Monday, December 10, 2018

Keampuhan Karisma

Karisma di definisikan, "daya tarik kepemimpinan yang membangkitkan loyalitas atau antusiasme khusus pada seorang tokoh masyarakat."

Karisma juga yaitu kualitas khusus dari daya tarik yang dimiliki dan dipakai oleh setiap orang.
Anda mempunyai karisma khusus bagi orang yang menghargai, menghormati, dan mengagumi anda (anggota keluarga, sobat dan rekan kerja.)

Kapanpun dan dimanapun seseorang mencicipi emosi positif pada orang lain, berarti beliau telah menganugrahi orang tersebut dengan karisma, atau daya tarik.

Karisma dan Aura

Dalam perjuangan menjelaskan karisma, sebagian orang menyebutnya "aura." Aura yaitu cahaya yang tidak bisa dilihat oleh sebagian besar orang (bukan semua orang) yang memancar keluar dari seseorang, dan menghipnotis orang disekitarnya dalam cara yang positif atau negatif.

Halo disekitar kepala orang suci atau gaib menyerupai yang ada dalam banyak sekali lukisan, yaitu perjuangan sang seniman untuk menggambarkan cahaya yang terlihat di sekitar kepala orang-orang suci ini, dikala mereka sedang berbicara atau berdoa, atau berada dalam kondisi emosional yang intens.

Anda juga mempunyai aura disekitar anda yang tidak bisa dilihat oleh sebagian besar orang, tapi cahaya itu tetap ada disana. Aura ini menghipnotis cara orang bereaksi dan merespon anda, entah secara positif atau negatif.

Ada banyak yang bisa anda lakukan dan alasan yang manis untuk mengontrol aura ini, membuatnya semoga memperlihatkan manfaat bagi anda.

Jika anda dibidang penjualan, aura ini, yang merefleksikan tingkat karisma anda, berdampak besar terhadap cara prospek atau konsumen memperlakukan dan berhadapan dengan anda.

Para penjual yang ulung itu tampaknya jauh lebih sukses dibanding penjual rata-rata dikala bergaul dengan konsumennya. Mereka selalu disambut dengan lebih terbuka, positif dan lebih dipercaya dibanding orang lain.

Mereka menjual lebih banyak dan mudah. Penghasilan dan kehidupan mereka jauh lebih besar dan lebih baik. Dalam pekerjaannya, para penjual yang karismatik itu lebih sering mendapatkan kesenangan dibanding stress dan penolakan.

Para penjual yang karismatik itu hampir selalu menjadi yang terbaik dibidangnya dan menikmati semua reward yang menyertai tingkat penjualan yang unggul.

Jika anda bergerak dalam bisnis, tingkat karisma anda akan sangat membantu dikala bekerja sama dengan para staff, supplier, banker, konsumen, dan semua orang yang menghipnotis kesuksesan anda.

Secara natural, orang tampaknya tertarik ke arah mereka yang mempunyai karisma. Mereka ingin membantu dan mensupportnya. Saat anda mempunyai karisma, orang-orang akan membuka pintunya untuk anda, dan memperlihatkan anda banyak sekali peluang yang sebelumnya tidak tersedia untuk anda.

Dalam relasi pribadi, kualitas dari karima anda bisa membuat kehidupan anda jauh lebih nikmat dan membahagiakan. Secara natural orang-orang akan ingin berada disekitar anda.

Anggota keluarga dan teman-teman anda akan jauh lebih senang dikala ditemani anda, dan anda akan mempunyai dampak yang lebih besar pada mereka, sehingga mereka merasa lebih baik mengenai diri mereka, dan melaksanakan dengan lebih baik hal-hal penting bagi kehidupan mereka.

Ada relasi yang bersahabat antara karisma seseorang dengan kesuksesannya dalam hidup. Diperkirakan, 85% dari kesuksesan dan kebahagiaan anda itu akan berasal dari relasi dan interaksi anda dengan orang lain.

Semakin positif respon orang lain terhadap anda, semakin gampang bagi anda untuk mendapatkan apa yang anda inginkan.

Karisma dan Law of Attraction

Pada intinya, dikala kita mendiskusikan karisma, kita sedang membicarakan Law of Attraction. Selama berabad-abad, aturan ini telah dinyatakan dengan banyak sekali cara.

Tapi pada dasarnya, aturan ini menyampaikan bahwa anda niscaya akan menarik kedalam hidup anda, orang-orang dan situasi yang sesuai dengan anutan anda yang paling dominan.

Menurut aturan ini, anda itu sebetulnya yaitu magnet hidup, yang memancarkan gelombang anutan secara konstan, menyerupai mirip stasiun radio yang memancarkan gelombang suara, yang ditangkap oleh orang-orang.

Semua anutan anda, akan diperkuat oleh perasaan anda, sama menyerupai gelombang radio yang diperkuat oleh getaran listrik, memancar keluar dari dalam diri anda kemudian ditangkap oleh orang yang mempunyai pancaran gelombang sama.

Kemudian anda menarik ke dalam hidup anda, orang-orang, ide-ide, situasi, peluang, sumberdaya dan semua hal lain yang sesuai dengan pola anutan anda yang paling dominan.

Law of Attraction juga menjelaskan bagaimana anda bisa meningkatkan karisma, sehingga anda bisa mempunyai dampak yang lebih besar dan positif para orang-orang yang bekerjasama, mendukung dan menyukai hasrat anda.

Hal kritis yang perlu diingat mengenai karisma yaitu bahwa itu sangat ditentukan oleh persepsi. Karisma itu didasari oleh apa yang dipikirkan orang mengenai anda. Apa yang dilihat orang pada diri anda itu tidak selalu ditentukan oleh realitas.

Contoh, seseorang bisa membuat karisma pada diri orang lain, yaitu dengan menceritakan keunggulan orang itu kepada pihak ketiga. Jika anda percaya bahwa anda akan bertemu dengan orang yang luar biasa dan penting, maka orang itu cenderung akan mempunyai karisma bagi anda.

Saat ini, Bunda Teresa dari Calcutta, yaitu salah seorang paling karismatik di dunia. Secara fisik, beliau yaitu seorang perempuan bau tanah yang lemah, pendiam, sakit-sakitan, dan biasanya mengenakan pakaian yang sangat sederhana.

Dia mungkin akan diabaikan oleh orang yang berpapasan dengannya dijalan, alasannya yaitu memang bukan penampilan yang membuatnya sangat karismatik. Tapi faktanya, penampilannya yang khas itu malah membuatnya menjadi sangat dikenal.

Jika seseorang mengatakan, beliau akan mengenalkan anda dengan seorang milyuner brillian yang sangat pendiam dan tidak suka memamerkan kesuksesannya, maka secara natural anda niscaya akan menganugerahi orang tersebut dengan karisma.

Dan dalam keberadaannya, anda tidak akan bertingkah sama menyerupai jikalau anda sama sekali tidak diberi tahu. Tentu, karisma yang abadi itu akan lebih ditentukan oleh siapa diri anda sebenarnya, dibanding hal-hal yang anda lakukan.

10 Kekuatan yang Membentuk Karisma

Meski begitu, anda bisa membentuk persepsi karisma, yaitu dengan memanfaatkan 10 jenis kekuatan, yang akan berdampak besar pada cara orang memikirkan dan merasa mengenai anda.

1. Kekuatan Tujuan

Kekuatan pertama yaitu tujuan. Orang yang karismatik dan mempunyai daya tarik itu punya visi yang terang mengenai siapa, apa tujuan, dan yang ingin mereka capai.

Para pemimpin dibidang penjualan dan administrasi itu punya visi mengenai apa yang ingin mereka ciptakan, dan alasan yang besar lengan berkuasa mengapa mereka melaksanakan apa yang mereka lakukan. Mereka fokus pada tercapainya tujuan yang besar.

Mereka punya ketegasan mengenai semua aspek dalam kehidupannya. Mereka tahu benar apa yang diinginkan dan cara mendapatkannya. Mereka merencanakan pekerjaannya, dan mengerjakan rencananya.

Dilebih dari 3.300 penelitian, disetiap buku dan artikel yang pernah ditulis mengenai kepemimpinan, kualitas misi atau visi, yaitu salah satu dari sedikit kualitas yang selalu dipakai untuk membuktikan para pemimpin.

Anda bisa meningkatkan karisma dan daya tarik dari kepribadian anda dengan cara menetapkan sasaran yang terang untuk diri sendiri, menyusun planning pencapaiannya, dan menjalankan planning anda dengan disiplin dan tekad setiap hari.

Seluruh dunia tampaknya akan bergerak mengikuti orang yang tahu benar kemana beliau akan menuju. Bahkan, semakin terang tujuan dan sasaran anda, semakin besar kemungkinan orang akan memperlihatkan attribut positif lainnya pada anda.

Mereka akan memandang, atau menganggap anda sebagai orang yang lebih baik dan lebih dikagumi. Dan dikala mempunyai sasaran yang jelas, anda mulai menarik orang-orang dan peluang yang diharapkan untuk mewujudkan sasaran tersebut.

2. Kekuatan Keyakinan Diri

Kekuatan kedua yaitu keyakinan diri. Orang yang karismatik itu sangat percaya pada diri sendiri dan pada apa yang mereka lakukan. Mereka biasanya tenang, cool dan yakin mengenai diri dan pekerjaannya.
Level keyakinan diri anda itu seringkali ditunjukkan dalam bentuk keberanian dan kemauan untuk melaksanakan apapun yang diperlukan, semoga tujuan tercapai.

Secara natural, orang tertarik pada mereka yang memancarkan rasa keyakinan diri, mereka yang punya kepercayaan diri yang mantap dalam mengatasi semua kesulitan yang dihadapi dikala berusaha mencapai target.

Salah satu cara untuk memperlihatkan keyakinan diri anda yaitu dengan berasumsi bahwa orang akan selalu menyukai, mendapatkan dan ingin berbisnis dengan anda.

Sebagai contoh, salah satu cara yang paling ampuh untuk menutup penjualan, yaitu dengan berasumsi bahwa prospek sudah menetapkan untuk membeli. Salah satu cara untuk sukses dalam relasi yaitu dengan berasumsi bahwa orang akan senang ditemani dan ingin berada di bersahabat anda.

Dengan bertindak dalam perilaku yang yakin pada diri sendiri, akan menghasilkan langsung yang karimatik dimata orang lain.

3. Kekuatan Antusiasme

Kekuatan ketiga yaitu antusiasme. Semakin berangasan anda mengenai pencapaian sesuatu yang penting, semakin berangasan pula orang lain untuk membantu anda mencapainya. Sebab, emosi itu menular.
Semakin besar hasrat anda pada kehidupan dan kegiatan anda, semakin besar pula karisma yang akan anda miliki, dan semakin kooperatif orang lain terhadap anda.

Secara total, orang-orang hebat itu berkomitmen pada perbuatan yang mulia, dan sebagai hasilnya, menarik dukungan dan dorongan dari orang lain (dalam banyak kasus, ribuan atau jutaan orang.)

4. Kekuatan Keahlian

Kekuatan keempat yaitu keahlian atau kompetensi. Semakin anda dianggap hebat dibidang anda, semakin besar karisma anda diantara orang-orang yang menghormati dan mengagumi keahlian tersebut.

Ini juga termasuk keunggulan, yaitu menjadi dikenal sebagai orang yang unggul dibidang anda. Orang yang melaksanakan pekerjaannya dengan sangat baik dan dikenali alasannya yaitu kualitas pekerjaannya itu, yaitu yang secara natural menarik santunan dan support dari orang lain. Mereka mempunyai karisma.

5. Kekuatan Persiapan

Kekuatan kelima yang bisa meningkatkan anda karisma yaitu melalui persiapan yang mendetil, setiap kali akan melaksanakan kiprah yang sangat penting.

Entah anda menelpon prospek, melaksanakan meeting dengan si boss, berpidato, atau melaksanakan presentasi, dikala anda mempersiapkan diri dengan baik, itu akan tampak terang dimata orang lain.

Banyak orang muda yang karirnya melejit sebagai hasil dari mengikuti meeting penting sesudah mereka mengerjakan semua PR-nya.

Entah itu akan butuh waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari, jikalau anda akan melaksanakan suatu meeting atau interaksi yang penting, sediakan waktu yang cukup untuk menguasai subjek anda. Persiapkan diri dengan sangat baik, sehingga tidak ada lagi yang bisa mengacaukan anda.

Pikirkan dan pertimbangkan semua kemungkinan. Seringkali, dengan berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin, itu akan lebih menghasilkan rasa hormat dari orang lain, dibanding hal-hal lain yang bisa anda lakukan.

Ingat bahwa kekuatan itu selalu berada disisi orang yang paling siap. Semuanya diperhitungkan. Jangan abaikan apapun. Saat anda melaksanakan sesuatu yang berafiliasi dengan pekerjaan atau karir, sediakan waktu untuk melakukannya dengan benar, semenjak awal.

6. Kekuatan Tanggung Jawab

Kekuatan keenam yaitu keyakinan diri atau tanggung jawab diri. Orang-orang tersukses itu sangat percaya diri. Mereka mengandalkan diri sendiri dalam mencari balasan atas banyak sekali pertanyaan dan masalah.

Mereka tidak suka mengeluh, dan mencari-cari alasan. Mereka bertanggung jawab penuh atas banyak sekali project. Mereka menjadi relawan untuk penugasan dan bertanggung jawab dikala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu sisi yang mengagumkan dari sifat insan itu yaitu bahwa, dikala anda bertindak dengan sangat percaya diri, maka seringkali orang lain akan sigap untuk membantu anda mencapai target.

Tapi sebaliknya, jikalau anda tampak menyerupai orang yang butuh santunan dan support, maka orang akan menghindar atau mencari cara semoga tidak terlibat dengan anda.

Salah satu kualitas paling dikagumi dari para pemimpin, yang membuatnya tampak karismatik itu yaitu kemampuan untuk melangkah maju dan mengambil komando. Seorang pemimpin bertanggung jawab penuh dalam menuntaskan tugas, tanpa mencari alasan dan menyalahkan orang lain.

Saat percaya diri anda total, anda akan merasa sangat bisa mengendalikan dan menguasai diri, sehingga itu akan meningkatkan kebahagiaan dan karisma anda.

7. Kekuatan Citra atau Image

Kekuatan yang ketujuh yaitu citra, baik interpersonal maupun intrapersonal. Citra interpersonal atau gambaran diri, yaitu cara anda memandang dan memikirkan wacana diri sendiri dalam setiap situasi.

Citra diri ini berdampak besar terhadap kinerja anda dan cara orang lain memandang dan memikirkan wacana anda, juga berperan penting bagi karisma anda.

Jenis gambaran yang lainnya yaitu interpersonal. Ini yaitu gambaran atau penampilan yang anda tunjukkan pada orang lain. Cara anda terlihat diluar berdampak besar terhadap cara orang memperlakukan dan merespon anda.

Orang-orang sukses itu sangat teliti mengenai cara orang lain akan menilai mereka. Mereka memikirkan semua aspek dari penampilan, untuk memastikan bahwa itu bisa membantu, bukannya malah merugikan mereka.

Ingat, semuanya diperhitungkan. Jika salah satu unsur dari gambaran diri anda tidak meningkatkan karisma dan rasa hormat orang lain terhadap anda, itu mengurangi karima dan rasa hormat anda. Tidak ada yang netral. Semuanya diperhitungkan.

3 faktor utama dari penampilan yaitu pakaian, gaya, dan assesories. Pilih pakaian dengan seksama. Sebelum menghadiri meeting penting, berkacalah dan tanyakan pada diri, "Apakah saya terlihat menyerupai salah seorang terbaik dibidang ku?"

Coba perhatikan orang-orang tersukses dibidang yang sama dengan anda. Apa yang mereka kenakan? Bagaimana mereka berpakaian? Bagaimana gaya rambut mereka? Jenis assesories apa yang mereka kenakan?

Tirukan para pemenang dan orang-orang yang sudah punya daya tarik dan karisma. Jika anda melaksanakan apa yang mereka lakukan, secara berulang-ulang, maka pada kesannya anda akan menerima hasil yang sama menyerupai mereka.

8. Kekuatan Karakter

Kekuatan kedelapan yaitu huruf atau integritas. Orang-orang yang mempunyai jenis karisma yang bisa membangkitkan rasa antusiasme dan dukungan dari orang lain itu, yaitu mereka yang mempunyai banyak sekali nilai dan prinsip yang luhur.

Mereka sangat realistis dan jujur pada diri sendiri dan orang lain. Mereka mempunyai idealisme yang sangat jelas, dan terus terispirasi untuk hidup berdasarkan idealisme tertinggi yang mereka miliki.

Mereka membicarakan hal-hal baik dari diri orang lain, dan menjaga kata-katanya, alasannya yaitu tahu bahwa semua yang mereka katakan akan diingat dan direkam.

Mereka sadar bahwa semuanya berkontribusi terhadap pembentukan persepsi orang lain. Semua mengenai huruf mereka akan menambah atau mengurangi level karismanya.

Saat anda mempelajari orang-orang terpenting dalam sejarah, maka anda akan tahu bahwa orang-orang tersebut punya harapan yang tinggi, dan punya nilai-nilai luhur untuk dirinya, serta harapan yang tinggi dari orang lain.

Saat anda membuat keputusan untuk bertindak konsisten dengan prinsip-prinsip tertinggi yang anda tahu, karisma anda mulai meningkatkan. Anda mulai menjadi jenis orang yang dikagumi dan dihormati orang lain untuk dicontoh.

Anda mulai menarik ke dalam hidup anda, santunan dan support serta dorongan dari jenis orang yang anda kagumi. Anda akan mengaktifkan Law of Attraction.

9. Kekuatan Disiplin Diri

Kekuatan kesembilan yaitu disiplin atau pendendalian diri. Orang yang karismatik itu sangat terkontrol. Sikap mereka sangat damai dan mantap. Mereka sangat teratur, dan memperlihatkan semangat serta tekad dalam semua yang dilakukan.

Dengan menjadi orang yang sangat teratur, punya tujuan dan prioritas yang jelas, akan memperlihatkan anda rasa disiplin dan pengendalian diri. Itu membuat orang mengagumi dan menghormati anda. Saat anda tetap mendisiplinkan diri dalam menghadapi setiap kesulitan, level karisma anda meningkat.

Orang-orang yang mencapai posisi kepemimpinan, yang dianggap mempunyai karisma, yaitu mereka yang mempunyai kegigihan dan ketekunan. Semakin tekun anda dalam menghadapi rintangan, semakin besar lengan berkuasa disiplin diri dan kemantapan yang anda tanamkan, semakin karismatik anda.

10. Kekuatan Berorientasi Hasil

Kekuatan kesepuluh, yang mendari semua kekuatan lain, yaitu berorientasi hasil. Orang-orang akan menganugrahi karisma pada orang yang mereka anggap paling bisa membantu mereka mencapai sasaran atau tujuan.

Kita membentuk persepsi yang positif terhadap orang yang bisa kita andalkan untuk membantu kita mencapai sesuatu yang penting. Orang yang berprestasi tinggi, akan mendapatkan karisma dari rekan-rekannya. Mereka dibicarakan dalam cara yang paling positif.

Orang-orang yang bertanggung jawab atas suatu perusahaan, yang mencapai laba yang tinggi, juga berbagi karisma. Mereka berbagi apa yang disebut "efek halo."

Mereka dianggap luar biasa dan bisa melaksanakan hal-hal hebat. Kekurangan mereka seringkali diabaikan, sementara kelebihan mereka dibesar-besarkan. Sehingga mereka tampak karismatik.

Bagaimana Cara Membentuk Karisma Anda?

Karisma itu sebetulnya berasal dari memperbaiki diri. Itu berasal dari menyukai dan mendapatkan diri sendiri tanpa syarat dikala anda mulai berusaha membentuk kepribadian yang karismatik.

Saat anda menetapkan sasaran yang terang dan bertekad serta bersungguh-sungguh, menyokong sasaran tersebut dengan keyakinan diri yang tak tergoyahkan, berarti anda berbagi karisma.

Saat anda merasa antusias dan berangasan mengenai apa yang anda lakukan, dikala anda berkomitmen penuh untuk mencapai sesuatu yang berharga, berarti anda menebarkan karisma.

Saat anda menyediakan waktu untuk berguru dan menjadi hebat dibidang anda, kemudian mempersiapkan diri meraih setiap peluang untuk memanfaatkan pengetahuan, skill, atau pengalaman, maka persepsi orang lain terhadap anda akan meningkat.

Saat anda mendapatkan dan bertanggung jawab penuh, tanpa mencari-cari alasan atau menyalahkan orang lain, maka anda akan mengalami rasa pengendalian diri yang mengarahkan anda pada kekuatan diri, yang menjadi pondasi karisma.

Saat anda terlihat menyerupai seorang pemenang dalam semua aspek, dikala anda mempunyai gambaran eksternal yang dikagumi orang lain, berarti anda membangun karisma anda.

Saat anda berbagi huruf dengan menetapkan standard yang tinggi, kemudian mendisiplinkan diri untuk hidup konsisten dengan prinsip-prinsip tertinggi yang anda tahu, maka anda akan menjadi jenis orang yang dikagumi dan dihormati oleh siapapun. Anda menjadi orang yang memancarkan karisma.

Terakhir, dikala anda memfokuskan energi untuk mencapai hasil yang membuat anda dibayar untuk mencapainya, hasil yang diharapkan oleh orang lain dari anda, berarti anda berbagi reputasi untuk kinerja dan pencapaian, yang nantinya niscaya akan mengarah pada persepsi karisma.

Anda bisa berbagi jenis karisma yang membuka banyak sekali pintu untuk anda dengan terus berusaha memperbaiki diri, secara konsisten dan tekun, serta menjadi jenis orang yang bisa dikagumi semua orang. Itulah karisma yang sebenarnya.

Baca Juga: Cara Install VPSSIM Beserta Optimasinya

No comments:

Post a Comment