Monday, December 10, 2018

Jadilah Orang Yang Berintegritas

Integritas ialah sebuah nilai, sama menyerupai ketekunan, keberanian, dan keuletan. Bahkan lebih dari itu, ini ialah sebuah nilai yang menjamin semua nilai lain.

Seberapa baik anda sebagai seseorang, akan tergantung dari seberapa konsisten anda menjalani hidup berdasarkan nilai-nilai tertinggi anda percayai. Integritas ialah kualitas yang melindungi nilai-nilai anda, dan menimbulkan anda untuk hidup konsisten dengan nilai-nilai tersebut.

Integritas ialah pondasi dari karakter. Dan pembentukan huruf ialah salah satu acara terpenting yang bisa anda lakukan. Memperbaiki huruf berarti mendisiplinkan diri untuk semakin banyak melaksanakan hal-hal yang akan dilakukan oleh orang jujur, dalam semua kondisi.

Untuk menjadi sangat jujur terhadap orang lain, anda lebih dulu harus sangat jujur pada diri sendiri. Anda harus menjadi diri sendiri. Anda harus menjadi orang terbaik yang ada di dalam diri anda, menjadi yang terbaik yang anda tahu.

Hanya orang yang hidupnya konsisten dengan nilai-nilai dan keutamaan tertingginya, yang benar-benar hidup dalam integritas. Dan ketika anda berkomitmen untuk hidup menyerupai ini, anda akan meningkatkan standard, memperbaiki defenisi anda mengenai integritas dan kejujuran secara terus menerus.

Seberapa Tinggi Integritas Anda?

Anda bisa tahu seberapa tinggi level integritas anda, dari melihat apa yang anda lakukan setiap hari. Anda bisa melihatnya dalam reaksi dan respon anda terhadap pasang surutnya gelombang kehidupan. Anda bisa mengamati tingkah laris yang biasa anda lakukan, dan dari situ anda akan tahu siapa diri anda.

Perwujudan dari integritas yang tinggi itu ialah kinerja yang berkualitas. Orang yang sangat jujur pada dirinya, akan bekerja, atau berusaha keras untuk melaksanakan pekerjaannya dengan sempurna, dalam situasi apapun.

Orang yang sangat jujur itu mengakui, terkadang secara tidak sadar, bahwa semua yang ia lakukan itu ialah sebuah pernyataan mengenai siapa ia yang bergotong-royong sebagai seseorang.

Saat anda memulai sedikit lebih awal, bekerja sedikit lebih keras, dan tetap bekerja sedikit lebih lama, serta konsentrasi pada semua detil, berarti anda menerapkan integritas dalam pekerjaan anda.

Dan entah anda sadar atau tidak, level integritas anda yang bergotong-royong itu terlihat sangat terang oleh orang-orang disekitar anda.

Mungkin, hukum terpenting yang akan pernah anda pelajari itu ialah bahwa, kehidupan anda hanya bisa berubah jadi lebih baik, kalau anda sudah menjelma orang yang lebih baik.

Semua kehidupan itu dijalani dari dalam keluar. Pada bab inti dari kepribadian anda, terdapat nilai-nilai anda mengenai diri dan kehidupan anda secara umum. Nilai-nilai anda menentukan jenis orang menyerupai apa anda sebenarnya.

Apa yang anda percayai telah menentukan huruf dan kepribadian anda. Apa yang anda perjuangkan, dan apa yang anda tinggalkan, itulah yang menyampaikan pada anda dan dunia anda, mengenai jenis orang yang telah menjadi diri anda.

Tanyakan pada diri anda sendiri: Apa 5 nilai terpenting dalam hidup ku? Jawaban anda akan mengungkapkan banyak hal mengenai diri anda. Apa yang akan rela anda korbankan, rela anda tanggung, bahkan mati untuknya?

Apa yang akan anda perjuangkan, atau tidak akan pernah anda tinggalkan? Nilai-nilai apa yang paling anda pertahankan? Renungkan pertanyaan ini dengan seksama, dan, ketika anda punya kesempatan, tuliskan tanggapan anda.

Berikut ini cara lain untuk mengajukan pertanyaan tersebut. Siapa orang yang paling anda kagumi? Begitu anda sudah tahu jawabannya, pertanyaan berikutnya adalah: Mengapa anda mengaguminya?

Apa nilai-nilai, kualitas, atau keutamaan yang dimilikinya, hingga anda menghormati dan mengaguminya? Bisakah anda meniru kualitas tersebut? Kualitas apa yang paling anda hormati, yang umumnya dimiliki orang lain?

Itu ialah titik awal untuk menentukan nilai-nilai anda. Jawaban dari aneka macam pertanyaan itu akan membentuk dasar dari huruf dan kepribadian anda.

Begitu anda sudah menentukan 5 nilai utama, anda harus menyusunnya berdasarkan tingkat kepentingannya. Apa nilai terpenting anda yang pertama? Apa yang kedua? Yang ketiga? Dan seterusnya.

Merangking nilai anda ialah salah satu hal terbaik dan tercepat untuk membentuk huruf anda.

Ingat, nilai yang lebih tinggi akan selalu di dahulukan, dibanding nilai-nilai yang ada dibawahnya. Setiap kali anda terpaksa harus menentukan antara satu nilai dengan nilai lainnya, maka anda akan selalu menentukan nilai yang tertinggi dalam hirarki.

Siapa anda, di dalam hati, ialah dibuktikan dari apa yang anda lakukan setiap hari, terutama ketika anda dipaksa untuk berada dalam posisi dimana anda harus menentukan antara dua nilai atau alternatif.

Integritas ialah Kualitas Utama

Ralph Waldo Emerson mengatakan..

"Lindungi integritas anda layaknya benda keramat."

Dalam aneka macam studi, kualitas integritas atau kesetiaan seseorang terhadap nilai-nilanya, dirangking sebagai kualitas nomor satu yang dicari dalam semua bidang.

Saat menentukan dengan siapa mereka akan berbisnis, konsumen merangking kejujuran seorang penjual sebagai satu kualitas yang paling penting.

Meski kalau mereka merasa bahwa produk, kualitas, dan harga yang dijualnya itu unggul, tapi konsumen tidak akan membeli dari orang yang dianggapnya kurang jujur dan berkarakter.

Begitu juga dalam kepemimpinan, integritas ialah kualitas utama. Integritas dalam kepemimpinan itu diekspresikan dalam kemantapan dan konsistensi. Itu ditunjukkan dalam bentuk kesetiaan untuk menjaga kata-katanya.

Lem yang merekatkan semua hubungan, termasuk kekerabatan antara pemimpin dan bawahan, ialah kepercayaan, dan kepercayaan di dasarkan pada integritas.

Integritas itu begitu penting, hingga kita mustahil bisa berfungsi dimasyarakat kalau tidak memilikinya. Apa lagi yang bisa membuat traksaksi bisa terjadi selain level keyakinan yang tinggi bahwa harganya jujur dan kembaliannya benar.

Orang-orang dan perusahaan tersukses itu ialah yang reputasi integritasnya tinggi, dalam berurusan dengan semua orang. Level integritas ini membuat orang jadi lebih yakin, dan ingin lebih sering berbisnis dengan mereka, dibanding dengan pesaingnya yang etikanya mungkin sedikit goyah.

Earl Nightingale pernah menulis...

"Jika kejujuran tidak ada, itu harus ditemukan, alasannya itu ialah cara terpasti untuk mendapat kekayaan."

Sebuah studi di Harvard University menyimpulkan bahwa asset terbesar dari suatu perusahaan itu adalah, bagaimana ia dikenal oleh konsumennya, atau reputasinya.

Dengan cara yang sama, asset terbesar anda ialah cara anda dikenal oleh konsumen anda. Itu ialah reputasi anda untuk menjaga kata-kata dan memenuhi komitmen anda. Integritas anda lebih diutamakan dibanding diri anda, dan mensugesti semua interaksi anda dengan orang lain.

Cara Mengembangkan Integritas

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan semoga bisa bergerak lebih cepat ke arah jenis orang yang anda tahu, anda bisa menjadi. Yang pertama, menyerupai yang sudah disinggung, ialah menentukan 5 nilai anda yang paling utama dalam hidup. Susun berdasarkan prioritasnya.

Kemudian tuliskan paragraph singkat yang mendefenisikan makna dari masing-masing nilai tersebut bagi anda. Sebuah nilai yang dikombinasikan dengan defenisi, akan menjadi prinsip yang terorganisir (pernyataan yang bisa anda gunakan untuk membantu membuat keputusan yang lebih baik.)

Prinsip tersebut ialah sebuah ukuran dan standard yang membuat anda bisa mengetahui, sudah seberapa bersahabat anda dengan aneka macam kepercayaan dan keyakinan anda yang terdalam.

Langkah kedua untuk membuatkan integritas dan huruf di dalam diri anda ialah dengan cara mempelajari orang-orang yang berkarakter hebat. Pelajari aneka macam kisah dan sejarah hidup dari orang-orang besar.

Pelajari orang-orang yang mempunyai huruf berpengaruh sehingga membuat mereka bisa mengubah dunianya. Saat anda membaca, pikirkan ihwal tindakan yang akan mereka ambil kalau mereka mengahadapi kesulitan menyerupai yang sedang anda alami.

Napoleon Hill, dalam bukunya, The Master Key to Riches, menceritakan ihwal bagaimana ia membuat para penasehat eksklusif imajiner, yang terdiri dari orang-orang besar dalam sejarah. Dia menentukan orang-orang contohnya Napoleon, Lincoln, Jesus, dan Alexander the Great.

Setiap kali hendak mengambil suatu keputusan, ia akan menenangkan diri kemudian membayangkan seperti para anggota dari dewan penasehat pribadinya, sedang duduk di hadapannya, di depan sebuah meja yang besar.

Lalu ia akan bertanya pada mereka mengenai apa yang seharusnya ia lakukan, semoga bisa menghadapi situasi dengan efektif. Saat itu pula, mereka akan memperlihatkan jawaban, pengamatan, dan wawasan yang membantunya untuk melihat dengan lebih terang dan efektif.

Anda bisa melaksanakan hal yang sama. Pilih seseorang yang sangat dikagumi alasannya kualitasnya, contohnya keberanian, kegigihan, budi atau kejujurannya. Lalu, tanyakan pada diri sendiri, "Apa yang akan dilakukannya kalau berada diposisi ku?"

Langkah ketiga dan terpenting dalam membangun integritas ialah menyusun langkah berdasarkan psychologi tingkah laris manusia. Kita tahu bahwa kalau anda mencicipi sesuatu, maka anda akan melaksanakan tindakan yang sesuai dengan perasaan itu.

Sebagai contoh, kalau anda merasa bahagia, maka anda akan bertindak bahagia. Jika anda merasa marah, maka anda akan bertindak marah. Jika anda merasa berani, maka anda akan bertindak dengan gagah berani.

Tapi kita juga tahu bahwa anda tidak selalu bisa mencicipi menyerupai yang anda inginkan. Namun, alasannya Hukum Kebalikan, kalau anda bertindak seperti anda mencicipi sesuatu, maka agresi yang dihasilkan akan sesuai dengan perasaan itu.

Sehingga anda bisa, sebagai efeknya, bertindak berdasarkan perasaan itu. Anda bisa "memalsukannya hingga anda benar-benar merasakannya."

Anda bisa menjadi insan superior dengan cara bertindak menyerupai jenis orang yang ingin anda tiru. Jika anda bertindak menyerupai orang yang punya integritas, keberanian, ketegasan, dan karakter, maka pada kesudahannya anda akan membuat di dalam diri anda, struktur mental dan kebiasaan dari orang tersebut.

Aksi-aksi anda kemudian menjadi realitas anda. Anda akan membuat sebuah kepribadian yang konsisten dengan aspirasi tertinggi anda.

Semakin sering anda berbicara, bertindak, dan bertingkah laris yang konsisten dengan nilai-nilai tertinggi anda, semakin suka anda pada, dan semakin baik perasaan anda terhadap, diri sendiri.

Citra diri dan level penerimaan diri anda akan meningkat. Anda akan merasa lebih kuat, berani, dan bisa untuk menghadapi setiap tantangan.

3 Area Integritas

Ada 3 area utama dari kehidupan anda, dimana bertindak dengan integritas itu sangat vital. Ke 3 area ini ialah godaan terbesar bagi integritas anda, tapi juga menyimpan peluang terbesar untuk meningkatkan integritas anda.

Saat mendengarkan kata hati dan melaksanakan apa yang anda tahu sebagai hal yang benar dalam ke 3 area ini, maka anda akan mencicipi kedamaian dan kepuasan yang akan mengarahkan anda para kesuksesan dan pencapaian yang lebih tinggi.

Area pertama yaitu kekerabatan anda dengan keluarga dan teman, orang-orang terdekat anda. Menjadi jujur pada diri sendiri itu berarti hidup dalam kebenaran dengan masing-masing orang dalam hidup anda. Itu berarti menolak untuk menyampaikan atau melaksanakan yang anda anggap tidak benar.

Hidup dalam kebenaran dengan orang lain berarti anda menolak untuk tetap berada dalam situasi apapun dimana anda tidak senang dengan tingkah laris orang lain. Anda menolak untuk mentolerirnya. Anda menolak untuk berkompromi.

Para psycholog telah menyimpulkan bahwa stress dan negatif itu umumnya berasal dari percobaan untuk hidup dalam sebuah cara yang tidak sesuai dengan nilai-nilai tertinggi anda.

Itu ialah ketika anda hidup diluar jalur (saat anda melaksanakan dan menyampaikan satu hal diluar, tapi mencicipi dan mempercayai hal lain di dalam) yang membuat anda merasa sangat tidak bahagia.

Saat anda tetapkan untuk menjadi seseorang yang mempunyai huruf dan integritas, maka agresi pertama anda ialah menetralisir atau menghilangkan semua kekerabatan yang menyusahkan, dari kehidupan anda.

Ini tidak berarti bahwa anda harus mendatangi seseorang dan memukul kepalanya dengan kayu. Yang dimaksud ialah bahwa anda harus jujur dalam menentang orang lain, dan menyampaikan bahwa anda tidak senang dengan mereka.

Katakan pada mereka bahwa anda ingin mengatur ulang kekerabatan ini, sehingga anda bisa merasa lebih puas dan terpenuhi. Jika ia tidak mau melaksanakan pembiasaan yang membuat anda senang, itu seharusnya sudah terang bagi anda bahwa anda tidak ingin mempertahankan kekerabatan ini lebih lama.

Area yang kedua ialah perilaku dan tingkah laris anda terhadap uang. Sikap yang tidak masuk akal terhadap uang akan menimbulkan ketidak wajaran dalam kehidupan finansial anda. Anda harus berhati-hati mengenai perlakuan anda terhadap uang, terutama kalau itu milik orang lain.

Anda harus menjaga rating kredit sama menyerupai anda akan menjaga kehormatan. Anda harus membayar aneka macam tagihan tepat waktu, atau bahkan lebih awal. Anda harus menjaga janji-janji yang menyangkut komitmen finansial anda.

Area ketiga ialah komitmen anda dengan orang lain, terutama dalam pekerjaan, bisnis dan acara penjualan. Selalu pegang kata-kata anda. Jadilah orang yang mempunyai kehormatan.

Jika anda menyampaikan akan melaksanakan sesuatu, lakukan. Jika anda berjanji, tepati. Jika anda berkomitmen, penuhi. Jadilah jenis orang yang bisa dipercaya secara penuh, tidak peduli apapun situasinya.

Integritas anda ialah perwujudan dari kemauan anda untuk memegang nilai-nilai yang anda junjung tinggi. Membuat komitmen itu mudah, tapi menepatinya itu sulit. Tapi kalau anda menepatinya, setiap tindakan kecil dari integritas ini akan membuat huruf anda semakin kuat.

Dan ketika anda meningkatkan kualitas dan kekuatan huruf anda, maka semua bab lain dari kehidupan anda juga akan meningkat.


Baca Juga: Cara Manage File (Delete, Rename, Move) di DigitalOcean Space menggunakan DragonDisk – New!

No comments:

Post a Comment