Sunday, December 9, 2018

Dehipnotis Diri Anda

Dengan tingkat yang berbeda-beda, semua orang itu telah terhipnotis, entah oleh ide-ide yang ia terima dari orang lain, ataupun oleh ide-ide yang telah ia yakinkan pada dirinya sendiri sebagai suatu kebenaran.

Sama mirip banyak sekali sugesti yang ditanamkan ke dalam pikiran orang yang sedang terhipnotis, ide-ide tersebut telah memperlihatkan imbas terhadap tingkah lakunya.

Selama bertahun-tahun, saya telah menghipnotis ratusan orang untuk memperlihatkan kekuatan dari sugesti dan imajinasi. Agar bisa menggambarkan maksud saya dengan lebih jelas, berikut saya jelaskan apa yang terjadi dikala seseorang terhipnotis.

Dibawah imbas hypnosis, saya menyampaikan pada seorang perempuan yang sehat dan normal bahwa ia tidak bisa mengangkat sebuah pensil yang saya letakkan diatas meja. Dan, anehnya, ternyata perempuan tersebut benar-benar tidak bisa melaksanakan agresi yang sederhana ini.

Dengan sekuat tenaga, ia berusaha mengangkat pensil tersebut, namun tetap tidak mampu. Disatu sisi, perempuan tersebut mencoba melaksanakan suatu agresi melalui perjuangan sukarela dan memakai otot-otot tubuhnya.

Namun disisi lain, sugesti bahwa "anda tidak bisa mengangkat pensil" menjadikan pikirannya percaya bahwa hal itu tidak mungkin.

Disini kita melihat sebuah kekuatan fisik telah dinetralkan oleh sebuah kekuatan mental. Ini yaitu teladan kasus dari kekuatan keinginan melawan imajinasi. Saat hal ini terjadi, imajinasi akan selalu menang!

Banyak orang yang menerka bahwa mereka bisa mengubah kehidupannya melalui keinginannya yang kuat. Itu tidak benar.

Ide-ide negatif di dalam imajinasinya menjadikan seseorang mengalahkan dirinya sendiri. Tidak peduli, seberapa pun kerasnya mereka berusaha, itu tidak akan ada gunanya.

Mereka telah mendapatkan sebuah kepercayaan yang salah, seperti itu yaitu sebuah fakta. Semua kemampuan, niat baik, perjuangan dan kemauannya, tidak akan banyak mempunyai kegunaan melawan kekuatan dari kepercayaan salah yang telah mereka terima sebagai suatu kebenaran.

Dengan cara yang sama, saya bisa segera pertanda bahwa tidak ada batasan terhadap apa yang bisa atau tidak dilakukan seseorang dikala ia berada dalam imbas hipnotis, alasannya yaitu kekuatan imajinasi itu tidak terbatas.

Bagi para pengamat, saya tampak mempunyai sebuah kekuatan magis yang menciptakan perempuan tersebut mau dan bisa melaksanakan banyak sekali hal yang biasanya tidak bisa atau tidak mau ia lakukan.

Tidak ada orang yang bisa dipaksa untuk dihipnotis alasannya yaitu setiap orang bekerja sama dalam proses penghipnotisan. Seorang hebat hipnotis hanyalah pemandu yang membantu subjeknya mempercepat phenomena tersebut.

Saya telah memperkenalkan demonstrasi sederhana dari hypnosis ini untuk menggambarkan sebuah prinsip psychologis, yang bisa menjadi sesuatu yang berharga bagi anda.

Prinsip yang sama ini semakin banyak dipakai dalam proses pendidikan modern dimana sebagai efeknya, dengan derma dari guru-guru yang ahli, para siswa benar-benar mendidik dirinya sendiri.

Bahkan yang lebih dramatis lagi terjadi dalam seni penyembuhan, dimana dengan panduan dari para praktisi penyembuhan yang hebat dan profesional, para pasien berhasil menyembuhkan dirinya sendiri.

Begitu seseorang percaya bahwa sesuatu itu benar, (entah itu memang benar ataupun tidak) maka ia akan bertindak seperti itu benar. Secara insting ia akan mencari dan mengumpulkan banyak sekali fakta untuk mendukung kepercayaan tersebut, tidak peduli betapapun kepercayaan tersebut mungkin salah.

Tidak akan ada orang yang bisa menyakinkan sebaliknya, kecuali dikala melalui pengalaman pribadi atau pendidikan, ia sudah siap untuk berubah. Karena itu, gampang untuk melihat bahwa, jikalau seseorang mendapatkan sesuatu yang tidak benar, semua agresi dan reaksinya akan di dasarkan pada kepercayaan tersebut.

Ini bukanlah sesuatu yang baru. Sejak jaman dahulu, umat insan telah berada dalam sejenis imbas hipnotis dimana mereka tidak menyadarinya, namun telah diketahui oleh para guru dan pemikir besar selama berabad-abad.

Orang-orang tersebut telah menyadari bahwa sebetulnya umat insan sendiri lah yang telah membatasi dirinya sendiri melalui “ketentuan yang salah,” dan mereka telah mencari cara untuk menyadarkan kita akan potensi yang kita miliki, untuk meraih kejayaan yang jauh diatas semua yang mungkin bisa kita bayangkan.

Karena itulah, sangat penting bagi anda untuk tidak berasumsi bahwa dikala ini anda telah menyadari kebenaran mengenai diri anda yang sebenarnya.

Dengan kata lain, anda jangan berasumsi bahwa kebenaran yang anda pegang dikala ini adalah, benar-benar suatu kebenaran yang nyata.

Sebaiknya, anda harus maju dengan pemikiran bahwa dikala ini anda telah dihipnotis oleh kepercayaan, konsep, dan nilai-nilai yang salah, yang telah menghambat anda untuk mengekspresikan semua potensi yang anda miliki.

Mungkin akan lebih bijak jikalau kita merasa bahwa pada dikala ini, saya dan anda, sebagian besar yaitu hasil dari apa yang telah diajarkan dan dikatakan kepada kita, dan apa yang telah kita ambil dan buang.

Rata-rata orang tidak pernah memanfaatkan potensinya yang tak terbatas, alasannya yaitu ia hidup dibawah perkiraan salah yang telah dianggapnya sebagai kebenaran.

Dia percaya begitu saja apa yang telah dikatakan oleh orang tuanya, apa yang diajarkan oleh gurunya, apa yang dibacanya, dan apa yang diajarkan oleh agamanya TANPA BENAR-BENAR MEMBUKTIKANNYA SENDIRI.

Secara membabi buta, jutaan orang telah mengikuti apa yang disebut sebagai orang "pintar" tanpa lebih dulu memastikan bahwa prinsip-prinsip dari para "ahli" ini didasarkan pada realitas dari kehidupan.

Kemudian mereka membatasi dirinya dengan berpegang pada konsep, nilai, dan kepercayaan-kepercayaan ini, bahkan ketika mereka sebetulnya sudah berkembang lebih maju dibanding para hebat tersebut.

Untungnya, sesuatu atau seseorang telah memicu minat anda untuk bergerak lebih maju dari level kesadaran anda dikala ini, yang menyertakan inovasi dan pengembangan dari rasa percaya diri.

Tugas pertama anda yaitu bangkit dari kondisi hipnotis yang dikala ini telah menghambat anda untuk menjadi seseorang yang anda cita-citakan.

Baca pernyataan berikut ini:

Seberapa terjaga anda akan bekerjasama pribadi dengan jumlah Kebenaran yang bisa anda terima mengenai diri sendiri.

Baca kalimat tersebut sekali lagi!

Kalimat tersebut yaitu kunci yang menentukan seberapa banyak anda akan bisa mengubah hidup anda. Dengan kata lain, "carilah Kebenaran dan Kebenaran tersebut akan membebaskan anda."

Banyak dari konsep-konsep yang dipresentasikan disini akan bertentangan dengan apa yang dikala ini anda percayai sebagai Kebenaran. Sebagian bahkan tampaknya "tidak masuk akal" atau tidak logis dan akan menantang sistem kepercayaan anda.

Anda bebas untuk menentukan apakah akan menyelidiki kebenarannya, atau menolaknya. Pilihannya terserah anda. Ini membawa kita pada apa yang telah dikatakan sebelumnya: hidup anda akan berubah sebanyak jumlah kebenaran yang bisa anda terima mengenai diri sendiri.

Jika anda benar-benar jujur ingin mengubah hidup dan meningkatkan rasa percaya diri, anda harus punya pikiran yang terbuka.

Saya tidak ingin atau berharap anda mendapatkan semua yang anda baca disini sebagai suatu kebenaran, hanya alasannya yaitu saya menyampaikan bahwa itu benar. Sebab, jikalau anda melakukannya, maka hanya sedikit yang bisa anda sanggup dari apa yang anda baca.

Untuk mendapat hasil maksimal, anda harus pertanda sendiri prinsip-prinsip tersebut. Sebab, keyakinan diri yang berasal dari pembuktian demi kepuasan diri, yang kemudian dianggap sebagai suatu kebenaran, yaitu pondasi untuk membangun pribadi yang dinamis dan percaya diri.

Untuk membangun sebuah bangunan gres yang "fungsional" di suatu daerah dimana ada sebuah bangunan usang yang "tidak berfungsi," pertama-tama anda harus menghancurkan bangunan lama.

Ini harus dilakukan dengan cara menghilangkan "kepastian-kepastian keliru," yang telah menghalangi anda dari mengekspresikan hasrat hidup yang memuaskan, berkelimpahan, dan tak terbatas.

Bagaimana Kepercayaan Memenjarakan Anda

Apa sebetulnya yang dimaksud dengan kepercayaan?

Yaitu semua gosip yang berada di alam sadar maupun bawah sadar, yang kita terima sebagai kebenaran.

Tapi sayangnya, kepercayaan kita seringkali memenjarakan kita, dan menolak keinginan kita untuk mengakses apa yang sebetulnya real. Sebuah filter dari konsep yang salah telah menutup saluran Kebenaran sehingga kita hanya melihat apa yang kita inginkan, dan menolak semua hal lain.

Kebenaran tidak akan pernah muncul pada mereka yang disebut “pengikut fanatik.” Yaitu mereka yang selalu mengutip "fakta-fakta." Mereka tidak mau mengakui semua yang berada di luar kepercayaannya dan melihat semua yang tidak disetujuinya sebagai sebuah ancaman.

Mereka menjalani hidup dengan memberi label "tidak baik" atau setidaknya "tidak bisa diterima," pada semua hal yang baru, berbeda, dan mencerahkan, dan semua yang lama, tradisional dan mengekang, sebagai sesuatu yang "baik."

Dia tidak bisa memahami bahwa Kebenaran itu (tidak peduli betapapun menyakitkannya) intinya selalu "baik," dan bahwa kebohongan itu (betapapun kita menyukainya) intinya akan selalu "buruk."

Untuk melindungi kepercayaannya, ia membangun tembok disekitar dunianya. Sebagian dari "pengikut fanatik" ini membangun tembok yang besar, dan sebagian lain membangun tembok yang kecil.

Namun, tidak peduli berapapun ukurannya, tembok tersebut tidak bisa menahan Kebenaran yang jumlahnya jauh lebih banyak dari yang bisa dipertahankannya.

Seorang “pengikut fanatik,” tidak punya pilihan untuk bisa mengubah pemikirannya. Ini membuatnya jadi bebal. Dia hanya bisa mengakui apa yang terbentang di dalam tembok yang ia bangun, dan itu mencegahnya untuk mengekplorasi Kebenaran tak terbatas, yang berada diluar tembok.

Apa yang tidak ia sadari yaitu bahwa Kebenaran itu akan selalu jauh lebih besar dibanding struktur apapun yang dibangun untuk menampungnya.

Kepercayaan dan keyakinan itu tidaklah sama dan dilarang disamakan. Tidak mirip kepercayaan, keyakinan itu tak terbatas. Keyakinan akan tahu bahwa akan selalu ada banyak hal yang perlu diungkap dan diketahui, dan setiap orang harus mencari untuk menemukan lebih banyak lagi Kebenaran.

Dengan keyakinan, semua hal itu mungkin. Orang yang fanatik menerka bahwa ia selalu tahu jawabannya. Sedangkan orang yang yakin, selalu sadar bahwa akan selalu ada banyak hal yang perlu dipelajari, mengenai dirinya, terus menerus mencari pencerahan.

Kita Dibatasi oleh "Kepastian Keliru"

Jika ingin melaksanakan perubahan yang mendasar dalam hidup, pertama-tama kita harus memahami sumber dari permasalahannya. Permasalahan ini terletak pada "kepastian keliru" yang kita miliki.

Kepastian keliru yaitu hal-hal yang kita yakini sebagai kebenaran, padahal fakta menyampaikan sebaliknya. Kekeliruan ini secara umum di dasarkan pada khayalan-khayalan yang menyimpang dari realitas dan mengarah pada penipuan diri.

Kita menginginkan hal-hal menjadi mirip apa yang kita inginkan, bukan mirip apa adanya. Kita memandang dunia, berdasarkan kepercayaan kita, yang membutakan kita dari apa yang real.

Kita hanya bisa mengubah dunia sebanyak kita bisa mengubah diri sendiri. Kita hanya bisa mengubah diri sendiri sebanyak kita menjadi sadar terhadap kepastian-kepastian keliru yang kita miliki.

Sebagian besar dilema kita muncul dari harapan-harapan yang tidak menjadi kenyataan. Sebagian besar kekecewaan kita berasal dari idealisme keliru perihal bagaimana dunia ini seharusnya, dan apa yang kita anggap "harus," atau "sebaiknya" kita lakukan atau miliki. Ini dikenal sebagai menolak realitas.

Emerson mengatakan, "Kita yaitu apa yang kita pikirkan sepanjang hari." Semua yang terjadi pada anda dikala ini di dalam dunia mental, fisik, emosional, dan spritual anda yaitu hasil dari apa yang sedang terjadi di dalam pikiran anda.

Atau lebih tepatnya:

Anda akan menerima, menghubungkan, atau menolak SEMUA yang ada di lingkungan mental dan fisik anda berdasarkan tingkat KESADARAN anda SAAT INI.

Tingkat kesadaran anda dikala ini ditentukan oleh pendidikan, lingkungan, kehidupan keluarga, pengalaman masa kecil, kesuksesan, kegagalan, dan kepercayaan religius.

Anda akan menemukan bahwa banyak dari hal-hal yang anda anggap benar, dalam realitasnya yaitu salah. Ini termasuk kepercayaan-kepercayaan yang menjadi pondasi dari apa yang anda asumsikan sebagai realitas.

Saat membaca goresan pena yang ada disini, anda akan menemukan bahwa semua yang anda terima, hubungkan atau tolak yaitu di dasarkan pada level kesadaran anda. Sayangnya, level kesadaran anda dikala ini mungkin salah atau menyimpang.

Tidak Ada Orang yang Suka untuk Mengubah Level Kesadarannya Saat Ini

Kita merasa sulit untuk mengubah level kesadaran kita dikala ini karena:

  1. Apa yang kita gambarkan dan imajinasikan di dalam pikiran yaitu di dasarkan pada apa yang dikala ini kita percayai sebagai Kebenaran, tidak peduli meski itu mungkin sangat salah atau menyimpang. Pikiran mengontrol agresi dan reaksi kita.
  2. Lebih gampang untuk mencari alasan, atau kita lebih suka menyebutnya, "alasan logis" mengapa kita tidak perlu, atau bahkan tidak mungkin, untuk berubah.
  3. Kita hanya mencari pengalaman-pengalaman yang mensupport nilai-nilai kita dikala ini dan menghindari, menolak, atau bahkan jikalau perlu, membuang jauh-jauh yang tidak sesuai dengan kepercayaan yang kita miliki.
  4. Kita telah membentuk dan memprogram ke alam bawah sadar dan sentra system syaraf kita, respon yang salah terhadap situasi kehidupan, yang menjadikan kita merespon dengan cara yang telah kita program. Dengan kata lain, kita merespon dengan cara yang telah kita kondisikan untuk MERASA dan BERTINDAK. "Sistem" ini yaitu buatan kita sendiri, jadi hanya kita yang bisa mengubah pola dasarnya.

Secara intelektual, kita mungkin baiklah bahwa banyak hal di dalam hidup kita yang seharusnya kita ubah. Namun kita hampir selalu merasa bahwa situasi kita berbeda dari orang lain. Ini menjadikan kita menghindari, menolak, dan jikalau perlu, membuang semua ilham yang mengancam kepercayaan kita.

Kita ambil teladan seorang alcoholic. Dari sudut pandang kehidupannya, tampaknya cukup masuk logika untuk meneruskan kebiasaan tersebut. Pecandu obat-obatan, orang yang hobi berjudi dan makan berlebih-lebihan, semuanya mencicipi hal yang sama mengenai kebiasaan mereka. Mereka merasionalkan tindakannya berdasarkan tingkat kesadarannya dikala itu, betapapun itu mungkin salah.

Penghalang utama untuk mengubah kesadaran kita yaitu bahwa kita menolak untuk mengakui bahwa "kepastian keliru" yang kita miliki telah menyimpangkan persepsi kita. Inilah mengapa penting, dari waktu ke waktu, untuk menantang kepercayaan kita biar kita bisa melihat apakah kita beroperasi dari sudut pandang yang salah.

Kepercayaan dari seseorang yang berkepribadian sehat dan normal, selalu berada dalam proses reorganisasi. Sedangkan orang yang kepribadiannya terganggu selalu berpegang teguh pada kepercayaan-kepercayaannya, walaupun itu mungkin salah dan menyimpang.

Biasanya, satu-satunya cara orang yang kepribadiannya terganggu akan berubah yaitu dikala sebuah krisis besar memaksanya untuk mengubah pola kebiasaannya yang merusak diri.

Jika pikiran anda telah diprogram atau dikondisikan untuk mendapatkan konsep dan nilai-nilai yang keliru dan menyimpang, maka anda akan menyebarkan sebuah gaya hidup yang sesuai dengan konsep dan nilai-nilai tersebut. Anda akan berasumsi bahwa sesuatu itu benar, meski itu sebetulnya salah.

Kemudian melaksanakan pencarian untuk pertanda bahwa anda benar, anda akan mengumpulkan dan menciptakan fakta-fakta menjadi cocok. Anda menjadi mirip se-ekor anjing yang mengejar ekornya. Satu kepercayaan yang salah akan mengarah pada kepercayaan yang lain, hingga anda tidak bisa lagi berfungsi secara rasional.

Prioritas Utama Anda

Prioritas utama anda dalam hidup yaitu menyebarkan kesadaran anda. Dengan menyebarkan kesadaran, anda akan membuang "kepastian-kepastian keliru" yang telah menghambat anda untuk menjadi orang yang percaya diri, mirip yang anda inginkan. Anda melakukannya dengan cara:

  1. Berhenti untuk mempertahankan secara otomatis dan sewenang-wenang, sudut pandang personal anda mengenai apa yang "salah" dan "benar." Dengan mempertahankannya akan menciptakan anda tetap berada dalam ketidak-tahuan alasannya yaitu menghalangi anda untuk mendapatkan ide-ide baru.
  2. Teliti kembali konsep, nilai, kepercayaan, idealisme, asumsi, pertahanan, serangan, target, harapan, dan keinginan-keinginan anda.
  3. Atur kembali dan pahami banyak sekali kebutuhan dan motivasi anda yang sebenarnya.
  4. Belajar untuk mempercayai intuisi atau kata hati anda.
  5. Amati kesalahan-kesalahan anda dan cobalah untuk memperbaikinya; menjadi sadar disana terdapat pelajaran-pelajaran paling berharga yang akan pernah anda pelajari.
  6. Cintai diri anda dan orang lain.
  7. Belajarlah untuk mendengar tanpa lebih dulu menghakimi dan secara otomatis menganggap, "Ini baik;" "Itu tidak baik." Latih diri anda untuk mendengar pada APA yang sedang disampaikan tanpa harus mempercayainya.
  8. Perhatikan apa yang paling sering anda pertahankan.
  9. Sadari bahwa kesadaran gres anda akan memperlihatkan anda sarana dan motivasi untuk berkembang menjadi lebih baik.

Mulailah untuk bertanya pada diri sendiri, "Apakah kepercayaan-kepercayaan ku rasional?" "Apa saya mungkin salah?"

Jika orang lain mempertahankan kepercayaan anda, maka anda akan bisa untuk menjadi sangat objektif. Anda akan, tanpa ragu, mengungkapkan fakta-fakta mengapa kepercayaan-kepercayaan itu mungkin saja salah. Pelajari untuk memandang kepercayaan anda dengan cara ini.

Pertanyakan SEMUANYA dan buat kesimpulan anda sendiri hanya sesudah anda mempertimbangkan semua kemungkinannya.

Mengapa Anda Bisa Berubah

Titik awal dari semua perubahan yaitu dikala kita mengubah KEPERCAYAAN DOMINAN yang telah membatasi kesadaran kita. Hal ini mungkin untuk dilakukan alasannya yaitu kita sendirilah yang menciptakan dunia kita.

Perubahan itu dilakukan melalui pikiran bawah sadar dan imajinasi kita. Seperti yang dikatakan oleh Professor James, perubahan itu dimulai dengan mengubah aspek-aspek terdalam dari pemikiran kita. Kita tahu, dari pengalaman, bahwa perubahan diluar akan terjadi sesudah kita mengubah dari dalam.

Dengan mengubah PEMIKIRAN ATAU KEPERCAYAAN DOMINAN, kita mengubah kesadaran di dalam dan balasannya mengubah kondisi luar kita.

Dalam dongeng Alice Through The Looking Glass, Alice mempunyai sebuah masalah. Sebelum ia bisa memahami dunianya yang baru, ia harus mendapatkan kenyataan-kenyataan gres mengenai banyak sekali hal yang usang sudah ia ketahui. Dia harus menciptakan pembiasaan terhadap dunianya yang baru.

Jika anda ingat dongeng tersebut, ia bertemu dengan kartu remi. Dia mengamati bahwa kartu tersebut punya dua sisi. Jika ia ingin benar-benar mengenal orang tersebut secara keseluruhan, ia harus melihat kedua sisi dari kartu tersebut.

Dengan kata lain, ia harus mendapat GAMBARAN TOTAL. Dengan cara inilah kita harus menjalani kehidupan.

Sebelum kita bisa mengubah kehidupan menjadi lebih positif, kita harus menantang semua yang tidak efektif dalam hidup kita. Ini mengijinkan kita untuk mulai membangun jembatan yang menghubungkan antara diri kita dikala ini dan dimana kita ingin berada nantinya, serta dari apa yang dikala ini kita cita-citakan.

Sampai dikala ini, dilema terbesar anda yaitu ketidak-tahuan anda mengenai siapa dari anda dikala ini dan siapa orang yang anda cita-citakan. Citra diri yang keliru telah menghambat anda untuk memanfaatkan potensi anda yang tak terbatas.

Anda menyerupai burung di dalam sangkar, yang tidak tahu seberapa luas dunia diluar. "Kepastian keliru" yang anda miliki telah mencegah anda untuk merealisasikan seberapa berharga, mampu, dan uniknya anda.


Baca Juga: Cara Menghapus No Verifikasi HP Garena

No comments:

Post a Comment