Monday, December 10, 2018

Raihlah Kehidupan Yang Lebih Seimbang

Menurut psycholog Sidney Jourard, 85 persen dari kebahagiaan anda dalam hidup itu berasal dari relasi personal.

Interaksi dan waktu yang anda habiskan dengan orang-orang yang anda pedulikan, akan menjadi sumber utama dari kesenangan, kenikmatan, dan kepuasan yang anda sanggup setiap hari.

Sedangkan sisanya, yaitu sebanyak 15 persen dari kebahagaian anda, akan berasal dari pencapaian anda.

Sayangnya, banyak orang yang kehilangan pandangan mengenai apa yang bahwasanya penting itu, dan mereka membiarkan ekor menipu sang anjing.

Mereka mengorbankan hubungannya, yaitu sumber utama dari kebahagiaannya, untuk mencapai posisi yang lebih tinggi dalam karirnya.

Padahal karir seseorang, paling-paling, hanya bisa menjadi sumber minoritas (dan bersifat temporer) bagi kebahagiaan dan kepuasan yang di inginkan semua orang.

Tidak ada tanggapan yang tepat untuk pertanyaan kunci mengenai bagaimana cara mencapai keseimbangan dalam hidup.

Namun, ada beberapa inspirasi yang bisa membantu anda untuk menjadi dan mempunyai serta melaksanakan yang lebih, dalam bidang-bidang yang penting bagi anda.

Ide-ide tersebut seringkali mengharuskan pengubahan dan modifikasi dalam cara anda berpikir dan memanfaatkan waktu, tapi mengingat imbalannya, itu layak untuk diperjuangkan.

Anda akan menemukan bahwa dengan melaksanakan sedikit perubahan, anda bisa membuat kehidupan yang lebih memuaskan secara keseluruhan, baik dalam kualitas maupun kuantitas. Dan ini harus menjadi tujuan utama anda.

Orang Yunani kuno punya dua pepatah yang populer: "Manusia, mengenal dirinya" dan "Menengah dalam segala hal."

Jika digabungkan, kedua inspirasi ini bisa menjadi titik awal yang manis untuk mencapai keseimbangan yang anda hasratkan.

Mengenai mengenal diri, ialah hal yang sangat penting untuk memberi perhatian yang serius terhadap apa yang berdasarkan anda benar-benar bernilai dalam hidup.

Semua pilihan dan keputusan ialah di dasarkan pada nilai-nilai anda, dan semua stress serta ketidak bahagiaan ialah disebabkan lantaran mempercayai dan menganggap penting suatu hal, tapi melaksanakan hal yang bertentangan.

Hanya ketika nilai-nilai dan acara anda sejalan, barulah anda akan merasa senang dan berdamai dengan diri sendiri.

Jadi, mengenal diri berarti mengetahui dengan terang apa yang anda anggap bernilai, apa yang benar-benar penting bagi anda. Orang yang sukses lebih dulu menetapkan apa yang benar, sebelum menetapkan apa yang mungkin.

Manusia yang telah berkembang, mengatur kehidupannya sedemikian rupa, untuk memastikan bahwa semua yang ia lakukan itu konsisten dengan apa yang benar-benar ia anggap bernilai.

Adalah hal yang sangat penting bagi anda untuk mengatur kehidupan anda disekitar diri anda, dari pada mengatur diri anda disekitar tuntutan dari dunia diluar diri anda.

Pepatah yang kedua, "Menengah dalam segala hal" ialah perintah yang sangat bijak dan penting untuk kehidupan yang sukses.

Tapi disaat yang sama, anda tahu bahwa anda tidak bisa benar-benar sukses dalam bidang apapun dengan menjadi menengah dibidang tersebut.

Peter Drucker menyatakan, "Setiap kali anda menemukan sesuatu yang diselesaikan, anda menemukan seorang monomaniac dengan sebuah misi."

Anda tahu bahwa memfokuskan seluruh pikiran pada satu sasaran atau tujuan itu sangat diharapkan untuk mencapai apapun dalam sebuah masyarakat yang kompetitif.

Lalu, apa solusinya?

Setelah bertahun-tahun meneliti ribuan orang yang berusaha dengan gigih untuk mencapai keseimbangan dalam hidup, jadinya ditemukan sebuah formula yang simpel; mudah lantaran gampang untuk dijelaskan, tapi perlu disiplin dan ketekunan yang sangat besar lengan berkuasa untuk menerapkannya dalam kehidupan anda.

Formula ini berkisar diseputar konsep administrasi waktu, atau apa yang mungkin anda sebut sebagai administrasi kehidupan.

Manajemen waktu itu bahwasanya ialah sebuah bentuk dari administrasi diri, dimana anda mengatur waktu 24 jam sehari dalam sebuah cara yang menunjukkan anda kemungkinan hasil terbesar dalam hal kebahagiaan dan kepuasan.

Kunci untuk administrasi waktu, sesudah anda menentukan nilai-nilai anda, dan sasaran yang sesuai dengan nilai-nilai tersebut, ialah dengan menetapkan prioritas dan posterioritas.

Mengenai pentingnya menetapkan prioritas itu sudah jelas. Anda membuat daftar aneka macam hal yang mungkin bisa dilakukan, kemudian menentukan dari daftar tersebut, hal-hal yang paling penting bagi anda, berdasarkan pada semua yang anda tahu mengenai diri anda, orang lain, dan tanggung jawab anda.

Sedangkan menetapkan posterioritas itu seringkali dianggap remeh. Yaitu ketika anda menetapkan dengan seksama, hal-hal mana yang akan anda hentikan, sehingga anda akan mempunyai waktu yang cukup untuk memulai hal lain.

Satu kelangkaan terbesar yang kita alami ketika ini ialah waktu. Kita menderita apa yang disebut "miskin waktu."

Dimana-mana, orang merasa bahwa satu tantangan terbesar yang mereka hadapi ialah tidak punya waktu yang cukup untuk melaksanakan semua yang harus atau ingin mereka lakukan.

Saat ini, orang-orang mencicipi tekanan dari semua sisi, dan berada dibawah tekanan stress yang sangat berat. Mereka merasa sangat letih, lelah dan tidak bisa memenuhi semua tanggung jawab yang harus dipikulnya.

Titik awal untuk menghilangkan kemiskinan waktu ini ialah dengan berhenti sejenak dan berpikir. Orang umumnya begitu sibuk maju mundur, sehingga jarang menyisihkan waktu untuk memikirkan dengan serius mengenai siapa diri mereka, dan mengapa mereka melaksanakan apa yang mereka lakukan.

Mereka beraktivitas dalam keadaan bingung, bukannya melalui analisa yang cermat. Mereka begitu sibuk meniti tangga kesuksesan sehingga kehilangan pandangan mengenai fakta bahwa tangga tersebut mungkin bersandar pada dinding yang keliru.

Kunci untuk sukses dalam kehidupan yang sibuk, ialah dengan mencurahkan waktu hanya pada dua area, selama periode waktu ketika keluarga anda masih memerlukan anda, ketika belum dewasa anda berusia sekitar 20 tahun ke bawah. Selama periode ini, anda perlu membatasi hampir semua acara luar anda.

Anda perlu memfokuskan pada dua area utama, yaitu keluarga dan karir anda. Anda perlu mengutamakan kebutuhan keluarga anda diatas semua hal lain, kemudian mengatur acara kerja anda, sehingga bisa memuaskan kebutuhan tersebut secara teratur.

Kemudian, ketika anda bekerja, anda harus memfokuskan seluruh perhatian untuk menuntaskan pekerjaan dengan sempurna.

Orang umumnya membuang-buang waktu. Mereka menyia-nyiakan waktunya sendiri, juga waktu anda. Untuk sukses dan bahagia, anda harus mendisiplinkan diri untuk bekerja disemua waktu kerja anda.

Rata-rata pekerja hanya bekerja sekitar 50% dari kapasitas. 80% dari orang yang bekerja ketika ini, ialah penganggur dalam pekerjaan mereka yang tidak benar-benar menuntut seluruh kapasitas mereka.

Hanya 5% pekerja yang disurvei baru-baru ini, merasa bahwa mereka telah bekerja diluar batas potensinya.

Tapi itu bukan untuk anda. Anda harus bertekad untuk bekerja disemua waktu kerja anda. Anda harus menetapkan bahwa waktu anda memulai dipagi hari hingga waktu anda selesai disore hari, anda akan bekerja 100% dari waktu.

Meski tidak ada yang mengawasi, anda tetap harus waspada bahwa orang-orang mengawasi anda. Semua orang tahu semuanya. Dalam setiap perusahaan, semua orang tahu siapa yang bekerja dan siapa yang tidak.

Tugas anda ialah untuk bekerja sepanjang waktu kerja. Jika ada yang ingin ngobrol, anda hanya tersenyum kemudian berkata, "Bisakah kita bicarakan hal ini nanti?" Katakan padanya bahwa anda harus kembali bekerja.

Buat daftar tertulis, dan kerjakan daftar anda. Tuliskan semua yang terpikir, dan tambahkan itu ke dalam daftar. Tentukan prioritas waktu anda, dan pastikan bahwa anda mengerjakan hal-hal yang paling penting bagi boss dan perusahaan anda.

Tolak permintaan untuk melaksanakan acara yang membuang-buang waktu dari orang-orang disekitar anda. Kerjakan semua waktu kerja anda.

Ingat bahwa untuk sukses itu, anda harus menjadi monomaniac dengan sebuah misi. Ini berlaku ketika ini, dan selalu berlaku dalam masyarakat kita yang kompetitif. Untuk sukses dalam pekerjaan, anda harus bekerja cepat dan efisien, dan nonstop disemua waktu yang membuat anda dibayar.

Anda harus menjadi seorang pakar administrasi waktu. Anda harus menjadi begitu efisien dan efektif, sehingga anda bisa menuntaskan dua kali lebih banyak dibanding orang lain.

Dengan cara itu, karir anda akan berkembang secepat mungkin, dan anda juga akan selalu berada diposisi puncak, juga tidak perlu membawa pulang pekerjaan ke rumah untuk dikerjakan ketika malam atau selesai pekan.

Lalu, ketika telah menuntaskan pekerjaan, anda bisa menunjukkan seluruh perhatian untuk keluarga dan orang-orang yang penting dalam kehidupan anda. Pepatah mengatakan, "Orang yang pikirannya bercabang, tidak akan mantap dalam semua jalannya."

Salah satu makna dari pepatah tersebut ialah bahwa kalau anda memikirkan pekerjaan ketika sedang bersama keluarga, atau memikirkan keluarga ketika sedang bekerja, maka anda akan menghasilkan yang jauh lebih sedikit dalam kedua area.

Namun, kalau anda bekerja secara maksimal, maka ketika pulang ke rumah, anda bisa menunjukkan seluruh perhatian pada diri (sekali lagi, menyerupai seorang monomaniac), relasi anda, dan untuk meningkatkan kualitas dari interaksi anda dengan orang-orang terpenting dalam kehidupan anda.

Kunci untuk sebuah keluarga yang senang itu ialah komunikasi. Dan bukan kualitas melainkan kuantitas waktu yang diperhitungkan. Momen-momen berkualitas (momen-momen kecil yang penting dan bersejarah) tiba tak diundang, dan biasanya tidak terduga.

Momen-momen ini muncul selama proses menghabiskan sejumlah besar waktu yang tak terganggu dengan satu atau beberapa orang. Anda tidak bisa lebih dulu mengatur momen-momen tersebut. Anda tidak bisa mempunyai waktu yang berkualitas. Anda tidak bisa mendatanginya. Dia sendiri yang mendatangi anda.

Ada aneka macam cara untuk menyaring sejumlah besar kualitas dan kebahagiaan dari relasi anda dengan anggota keluarga. Mungkin, yang paling penting itu ialah menghabiskan waktu yang tak terganggu dengan pasangan secara teratur.

Tentu, anda bisa menghabiskan waktu bersama untuk ngobrol sesudah belum dewasa tertidur, tapi anda juga harus mencari dan memanfaatkan segment-segment waktu yang kecil dipagi hari dan menjelang senja, dimana anda bisa berkomunikasi dan berinteraksi.

Salah satu hal terpenting yang dilakukan pasangan ialah menghabiskan 30 hingga 60 menit pertama sesudah masing-masing pulang dari bekerja, kemudian mendiskusikan aneka macam acara hari itu.

Anak-anak anda juga bisa sangat membutuhkan untuk berkomunikasi dengan anda. Bahkan, dalam penelitian mengenai cara membesarkan anak yang super, ditemukan bahwa salah satu faktor yang jauh lebih penting dibanding faktor lain adalah, jumlah waktu yang dihabiskan untuk berkomunikasi secara eksklusif dengan orang tuanya.

Saat orang renta tidak banyak menghabiskan waktu dengan anak-anaknya, maka secara tidak sadar mereka telah mengirimkan sebuah pesan pada anak-anaknya, bahwa mereka tidaklah berharga atau penting bagi orang tuanya.

Anak-anak kemudian bereaksi dengan merasa rendah diri, harga dirinya menurun, dan gambaran dirinya negatif, dan ini ditampakkan dalam nilai yang jelek dan tingkah laris yang bermasalah.

Tapi ketika orang renta menyediakan waktu untuk bersama anak-anaknya, bertanya, dan mendengarkan apa yang terjadi di dalam pikiran mereka, belum dewasa cenderung merasa dirinya bernilai dan penting, sehingga itu akan ditunjukkannya dalam bentuk keyakinan diri, kebahagiaan, dan relasi baik dengan sesama.

Kuncinya ialah mencar ilmu memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Anda tidak bisa mendapat lebih banyak waktu setiap hari, tapi anda bisa memaksimalkan diri dalam setiap waktu tersebut.

Matikan televisi, dan sediakan waktu untuk ngobrol dengan anggota keluarga anda. Jangan membaca koran atau buku, ketika salah seorang anggota keluarga ingin berkomunikasi dengan anda. Singkirkan dulu bacaan anda. Konsentrasikan seluruh pikiran pada orang terpenting dalam dunia anda. Semua hal lain bisa menunggu.

Mengenai pekerjaan dan keluarga anda, teruslah tanyakan pada diri, "Apa yang paling berharga untuk waktu ku ketika ini?" Pertimbangkan apakah yang anda kerjakan ketika ini masih tetap penting ahad depan atau tahun depan.

Terkadang, kita jadi begitu terserap dengan hal-hal kecil, yang tidak benar-benar penting untuk jangka panjang. Padahal apa yang paling penting untuk jangka panjang itu ialah kualitas dari kehidupan rumah tangga kita.

Anda tidak harus menjadi superman atau superwoman untuk menyeimbangkan tuntukan pekerjaan dan kebutuhan keluarga anda.

Tapi anda harus menjadi lebih seksama, merencanakan dengan lebih baik, memanfaatkan waktu anda dengan lebih efisien, dan terus memikirkan aneka macam cara untuk meningkatkan kualitas dari kehidupan anda dikedua area.

Jika anda menetapkan ini sebagai sasaran dan bertekad untuk mengerjakannya setiap hari, pada jadinya anda akan menjadi orang yang jauh lebih efisien, efektif, dan bahagia. Dan itulah hal yang terpenting.


Baca Juga: Cara Membersihkan RAM di VPS Linux secara Otomatis

No comments:

Post a Comment