Monday, December 10, 2018

Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anda

Rasa percaya diri itu mungkin yaitu cuilan terpenting dari kepribadian anda. Sebab ia sanggup meramalkan dan memperdiksi kinerja anda dalam hampir semua yang anda lakukan. Dia yaitu sumber energi atau inti reaktor dari kepribadian anda.

Seberapa tinggi rasa percaya diri anda, akan memilih tingkat vitalitas, antusias, dan daya tarik personal. Orang yang punya rasa percaya diri tinggi yaitu orang-orang yang paling positif, lebih disukai dan efektif dalam semua cuilan dari kehidupannya.

Semua yang anda lakukan atau katakan, akan mempengaruhi rasa percaya diri anda. Karenanya, kiprah anda yaitu menjaga rasa percaya diri anda biar tetap tinggi dan positif, secara terus menerus.

Mungkin, defenisi terbaik dari rasa percaya diri itu adalah: tingkat rasa hormat dan evaluasi diri anda sebagai seseorang yang penting dan berharga.

Orang yang rasa percaya dirinya tinggi, merasa sangat senang mengenai diri dan kehidupannya. Saat anda merasa sangat senang terhadap diri sendiri, anda cenderung akan menjadi orang terbaik yang anda bisa.

Tingkat rasa percaya diri itu bekerjsama yaitu tingkat "kesehatan mental" anda. Itu yaitu sebuah ukuran mengenai seberapa sehat, tangguh, dan giat anda dalam mengarungi gelombang kehidupan. Rasa percaya diri anda memilih seberapa tenang pikiran dan kepuasan batin yang anda rasakan.

Rasa percaya diri itu juga bekerjasama erat dengan kesehatan dan tingkat energi anda. Orang yang rasa percaya dirinya tinggi itu jarang sakit, dan tampaknya mempunyai pedoman energi dan antusias yang tak ada habisnya, yang menggerakkan mereka semakin cepat ke arah target-targetnya.

Seberapa suka dan hormat anda pada diri sendiri, juga memilih kualitas dari kekerabatan anda. Semakin suka dan enjoy anda pada diri sendiri, semakin suka dan enjoy anda pada orang lain, dan semakin suka orang lain pada anda.

Sehingga, ketika rasa percaya diri anda terluka lantaran suatu sebab, maka hal pertama yang akan terpengaruh yaitu cara anda bergaul dengan orang lain.

Agar sanggup melaksanakan yang terbaik, dan merasa sangat senang mengenai diri sendiri, anda harus selalu berusaha meningkatkan dan mempertahankan rasa percaya diri anda. Sama menyerupai anda bertanggung jawab terhadap kesehatan fisik, anda juga harus bertanggung jawab terhadap isi dan kualitas dari pikiran anda.

Formula untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berikut sebuah formula mudah yang mengandung semua unsur penting dari pengembangan rasa percaya diri, dan sanggup anda gunakan secara terus menerus untuk memastikan kinerja yang maksimal.

Formula ini terdiri dari 6 elemen dasar. Yaitu, target, standard, pengalaman sukses, perbandingan dengan orang lain, pengakuan, dan reward.

Mari kita diskusikan satu persatu.

Target

Seberapa suka dan hormat anda pada diri sendiri itu dipengaruhi sasaran anda. Dengan menetapkan sasaran yang besar dan menantang, dan menyusun rencana tertulis untuk mencapainya, akan benar-benar meningkatkan rasa percaya diri anda, menyebabkan anda merasa jauh lebih baik mengenai diri sendiri.

Rasa percaya diri yaitu sebuah kondisi yang anda alami ketika anda bergerak selangkah demi selangkah kearah pencapaian sesuatu yang penting bagi anda. Untuk alasan itu, maka sangat penting bagi anda untuk mempunyai sasaran yang jelas, pada semua bidang dari kehidupan anda, dan bekerja secara terus menerus untuk mencapainya.

Setiap langkah yang anda ambil, akan menyebabkan rasa percaya diri anda meningkat dan membuat anda merasa lebih positif dan efektif dalam semua hal lain yang anda lakukan.

Standard

Elemen kedua dari pengembangan rasa percaya diri yaitu mempunyai standard dan nilai-nilai yang jelas, yang akan anda pegang teguh. Orang-orang yang punya rasa percaya diri tinggi itu sangat terang mengenai apa yang mereka percayai.

Semakin tinggi nilai-nilai dan idealisme anda, dan semakin teguh anda untuk hidup konsisten dengan nilai-nilai dan idealisme tersebut, semakin suka dan hormat anda pada diri sendiri, dan semakin tinggi rasa percaya diri anda jadinya.

Rasa percaya diri yang mantap hanya sanggup terjadi ketika target-target dan nilai-nilai anda sejalan, yaitu ketika keduanya tidak saling bertentangan. Sebagian besar dari stress yang dialami orang-orang yaitu lantaran mereka mempercayai satu hal, tapi mencoba melaksanakan hal lain.

Tapi ketika target-target dan nilai-nilai anda sejalan satu sama lain, anda akan mencicipi dorongan energi dan semangat yang luar biasa, dan ketika itulah anda mulai membuat aneka macam perkembangan yang nyata.

Banyak orang yang merasa tidak senang dengan pekerjaannya, lantaran tampaknya tidak akan pernah sanggup mencapai kesuksesan, betapapun kerasnya mereka telah mencoba.

Itu umumnya lantaran mereka melaksanakan apa yang tidak benar-benar mereka pedulikan dan percayai. Dalam banyak kasus, mereka alhasil menyadari bahwa ketidak bahagiaannya itu yaitu lantaran jenis pekerjaan itu tidak cocok untuknya.

Tapi begitu mereka beralih ke pekerjaan lain, dan mulai melaksanakan sesuatu yang sangat mereka nikmati, sesuatu yang lebih konsisten dengan keyakinannya yang terdalam, mereka mulai membuat perkembangan dan menerima banyak kepuasan dari pekerjaannya.

Pengalaman Sukses

Elemen ketiga untuk meningkatkan rasa percaya diri melibatkan pengalaman sukses. Setelah menetapkan sasaran dan standard, maka penting untuk membuatnya terukur sehingga anda sanggup mencapai aneka macam kesuksesan, baik kecil maupun besar.

Aksi dari menetapkan target, membaginya menjadi bagian-bagian kecil, kemudian menuntaskan bagian-bagian tersebut membuat anda merasa menyerupai seorang pemenang, dan menyebabkan rasa percaya diri anda meningkat.

Tapi ingat, bahwa anda tidak sanggup menembak sasaran yang tidak sanggup anda lihat. Anda tidak akan sanggup merasa menjadi seorang pemenang kecuali anda telah menetapkan aneka macam standard yang akan anda jadikan sebagai ukuran dari kesuksesan, kemudian memenuhi standard-standard tersebut.

Katakanlah anda menetapkan sasaran untuk menjual dalam jumlah tertentu, atau menghasilkan income dalam jumlah dan waktu tertentu. Jika anda membaginya ke dalam target-target mingguan dan bulanan, dan kemudian anda mencapai sasaran pertama tersebut, maka anda akan merasa sangat senang mengenai diri sendiri.

Setiap kali anda mencapai sasaran kecil berikutnya, rasa percaya diri dan performa anda akan meningkat, dan anda juga akan merasa terdorong dan antusias mengenai tantangan berikutnya.

Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Elemen keempat yaitu membandingkan diri dengan orang lain. Leon Festinger dari Harvard University menyimpulkan bahwa, untuk memilih seberapa baik yang anda lakukan, anda tidak membandingkannya dengan standard yang abstrak, melainkan membandingkan diri dengan orang yang kita kenal.

Untuk merasa menyerupai seorang pemenang, anda harus tahu dengan yakin bahwa anda telah melaksanakan yang sama atau lebih baik dibanding orang lain.

Semakin anda tahu mengenai seberapa baik orang lain dibidang yang sama dengan anda, dan semakin baik posisi anda dibanding mereka, semakin anda akan merasa menyerupai seorang pemenang, dan rasa percaya diri anda akan semakin meningkat.

Orang-orang sukses selalu membandingkan diri dengan orang sukses lainnya. Mereka memikirkan dan membaca wacana orang sukses lainnya, serta mempelajari kinerjanya, kemudian mereka berusaha untuk melampuinya setahap demi setahap.

Pada akhirnya, orang-orang sukses mencapai titik dimana mereka hanya sanggup berkompetisi dengan diri sendiri, dan dengan pencapaian mereka sebelumnya. Tapi ini hanya sanggup terjadi sehabis mereka berada diposisi atas dan mengungguli para pesaingnya.

Pengakuan

Elemen selanjutnya yaitu legalisasi atas pencapaian anda dari orang-orang yang anda hormati. Untuk merasa sangat besar hati mengenai diri sendiri, anda perlu legalisasi dari orang-orang yang anda hormati dan kagumi, contohnya boss, rekan kerja, pasangan, dan lingkungan sosial anda.

Setiap kali pencapaian anda diakui dan dipuji oleh seseorang yang opininya anda junjung tinggi, maka rasa percaya diri anda meningkat, juga semangat dan anstusias anda untuk melaksanakan yang lebih baik lagi.

Reward

Elemen terakhir yaitu reward yang sesuai dengan pencapaian anda. Anda mungkin bekerja dibidang yang mengatakan bonus finansial, simbol-simbol status (kantor yang lebih besar, kendaraan beroda empat yang lebih mahal) atau bahkan piala dan plakat atas prestasi yang superior.

Semua simbol tersebut sanggup mengatakan dampak yang luar biasa terhadap peningkatan rasa percaya diri anda, dan menyebabkan anda merasa sangat besar hati mengenai diri sendiri.

Akan tetapi, jikalau situasi ketika ini tidak mengatakan reward yang konkret ataupun tidak konkret yang diharapkan untuk meningkatkan dan mempertahankan rasa percaya diri anda, berarti anda harus membuat sendiri reward tersebut.

Salah satu hal tercerdas yang sanggup anda lakukan yaitu dengan merancang sebuah sistem untuk mengatakan reward pada diri sendiri, baik untuk pencapaian besar maupun kecil, ketika secara sedikit demi sedikit anda bergerak maju ke arah sasaran anda.

Sebagai contoh, orang yang mencari prospek melalui telephone, seringkali menghadiahi dirinya secangkir kopi sehabis menelpon 10 kali. Setelah 25 kali menelpon mereka menghadiahi dirinya dengan berjalan-jalan disekitar gedung. Setelah 50 kali, keluar untuk makan siang.

Setiap reward tersebut berfungsi sebagai insentif yang memotivasi mereka untuk mengulangi hal yang sama. Hasil alhasil yaitu kesuksesan, antusiasme, dan rasa percaya diri yang meningkat.

Entah lingkungan anda ketika ini menyediakan keenam elemen peningkat rasa percaya diri ini atau tidak (target, standard, pengalaman sukses, membandingkan diri dengan orang lain, pengakuan, dan reward) anda perlu memantapkan struktur anda sendiri, dan bertanggung jawab penuh untuk terus meningkatkan rasa percaya diri anda.

Tentu, yaitu hal yang mungkin untuk menyukai diri secara abstrak, untuk memikirkan diri sendiri sebagai orang yang berharga dan bernilai, tapi bentuk rasa percaya diri menyerupai ini cenderung sangat goyah, sehingga gampang runtuh oleh pengalaman negatif atau kekecewaan temporer.

Satu-satunya cara real untuk tahu dengan niscaya bahwa anda yaitu orang yang berharga dan bernilai, yaitu dengan berusaha mengatasi rintangan, dan membayar harga untuk mendatangkan semua elemen ini ke dalam hidup anda.

Saat anda sudah mempunyai pondasi tersebut, maka anda akan mengalami sebuah bentuk dari kebugaran mental dan rasa optimis tak tergoyahkan yang akan menopang anda untuk melewati kegagalan dan meraih kesuksesan.


Baca Juga: Cara Install Wordpress di RunCloud

No comments:

Post a Comment