Monday, December 10, 2018

Buat Perencanaan Strategis Personal

Dalam enam bulan terakhir, pernahkah anda memikirkan untuk memutuskan sasaran tertentu bagi karir atau bisnis anda?

Jika sudah memutuskan target, apa anda punya jadwal untuk pencapaiannya?

Kesuksesan anda dalam hidup itu ditentukan oleh seberapa tinggi, kemampuan anda untuk berpikir, merencanakan, memutuskan, dan mengambil aksi.

Semakin tinggi kemampuan anda dalam setiap bidang ini, semakin cepat anda akan mencapai target, dan semakin senang anda dengan hidup dan karir anda.

Perencanaan strategis personal ialah sarana yang dipakai untuk mengantarkan anda dari posisi manapun anda ketika ini berada, ke posisi yang ingin anda tuju.

Perbedaan antara orang yang memanfaatkan perencanaan strategis personal untuk mengatur dan mengarahkan hidupnya, dengan mereka yang tidak, itu sama ibarat perbedaan antara orang yang naik pesawat dengan orang yang naik kereta.

Keduanya sarana tersebut memang sama-sama akan mengantarkan anda dari titik A ke tiitk B, tapi pesawat (perencanaan strategis personal) akan mengantarkan anda jauh lebih cepat dan tanpa terlalu sering berhenti.

Skill yang diharapkan dalam menciptakan perencanaan strategis personal itu bukanlah sesuatu yang anda bawa semenjak lagi, ibarat warna kulit atau warna rambut. Skill ini ialah cara berpikir dan bertindak sistematis, dan itu ialah sesuatu yang bisa anda pelajari, sama ibarat naik sepeda.

Dengan latihan, anda bisa menguasai banyak sekali unsur yang membentuk skill penting ini, dan anda akan terbiasa berpikir dan bertindak strategis seumur hidup anda. Saat anda sudah menanamkan kebiasaan ini, maka anda akan mendapat hasil yang luar biasa. Kehidupan dan karir anda akan meningkat pesat.

Menghemat Waktu dan Biaya

Mengapa perencanaan dan berpikir strategis itu sangat penting? Jawabannya simpel: Itu menghemat sejumlah besar waktu dan biaya anda.

Saat anda mereview dan menganalisa pertanyaan dan konsep strategis yang menjadi kunci bagi karir atau bisnis ada, maka anda bisa memfokuskan seluruh perhatian pada tugas-tugas kritis yang diharapkan untuk mencapai target.

Disaat yang sama, anda berhenti melaksanakan hal-hal yang menjauhkan anda dari mencapai kesuksesan. Anda jadi lebih banyak melaksanakan hal-hal yang tepat, dan mengurangi hal-hal yang menciptakan anda semakin keluar dari jalur.

Anda jadi bisa memutuskan sasaran kinerja untuk orang-orang dan banyak sekali project. Anda menjadi sangat andal dalam mengukur dan melacak hasil. Anda bergerak masuk ke dalam pesawat ekspress untuk karir dan hidup anda.

Tujuan dari perencanaan strategis dari suatu perusahaan ialah meningkatkan ROI (return on equity.) Equity didefinisikan sebagai jumlah uang dari para pemegang saham yang diinvestasikan dan dikerjakan dalam perusahaan.

Para direktur perusahaan memakai perencanaan strategis untuk menganalisa dan menstruktur ulang organisasi biar bisa meningkatkan hasil finansial setinggi mungkin. Targetnya ialah laba yang superior.

Perusahaan menjalankan perencanaan strategis untuk mencapai hasil yang lebih baik dengan cara memanfaatkan orang-orang dan sumberdaya yang mereka miliki secara lebih efektif. Perencanaan yang efektif, menciptakan mereka bisa meningkatkan kinerja yang memperoleh keunggulan diatas para pesaingnya.

Mereka mencapai tingkat penjualan yang lebih tinggi, peningkatan pangsa pasar, laba yang lebih baik, pengembalian superior dari asset yang diinvestasikan, dan posisi yang lebih berpengaruh dalam pangsa pasar mereka secara keseluruhan.

Design Hidup dan Karir Anda

Target anda dalam perencanaan strategis personal itu mirip, yaitu sama-sama untuk meningkatkan ROI. Bedanya, tujuan perencanaan anda bukan untuk meningkatkan return on equity, melainkan untuk meningkatkan return on energy.

Sebuah bisnis mengukur equity nya dalam bentuk modal finansial. Sedangkan, anda mengukur equity personal bentuk modal manusia.

Equity personal anda itu terdiri dari energi fisik, emosional, dan mental yang bisa diinvestasikan ke dalam karir. Karena itu, menetapkan sasaran yang bisa memperlihatkan pengembalian setinggi mungkin atas energi yang telah anda investasikan.

Income dan kepuasan anda secara keseluruhan akan ditentukan oleh seberapa baik anda menginvestasikan diri. Ini ialah titik fokus yang kritis dalam perencanaan strategis personal.

Jika merasa frustasi, kecewa atau percaya bahwa anda tidak lagi mendapat jenis hasil yang diinginkan dari pekerjaan atau hidup anda, berarti sudah waktunya untuk mereview perencanaan strategis anda.

Sudah waktunya bagi anda untuk duduk dan mengajukan beberapa pertanyaan yang sulit pada diri.

Jika anda mencicipi tingkat penolakan atau stress yang tinggi dari pekerjaan, atau anda merasa bahwa anda sudah bekerja sangat keras tapi akhirnya tetap tidak sesuai, sediakan waktu untuk mereview dan memperbaiki taktik anda.

Ajukan pertanyaan yang kritis ini pada diri sendiri:

Apa yang bisa ku lakukan dengan sangat baik?

Amati bidang-bidang yang sangat anda kuasai atau unggul dibanding orang lain yang ada dibidang yang sama. Anda perlu tahu apa yang bisa diklaim sebagai keunggulan kompetittif personal anda.

Ini ialah darah dari perencanaan strategis personal. Jawaban dari pertanyaan ini akan memperlihatkan anda fokus yang terang dalam perencaan hidup dan pekerjaan anda.

Kesuksesan anda itu terikat pribadi dengan seberapa unggul anda pada cuilan terpenting dari pekerjaan anda.

Dari semua tanggung jawab yang anda hadapi dalam hidup, ini ialah salah satu yang paling penting: yaitu mengidentifikasi bidang keunggulan yang bisa memperlihatkan dampak aktual terbesar bagi karir dan income anda.

Begitu anda sudah tahu apa itu, salurkan seluruh energi anda untuk menjadi yang terbaik yang anda bisa dalam bidang kunci tersebut.

Gary Hamel menyampaikan pada kita dalam Competing for the Future bahwa semua perusahaan top itu memproyeksikan lima tahun ke depan kemudian mengidentifikasi kemampuan inti yang akan mereka dapatkan diwaktu tersebut, biar bisa mendominasi pangsa pasar mereka.

Kemudian mereka menerapkan sebuah planning pengembangan untuk memastikan bahwa kemampuan inti tersebut sudah berada di daerah ketika masa depan tiba.

Ikuti taktik ini dalam perencanaan personal anda. Apakah anda sudah tahu kemampuan inti apa yang akan anda perlukan untuk berada diposisi puncak dibidang anda dalam tiga hingga lima tahun yang akan datang?

Bagaimana anda bisa mulai menyebarkan skill-skill gres ini?

Saat ini juga, mulailah menyusun planning untuk mencari dan menguasai skill-skill dan kemampuan tambahan, yang akan anda perlukan biar bisa menjadi yang terbaik dibidang yang anda pilih. Lalu, jalankan planning itu setiap hari.

8 Pertanyaan Penting

Berikut, 8 pertanyaan penting untuk mulai menciptakan perencanaan strategis personal. Kerahkan seluruh kemampuan berpikir anda untuk menjawab pertanyaan yang penting ini.

Sebab, balasan dari pertanyaan ini akan memperlihatkan kejelasan yang anda cari mengenai sebuah bisnis dan karir yang ideal.

  1. Nilai-nilai. Dalam bisnis dan karir anda, nilai-nilai, keutamaan, kualtias dan ciri apa yang paling penting?
  2. Visi. Bayangkan diri anda lima tahun dari sekarang. Jika karir atau bisnis anda sukses, akan terlihat ibarat apa?
  3. Misi. Berdasarkan nilai-nilai anda, bagaimana, tepatnya, cara anda mencapai visi tersebut?
  4. Tujuan. Salah satu ciri umum dari semua direktur dan pengusaha yang benar-benar sukses itu ialah mencapai sebuah tujuan utama, yaitu hasrat yang ikhlas untuk melayani orang lain melalui pekerjaan atau bisnis mereka. Apakah ini tujuan utama dari karir atau bisnis anda?
  5. Target. Untuk memenuhi visi masa depan ideal dari karir atau bisnis anda, sasaran spesifik apa yang harus anda capai?
  6. Pengetahuan dan skill. Untuk mencapai sasaran dan memenuhi visi anda, dibidang apa anda perlu menjadi ahli?
  7. Kebiasaan. Kebiasaan tertentu apa dalam hal cara berpikir dan beraksi, yang akan anda perlukan untuk menjadi orang yang bisa mencapai sasaran yang telah anda tetapkan?
  8. Aktivitas harian. Aktivitas tertentu apa yang perlu anda kerjakan setiap hari untuk memastikan bahwa anda akan menjadi orang yang anda cita-citakan, dan mencapai sasaran yang anda hasratkan?

Ingat bahwa kualitas dari anutan anda itu memilih kualitas dari kehidupan anda. Semakin tajam pertanyaan yang anda usikan pada diri sendiri, semakin bermakna dan membantu jawabannya.

Sama ibarat tidak ada batas mengenai seberapa tinggi anda bisa meningkatkan kualitas berpikir anda, maka tidak ada batas mengenai seberapa banyak anda bisa memperbaiki kehidupan anda.

Menurut Law of Correspondence, dunia luar anda akan selalu menjadi cermin dari dunia di dalam diri anda. Tidak ada yang bisa berubah dalam dunia luar anda, tanpa melaksanakan adaptasi terhadap dunia di dalam diri anda.

Semakin anda mengenali diri, nilai-nilai, dan sasaran anda, semakin cepat anda akan menciptakan perubahan yang diharapkan untuk sukses.


Baca Juga: 100 Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari untuk Pemula

No comments:

Post a Comment