6. Sikap yang Benar.

Sikap Mental Positif itu tampaknya seiring sejalan dengan semua jenis pencapaian dan kesuksesan besar. Semakin konkret anda, semakin banyak energi anda. Semakin konkret anda, semakin senang anda.

Semakin konkret anda, semakin konkret orang dan situasi yang anda tarik ke dalam hidup anda. Semakin konkret anda, tampaknya semakin gampang anda untuk bekerja sama dengan orang lain. Semakin konkret anda, semakin efektif kinerja anda.

Sebaliknya, emosi negatif menghisap energi, antusias, dan vitalitas anda. Mereka menciptakan anda letih dan melemahkan sistem kekebalan tubuh anda. Rasa takut, ragu, kesal, atau bersalah, akan diwujudkan dalam tubuh fisik anda.

Pertahankan level energi anda tetap tinggi dengan cara selalu mencari kebaikan pada diri semua orang, dalam setiap situasi. Carilah pelajaran berharga dari setiap rintangan atau halangan. Carilah peluang yang sama atau lebih besar dibalik setiap kegagalan.

Jadilah orang yang sangat optimis, semangat, dan positif. Jadilah orang yang suka membantu dan mendukung. Jadilah sumber dorongan dan inspirasi. Jadilah jenis orang yang ingin ditemui oleh orang lain untuk dimintai pendapat dan diajak berbicara.

Semua kesuksesan itu yakni hasil dari ratusan, bahkan mungkin ribuan, usaha-usaha kecil yang mungkin tidak pernah diperhatikan atau dihargai orang. Berbagai usaha, pengorbanan, dan disiplin ini, akan berakumulasi untuk menciptakan anda menjadi orang yang luar biasa.

Semua yang anda lakukan itu diperhitungkan. Tidak ada yang netral. Semuanya, entah akan membantu atau merugikan anda. Semuanya, entah akan menambah atau mengurangi. Semuanya, entah akan mendorong anda kearah target, atau malah menjauhkan anda. Semuanya akan diperhitungkan.

Mengenai tingkat kesehatan dan energi anda, semua yang anda lakukan, atau tinggalkan, akan berdampak pada apa yang akan anda rasakan dan kinerja anda. Dan hasil dari semua acara ini akan berakumulasi.

Orang-orang yang tetap sehat dan energik diusia 50 dan 60 tahun itu sudah membiasakan diri untuk terlibat dalam banyak sekali kebiasaan konkret semenjak mereka berusia 20 dan 30 tahun.

Orang yang panjang umur, sehat, dan senang hingga berusia 80 tahun itu sudah mulai merencanakannya, dan mendisiplinkan diri semenjak mereka berusia 30 dan 40 tahun. Sebab semuanya akan ikut menentukan.


Baca Juga: Tugas dan Wewenang MPR Lengkap

No comments:

Post a Comment