Monday, December 10, 2018

Anda Dapat Jadi Seseorang Yang Jenius

Menurut Dr. Howard Garner dari Harvard University, penemu dari konsep multiple intelligences, anda mempunyai setidaknya 10 jenis kecerdasan yang berbeda, dimana salah satunya mungkin saja bisa membuat anda menjadi seorang jenius.

Sayangnya, hanya dua kecerdasan yang diukur dan dilaporkan melalui sekolah dan universitas, yaitu kecerdasan lisan dan matematika. Tapi anda mungkin saja bisa menjadi jenius dibidang lain, misalnya:

  • visio-spatial intelligence (seni, design),
  • entrepreneurial intelligence (memulai bisnis),
  • physical atau kinesthetic intelligence (sports),
  • musical intelligence (bermain alat musik, menulis lagu),
  • interpersonal intelligence (bergaul dengan sesama),
  • intra-personal intelligence (memahami diri pada level tinggi),
  • intuitive intelligence (kemampuan memperkirakan hal yang sempurna untuk dilakukan atau diucapkan),
  • artistic intelligence (kreativitas seni) atau
  • abstract intelligence(fisika, science).

Seperti kata pepatah, "Tuhan tidak membuat sampah." Setiap orang itu bisa untuk mencapai keunggulan dengan cara dan dibidang tertentu.

Di dalam diri anda ketika ini, anda sudah mempunyai kemampuan untuk berfungsi di level jenius pada setidaknya satu atau beberapa kecerdasan yang berbeda. Dan kiprah anda lah untuk menemukannya.

Anda bertanggung jawab pada diri sendiri untuk membuang semua kepercayaan yang membatasi diri sendiri, dan mendapatkan bahwa anda ialah orang yang luar biasa bisa dan berbakat. Anda ialah perancang dan pembangun bagi kejayaan dan kesuksesan anda sendiri.

Anda mempunyai kemampuan dan kecakapan yang belum pernah dimanfaatkan. Di dalam diri anda ketika ini, anda punya kemampuan untuk mencapai sasaran apapun yang bisa anda tentukan sendiri, kalau anda mau bekerja cukup usang dan cukup keras untuk mencapainya.

Berita baik mengenai kepercayaan itu ialah bahwa semua itu dipelajari. Karenanya, itu bisa tidak lagi dipelajari, terutama kalau kepercayaan itu tidak membantu. Saat memasuki dunia ini, anda sama sekali tidak punya kepercayaan, baik mengenai diri sendiri, agama, partai politik, orang lain, dan dunia secara keseluruhan.

Saat ini, anda sudah "tahu" banyak hal. Tapi menyerupai yang pernah tertulis di komik Josh Billings, "Yang merugikan dirinya itu bukan lah apa yang beliau ketahui, melainkan apa yang beliau tahu itu sebetulnya tidak benar."

Ada banyak hal yang anda tahu mengenai diri sendiri yang sebetulnya tidak benar. Dan ini hampir selalu berada diwilayah kepercayaan yang membatasi.

Titik awal untuk memanfaatkan lebih banyak lagi potensi anda ialah dengan mengenali kepercayaan yang membatasi anda, kemudian tanyakan, "Bagaimana kalau itu ternyata sama sekali tidak benar?"

Bagaimana kalau ternyata anda mempunyai kemampuan luar biasa dibidang yang anda kira sama sekali tidak mampu, contohnya dibidang penjualan, kewirausahaan, berbicara di depan publik atau menghasilkan uang?

Bayangkan seperti dan sebuah "Toko Kepercayaan," yang sangat menyerupai dengan toko software komputer, dimana anda bisa mengunjungi dan membeli banyak sekali kepercayaan untuk diprogram ke dalam pikiran bawah sadar anda.

Jika anda bisa menentukan serangkaian kepercayan apapun, kepercayaan mana yang berdasarkan anda akan paling membantu anda? Berkut ini sebuah saran. Pilihlah kepercayaan ini: "Aku ditakdirkan untuk menjadi sangat sukses dalam hidup."

Jika anda sangat percaya bahwa anda ditakdirkan untuk mendapatkan kesuksesan besar, maka anda akan berjalan, berbicara dan bertindak, seperti semua yang terjadi dalam hidup anda itu memang sudah direncanakan untuk membuat anda sangat sukses. Dan memang beginilah cara orang-orang top berpikir.

Orang-orang top itu selalu mencari kebaikan dalam setiap situasi. Mereka tahu bahwa itu selalu ada disana. Tidak peduli berapa banyak pun halangan dan rintangan yang menghadang, mereka selalu berharap untuk mendapatkan sesuatu yang baik dari semua yang terjadi.

Mereka percaya bahwa semua rintangan itu ialah bab dan sebuah planning besar yang akan menggerakkan mereka ke arah pencapaian kesuksesan besar yang sedang menunggu di depan.

Jika kepercayaan anda cukup positif, maka anda akan mencari pelajaran yang berharga dalam setiap kesulitan atau rintangan. Dengan yakin anda akan percaya bahwa banyak hal yang harus anda pelajari dijalan menuju dan mempertahankan kesuksesan anda.

Karenanya, anda akan memandang setiap persoalan sebagai pengalaman untuk belajar. Seperti yang ditulis Napoleon Hill, "Di dalam setiap kesulitan atau rintangan itu terdapat bibit laba atau keutamaan yang sama atau lebih besar."

Dengan jenis perilaku menyerupai ini, maka anda akan mendapatkan laba dari semua yang terjadi pada anda, baik positif maupun negatif, ketika anda bergerak maju dan naik ke arah pencapaian tujuan utama anda.

Dalam psychologi dan metafisik, ada Hukum Keterbalikan yang menyampaikan bahwa, "Anda lebih mungkin untuk bertindak biar mencicipi sesuatu, dibanding anda akan membuat diri anda merasa biar bertindak."

Yang artinya ialah bahwa, ketika gres memulai, anda mungkin belum bisa mencicipi kesuksesan besar menyerupai yang anda inginkan. Anda belum mempunyai keyakinan diri yang berasal dari record pencapaian kesuksesan.

Anda akan sering merasa ragu dengan kemampuan anda, dan merasa takut gagal. Anda akan merasa bahwa anda tidak cukup mampu, setidaknya belum.

Tapi kalau anda "bertindak seolah-olah" anda sudah menjadi orang yang anda cita-citakan, dengan banyak sekali kualitas dan talenta yang ingin anda miliki, maka aksi-aksi anda akan menghasilkan perasaan yang mengiringinya.

Dengan Hukum Keterbalikan, maka pada hasilnya anda benar-benar membuat diri anda untuk merasa menyerupai yang ingin anda rasakan.

Jika anda ingin menjadi salah satu orang top dalam bisnis anda, maka berpakaianlah menyerupai orang-orang top. Bergayalah menyerupai orang-orang top. Atur kebiasaan kerja anda menyerupai cara orang-orang top mengatur pekerjaannya.

Pilih orang-orang tersukses dibidang anda dan gunakan sebagai contoh. Jika memungkinkan, datangi mereka dan mintalah petunjuk mengenai cara bergerak maju lebih cepat. Dan apapun petunjuk mereka, segera lakukan. Beraksilah.

Saat anda mulai berjalan, berbicara, berpakaian dan bertingkah menyerupai orang-orang top, secepatnya anda akan mulai merasa menyerupai orang-orang top. Anda akan memperlakukan orang lain menyerupai yang dilakukan oleh orang-orang top.

Anda akan bekerja menyerupai cara orang top bekerja. Anda akan mulai menerima hasil menyerupai yang di sanggup oleh orang top. Dalam waktu singkat, anda juga akan menjadi salah satu dari orang top. Seperti kata pepatah, “Fake it until you make it!”

Emmet Fox, seorang guru spiritual pernah berkata, “Tugas utama anda dalam hidup ialah untuk membuat kesamaan mental di dalam diri mengenai apa yang ingin anda realisasikan dan nikmati di dunia luar anda.”

Anda harus memfokuskan diri untuk membuat banyak sekali kepercayaan di dalam diri yang konsisten dengan kesukesan besar yang ingin anda ciptakan di dunia luar anda. Anda bisa mencapai ini dengan cara menantang banyak sekali kepercayaan yang membatasi anda, menolak mereka kemudian bertindak seperti mereka tidak ada.

Perkuat pengembangan kepercayaan gres ini dengan cara meningkatkan pengetahuan dan skill dibidang anda, hingga pada titik dimana anda merasa sejajar dengan tuntutan atau tantangan apapun.

Percepat pengembangan kepercayaan yang gres dan positif ini dengan cara tetapkan target-target yang lebih besar dan menggairahkan dalam setiap bidang. Terakhir, teruslah bertindak seperti anda sudah menjadi orang yang anda cita-citakan.

Tujuan anda ialah untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar anda biar sukses dengan cara membuat kesamaan mental dalam semua yang anda lakukan atau katakan.

Kembangkan banyak sekali kepercayaan gres ini dengan cara melaksanakan aski yang konsisten dengan kepercayaan tersebut. Bertingkahlah seperti anda sudah percaya bahwa anda mempunyai kemampuan atau ketrampilan ini.

Bertingkahlah menyerupai orang yang positif, optimis dan riang kepada siapa saja. Bertingkahlah seperti kesuksesan anda sudah dijamin. Bertingkahlah seperti anda sudah mempunyai suatu diam-diam yang menjamin kesuksesan, dan hanya anda yang mengetahui diam-diam tersebut.


Baca Juga: 10 Panggilan Sayang yang Unik dan Langka

No comments:

Post a Comment