Monday, December 10, 2018

Penawar Untuk Semua Jenis Rasa Takut

Salah satu inovasi terbesar dibidang pengembangan kepribadian kinerja puncak ialah bahwa ketakuan anda dan tingkat rasa percaya diri anda itu punya korelasi yang berlawanan atau saling bertentangan.

Dengan kata lain, semakin anda menyukai diri anda, semakin berkurang rasa takut anda terhadap kegagalan dan penolakan. Semakin tinggi rasa percaya diri anda, semakin kecil rasa takut dan ragu yang menghalangi anda.

Semakin suka dan tinggi anda menghargai diri sendiri, semakin siap anda untuk mengambil resiko dan menghadapi semua rintangan, penghalang, serta kegagalan sementara yang niscaya akan terjadi.

Semakin anda menyukai diri sendiri, semakin kurang kerisauan anda terhadap persetujuan atau penolakan orang lain. Anda akan berada di jalan anda sendiri.

Cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keyakianan diri, serta menetralisir rasa takut yang mungkin telah menghambat anda, ialah dengan mengucapkan kata-kata "Aku menyukai diri ku!" berulang-ulang. Setiap kali anda merasa ragu atau cemas, mulailah mengulangi kata-kata, "Aku menyukai diri ku!"

Kebiasaan terpenting yang bisa anda kembangkan ialah membiasakan diri untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keyakinan diri setiap hari. Semakin anda mengisi pikiran anda dengan kata-kata, gambaran, dan aliran positif, semakin positif, yakin, optimis, dan tidak takut anda jadinya.

Semakin anda menyukai diri sendiri, semakin baik anda dalam melaksanakan semua percobaan. Semakin anda menyukai diri sendiri, semakin berkurang rasa takut gagal dan takut ditolak. Semakin anda menyukai diri sendiri, semakin kecil kekhawatiran anda mengenai rintangan dan halangan jangka pendek.

Semakin anda menyukai diri sendiri, semakin besar keberanian dan keuletan anda dalam menghadapi gelombang pasang surut kehidupan. Dan semakin anda menyukai diri sendiri, semakin besar tekad anda untuk tetap tekun hingga anda meraih kesuksesan. rasa percaya diri itu ialah segalanya.

Penuhi Semua Potensi Anda

Ada empat lagi hukum-hukum mental yang perlu anda ketahui dan manfaatkan biar bisa memenuhi seluruh potensi anda. Yang pertama Hukum Kebiasaan.

Hukum ini mengatakan, "Apapun yang anda lakukan berulang kali, pada hasilnya akan menjadi kebiasaan baru."

Dalam istilah yang simpel, ini berarti anda bisa menanamkan kebiasaan berpikir atau beraksi berdasarkan cara apapun yang anda inginkan, asalkan anda mau mengulanginya cukup sering dan cukup lama.

Hukum kedua yang harus anda ketahui dan manfaatkan ialah Hukum Emosi, yang menyampaikan bahwa, "Semua agresi yang anda lakukan itu dipicu oleh sejenis emosi, entah itu positif atau negatif."

Anda bisa menganggap emosi itu menyerupai api unggun. Agar api bisa terus menyala, anda harus terus menambahkan kayu. Jika anda berhenti menambahkan kayu untuk jangka waktu tertentu, maka pada hasilnya api akan padam.

Berbagai hal yang paling sering anda pikirkan itu sama menyerupai kayu di atas api. Jika anda sering memikirkan apa yang anda inginkan, dan cara mendapatkannya, maka semakin bisa mental anda untuk fokus dalam mencapai semua target.

Karena jumlah "waktu berpikir" itu terbatas, berarti ketika anda mendisiplinkan diri, untuk hanya memikirkan apa yang anda inginkan, ketika itu pula anda berhenti menambahkan kayu pada api emosi negatif.

Dan hasilnya, keraguan dan ketakutan anda mulai menghilang.

Konsentrasikan pada Apa yang Anda Inginkan

Ini membawa kita pada Hukum Konsentrasi, yang menyatakan, "Apapun yang anda tempati, akan tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anda."

Dengan kata lain, apapun yang paling sering anda pikirkan, akan meningkat. Semakin usang semakin banyak energi emosional dan mental yang terfokus dan terkonsentrasi pada apa yang anda tempati.

Semakin anda memikirkan wacana sasaran dan cara mencapainya, semakin cepat itu akan bergerak ke arah anda. Semakin banyak energi emosional yang anda fokuskan padanya, semakin sedikit energi yang tersisa untuk takut, risau, dan cemas.

Hukum terakhir ialah Hukum Aktivitas Pikiran Bawah Sadar, yang mengatakan, "Pikiran bawah sadar anda akan mendapatkan pemikiran, perencanaan, atau sasaran apapun yang diciptakan oleh pikiran sadar, kemudian mengatur aliran dan tingkah laris anda untuk mewujudkannya menjadi realitas."

Apapun aliran dan sasaran yang anda ulangi berkali-kali di dalam pikiran sadar, pada hasilnya akan diterima oleh pikiran bawah sadar. Lalu, pikiran bawah sadar mulai bekerja, selama 24 jam, untuk mengatur pemikiran, kata-kata dan agresi yang mendatangkan sasaran ini ke dalam hidup anda.

Satu Pemikiran untuk Satu Waktu

Pikiran sadar anda hanya bisa menahan satu aliran untuk satu waktu, entah itu positif atau negatif. Anda mungkin bisa memikirkan ratusan aliran dalam satu rangkaian, tapi anda hanya bisa memikirkannya satu per satu.

Dan anda selalu bebas untuk menentukan aliran yang manapun itu.

Salah satu kebiasaan yang sangat penting bagi kesuksesan ialah menjaga pikiran anda tetap fokus pada apa yang anda cita-citakan, sasaran yang ingin dicapai, dan langkah yang perlu diambil untuk mencapainya.

Saat anda membiasakan diri untuk sering memikirkan dan membicarakan kemana anda ingin menuju dan cara biar bisa hingga disana, ketika itulah anda mengambil kendali penuh atas pembentukan konsep diri dan kepribadian anda.

Saat itu pula anda melangkah diatas percepatan potensi anda sendiri. Anda mulai bergerak maju dengan kecepatan yang menciptakan anda sendiri dan orang disekitar menjadi kagum.

Potensi Anda itu Tak Terbatas

Anda ialah orang yang luar biasa, dengan kemampuan dan potensi tersembunyi yang luar biasa. Apapun yang telah anda capai sejauh ini, itu tidak lebih sekedar bayangan dari apa yang sebetulnya mungkin untuk anda.

Hampir tidak ada yang tidak bisa anda lakukan, cita-citakan, dan miliki, kecuali batasan yang anda menetapkan pada diri sendiri melalui aliran anda sendiri.

Dari semua makhluk, cuma insan yang bisa memprogram ulang dirinya, dan mengubah arah hidupnya. Anda bisa memutuskan, ketika ini juga, untuk mengambil kendali penuh atas pembentukan dan perbaikan konsep diri, dan mengubah diri sendiri menjadi orang terbaik yang bisa anda bayangkan.

Dengan melepaskan rem bawah sadar, takut gagal dan ditolak, dan meningkatkan rasa percaya diri serta keyakinan diri melalui self-talk positif, anda bisa membebaskan seluruh potensi, dan mencapai sasaran apapun yang bisa anda menetapkan sendiri.

Dengan mengambil kendali penuh atas pembentukan konsep diri, ialah pondasi dasar dari pembentukan aneka macam kebiasaan, yang akan menciptakan anda bisa mencapai jauh lebih banyak hanya dalam waktu beberapa tahun, dibanding yang bisa dicapai orang rata-rata seumur hidup.

Aksi-aksi Latihan:

  1. Identifikasi penyebab utama yang mempengaruhi hidup anda. Mengapa anda berada diposisi ketika ini, dan apa yang bisa anda lakukan biar menerima hasil yang berbeda?
  2. Pada skala 1-10, seberapa banyak anda bisa mengontrol hidup anda? Apa yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan rasa pengendalian ini?
  3. Apa yang paling sering anda pikirkan? Apa yang seharusnya anda fokuskan dan konsentrasikan untuk memperbaiki hidup anda?
  4. Nilai-nilai, kualitas, dan attribut apa yang paling anda kagumi dari orang lain? Aksi apa yang bisa anda ambil untuk menanamkannya dalam kepribadian anda?
  5. Seberapa suka anda pada diri sendiri? Pengalaman apa yang memperlihatkan anda peningkatan rasa percaya diri terbesar, dan bagaimana anda bisa mengulanginya lagi?
  6. Apa ketakutan terbesar anda? Tindakan apa yang akan anda lakukan jikalau anda sama sekali tidak takut?
  7. Apa yang bisa anda lakukan, mulai ketika ini, untuk mengisi pikiran dengan lebih banyak lagi pemikiran, kata-kata, orang-orang, dan citra yang paling konsisten dengan orang yang anda cita-citakan, dan sasaran terpenting apa yang ingin anda capai?

"Manusia menjadi budak dari agresi berulang yang dilakukannya secara konstan. Apa yang awalnya ia pilih, hasilnya menguasainya." (Orison Swett Marden)


Baca Juga: Kekurangan dan Kelebihan VPS Managed dan Unmanaged

No comments:

Post a Comment