Monday, December 10, 2018

Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda

Bagi semua orang, tanpa kecuali, kebiasaan menunda itu yakni salah satu duduk perkara yang paling mengganggu. Dan dengan berguru cara mengatasinya, akan memperlihatkan dampak yang besar bagi kehidupan.

Untuk mengatasi kebiasaan ini, anda dapat melakukannya dalam 7 langkah, menyerupai yang dijelaskan pada goresan pena sebelumnya. Pertama, buat keputusan untuk memulai hari dengan segera mengerjakan tugas-tugas paling penting.

Yang kedua, jangan pernah membuat pengecualian, hingga kebiasaan ini terbentuk dengan mantap. Ketiga, katakan pada orang lain bahwa anda akan berhenti menunda pada aspek tertentu.

Keempat, bayangkan dan imajinasikan anda sedang mengerjakan kiprah penting dan tidak berhenti sebelum itu selesai. Kelima, ucapkan berulang kali, "Aku memulai hari dengan segera mengerjakan tugas-tugas ku yang paling penting."

Keenam, disiplinkan diri untuk tekun setiap hari, hingga kebiasaan itu menjadi otomatis. Dan ketujuh, beri hadiah pada diri anda setiap kali berhasil mengatasi kebiasaan menunda dan menuntaskan kiprah yang penting.

Setelah kebiasaan ini terbentuk, lakukan proses yang sama untuk membentuk kebiasaan lainnya. Jadikan pembentukan kebiasaan gres sebagai bab dari hidup anda. Carilah selalu aneka macam kebiasaan yang dapat membantu anda.

Satu kebiasaan per bulan akan menjadi dua belas kebiasaan per tahun, dan enam belas kebiasaan setiap lima tahun. Dengan tingkat menyerupai ini, kehidupan anda akan berubah secara dramatis, sehingga anda akan menjadi orang yang sama sekali baru, dalam artian yang positif.

Lakukan Secara Bertahap

Darimana anda memulai pembentukan kebiasaan baru?

Saat orang pertama kali mempelajari ihwal pentingnya membentuk kebiasaan baru, dan betapa hebatnya pengaruh dari pola fatwa dan tingkah laris yang faktual terhadap kehidupannya, mereka seringkali melaksanakan kesalahan dengan mencoba membentuk beberapa kebiasaan sekaligus.

Mereka memutuskan untuk meningkatkan semua aspek dari kehidupannya secara serentak. Mereka sangat berangasan dan ingin segera mengubah aneka macam kebiasaan yang menyangkut pekerjaan, finansial, bisnis, keluarga, kesehatan, dan lain-lain.

Akibatnya, mereka akan segera membentur tembok mental, sehingga sama sekali tidak terjadi peningkatan. Berikut ini hukum dalam membentuk kebiasaan baru: bersabarlah dengan diri sendiri.

Butuh waktu seumur hidup untuk membentuk diri anda kini ini. Kaprikornus tidak mungkin bagi anda untuk mengubahnya dalam sekejap. Karena itu, pilihlah hanya satu kebiasaan yang berdasarkan anda paling penting untuk ketika ini.

Lalu buat affirmasi positif, gabungkan dengan imajinasi, yang menggambarkan diri anda sedang melaksanakan kebiasaan gres tersebut. Kemudian segera lakukan, dan jangan pernah membuat pengecualian.

Berbicaralah dengan cara yang faktual pada diri sendiri, dan katakan bahwa anda sudah mempunyai kebiasaaan gres ini. Bayangkan diri anda seakan-akan anda sudah mempelajari kebiasaan gres ini.

Ceritakan juga pada orang lain. Lalu berikan diri anda hadiah dan kebanggaan setiap kali anda terlibat di dalam kebiasaan gres ini. Tapi inggat, anda hanya boleh mengubah satu kebiasaan untuk satu waktu.

Menetap Secara Permanen

Seperti yang sering terjadi, kebiasaan usang itu tidak pernah mati. Mereka tidak pernah hilang. Saat anda menghentikannya, dan mendisiplinkan diri untuk bertingkah dengan cara yang baru, kebiasaan usang menjadi lemah dan masuk ke dalam pikiran bawah sadar.

Kebiasaan anda yang gres mungkin berhasil mengalahkan dan mengganti kebiasaan lama, tapi tidak akan pernah dapat menghilangkannya. Mereka hanya bersembunyi, menunggu kesempatan untuk kembali muncul, ketika pemicu yang pertama kali menciptakannya, terulang lagi.

Sebagai contoh, ketika masih kecil, anda berguru bersepeda. Lalu ketika cukup umur anda mulai mengendarai mobil. Bertahun-tahun, bahkan berpuluh tahun kemudian, anda dapat kembali bersepeda hanya dalam hitungan detik, sama menyerupai ketika anda masih kecil dan memprogramnya ke pikiran bawah sadar.

Banyak orang yang awalnya berguru cara mengendarai kendaraan beroda empat yang memakai transmisi standard, dengan mengganti gigi. Tapi kendaraan beroda empat ketika ini, umumnya punya transmisi yang otomatis. Anda mungkin juga punya dan sudah mengendarainya selama beberapa tahun.

Namun, jikalau anda terpaksa harus mengendarai kendaraan beroda empat yang non-otomatis, bahkan sehabis bertahun-tahun tidak pernah melakukannya lagi, anda dapat segera mengingat kebiasaan usang dan melakukannya secara natural. Jadi, kebiasaan usang itu tidak akan pernah hilang.


Baca Juga: Cara Mengganti Domain Website Lama Ke Domain Baru

No comments:

Post a Comment