Monday, December 10, 2018

Membiasakan Diri Berorientasi Keunggulan

Salah satu kebiasaan berpikir yang ditanamkan oleh orang-orang yang optimis itu yaitu kebiasaan untuk "berorientasi keunggulan."

Faktanya yaitu bahwa, untuk mencapai sesuatu yang belum pernah anda capai sebelumnya, anda harus berbagi dan menguasai lebih banyak lagi skill dibanding sebelumnya.

Menurut Hukum Kesesuaian, dunia luar anda akan selalu menjadi cermin dari dunia di dalam diri anda. Itu berarti, kalau anda ingin mengubah sesuatu pada dunia diluar diri anda, atau mencapai sasaran yang belum pernah anda capai sebelumnya, anda harus lebih dulu mengubah dunia di dalam diri anda.

Dan hampir bisa dipastikan bahwa itu akan mengharuskan anda untuk mencari skill atau beberapa skill baru. Berikut ini kabar baiknya. Skill itu sama ibarat kebiasaan, artinya beliau bisa dipelajari. Anda bisa berguru skill apapun yang diharapkan untuk mencapai sasaran apapun yang telah ditetapkan.

Jika ada orang disekitar anda yang telah mempunyai skill kunci yang membuatnya bisa menjadi lebih sukses, berarti itu yaitu sebuah bukti bahwa anda juga bisa mempelajari dan menguasai skill ini. Itu cuma persoalan latihan dan perulangan.

Identifikasi Skill-skill yang Menjadi Kunci

Berorientasi keunggulan mengharuskan anda untuk menciptakan daftar banyak sekali skill kunci yang penting bagi kesuksesan dibidang anda.

Biasanya, ada sekitar 5-7 skill, atau bidang hasil yang menjadi kunci, yang akan sangat memilih kesuksesan seseorang dalam bidang perjuangan apapun. Jadi, kiprah pertama anda yaitu mengidentifikasi skill-skill kunci ini dan menuliskannya.

Berikut ini sebuah inovasi yang menarik. Anda telah mencapai kesuksesan dibidang anda ketika ini, yaitu berkat kemampuan dan talenta penting yang anda miliki dibidang tertentu.

Tapi disaat yang sama, anda terhalang oleh kelemahan dibidang lain. Peraturannya yaitu bahwa kelemahan anda pada skill-skill kunci akan memilih seberapa tinggi hasil anda, dan penghasilan anda.

Dengan kata lain, anda bisa menjadi unggul dalam 6 atau 7 skill kunci, tapi kelemahan anda di ke 7 bidang ini akan memilih hasil keseluruhan dan reward yang anda terima dalam bidang atau pekerjaan tersebut.

Karenanya, tanyakan pada diri sendiri, "Satu skill apa yang kalau saya kuasai dan lakukan dengan tepat secara konsisten, akan memberi efek paling nyata bagi karir ku?"

Ini yaitu salah satu pertanyaan terpenting yang harus selalu anda tanyakan dan jawab sepanjang karir. Anda harus membiasakan diri untuk selalu mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan anda pada skill-skill yang menjadi kunci.

Meningkatkan kemampuan anda di satu bidang ini biasanya akan menunjukkan efek terbesar dan tercepat dalam hasil anda, dibanding semua hal lain yang bisa anda lakukan.

Jika anda tidak tahu balasan dari pertanyaan ini (dan orang umumnya tidak tahu), tanyakan pada boss atau rekan kerja anda, "Satu skill apa yang kalau saya kuasai dan lakukan dengan tepat akan sangat membantu dalam pekerjaan ku?"

Mengambil Langkah

Jika ada sekelompok anak pergi berjalan-jalan, anak mana yang memilih kecepatan langkah dari seluruh kelompok? Yap, betul, anak yang paling lambat.

"Anak yang paling lambat" anda yaitu skill kunci anda yang terlemah. Dia memilih kecepatan anda untuk bergerak maju di dalam karir, dan memilih ketinggian prestasi yang bisa anda raih.

Dan berikut ini point penting lainnya. Hampir bisa dipastikan bahwa anda mempunyai kelemahan dibidang tertentu yang tidak anda sukai atau nikmati. Tapi penyebab kenapa anda tidak menyukai atau menikmati bidang ini yaitu alasannya anda belum menguasainya.

Begitu ada menuliskan, menyusun rencana, dan berbagi keunggulan dibidang tertentu, maka akan menyukai dan menikmatinya untuk sepanjang karir anda. Faktanya yaitu bahwa mengkin saja anda hanya berjarak satu skill dari melipat gandakan produktivitas dan penghasilan anda.

Penguasaan terhadap satu skill yang menjadi kelemahan anda, mungkin saja akan menciptakan anda bisa memanfaatkan banyak sekali skill lain ke tingkat yang lebih tinggi, dan mencapai yang jauh lebih banyak dari yang mungkin pernah anda bayangkan. Kira-kira, skill yang manakah itu?

Putuskan hari ini juga, untuk menanamkan kebiasaan berorientasi keunggulan. Tekadkan untuk bergabung dengan top 10% dari orang-orang yang berada dibidang anda. Cari tahu apa yang harus anda lakukan, dan berapa banyak anda harus menghasilkan supaya bisa berada di top 10%.

Jadikan itu sebagai target. Susun sebuah rencana, untuk berbagi banyak sekali skill penting yang anda perlukan, kemudian kerjakan planning tersebut setiap hari. Maka dalam waktu singkat, anda akan kagum dengan betapa cepatnya kehidupan anda akan berubah jadi lebih baik.


Baca Juga: Cara Install GUI Desktop LXDE dan VNC server di VPS Ubuntu dengan RAM Kecil

No comments:

Post a Comment