Monday, December 10, 2018

Kendalikan Emosi Anda

Untuk menjaga pikiran semoga selalu positif, tolak cita-cita untuk mengkritik, mengeluh mengenai atau mengutuk orang lain atas apapun.

Setiap kali anda mengkritik seseorang, mengeluh mengenai sesuatu yang tidak anda sukai, atau mengutuk seseorang atas sesuatu yang telah mereka lakukan atau tidak lakukan, anda memicu perasaan negatif dan amarah di dalam diri anda sendiri.

Dan anda sendiri yang menderita. Perasaan negatif anda tidak mempengaruhi orang lain sama sekali. Menjadi murka terhadap seseorang itu berarti anda mengijinkan beliau untuk mengontrol emosi anda, dan seringkali seluruh hidup anda, dari jarak jauh.

Itu sungguh menggelikan. Ingat, menyerupai yang pernah ditulis Gary Zukacs, dalam buku Seat of the Soul, Emosi konkret itu menguatkan; emosi negatif itu melemahkan.

Emosi konkret berupa rasa bahagia, semangat, cinta dan antusias itu membuat anda merasa lebih besar lengan berkuasa dan yakin. Sedangkan emosi negatif berupa amarah, sakit hati atau menyalahkan itu melemahkan dan membuat anda benci, gampang tersinggung, dan tidak menyenangkan untuk di dekati.

Begitu anda tetapkan untuk mendapatkan tanggung jawab secara penuh atas diri sendiri, situasi anda, dan semua yang terjadi pada anda, maka anda bisa berubah menjadi yakin terhadap pekerjaan dan kekerabatan dalam hidup anda. Anda menjadi "penguasa atas nasib anda dan kapten atas jiwa anda."

Dalam sebuah stusi di New York beberapa tahun lalu, para peneliti menemukan bahwa 3% dari orang-orang top di semua bidang itu punya perilaku khusus yang memisahkan mereka dari orang rata-rata di bidang yang sama.

Yaitu berikut ini: mereka memandang diri sebagai pekerja berdikari sepanjang karirnya, tidak peduli siapapun yang menggaji mereka. Mereka memandang diri sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap perusahaan daerah mereka bekerja, sama persis menyerupai jikalau mereka yang jadi pemilik perusahaan tersebut.

Anda juga harus melaksanakan hal yang sama. Mulai ketika ini dan untuk seterusnya, pandanglah diri anda sebagai Direktur dari perusahaan jasa personal anda sendiri. Pandanglah diri anda sebagai pekerja mandiri.

Pandanglah diri anda sebagai orang yang berkuasa penuh atas semua aspek dari kehidupan dan karir anda. Ingatkan selalu diri anda bahwa dimana anda dan siapa anda yakni alasannya yakni apa yang telah anda lakukan atau tidak lakukan. Anda sangat menyerupai dengan arsitek dari nasib anda sendiri.

Anda Memilih, Anda Memutuskan

Anda telah memilih seluruh kehidupan anda hingga ketika ini, melalui banyak sekali pilihan dan keputusan yang sudah anda buat, atau tidak anda buat. Jika ada sesuatu dalam kehidupan anda yang tidak anda sukai, berarti anda sendiri lah yang harus bertanggung jawab.

Jika ada sesuatu yang tidak anda sukai, itu terserah anda apakah akan mengambil langkah yang diharapkan untuk mengubah dan memperbaikinya, sehingga itu bisa berkembang menjadi menyerupai yang anda sukai.

Sebagai eksekutif dari perusahaan jasa personal anda sendiri, anda bertanggung jawab penuh atas semua yang anda lakukan, dan atas hasil yang anda capai. Anda juga bertanggung jawab atas semua dampak dari agresi dan tingkah laris anda.

Dimana dan siapa anda ketika ini, yakni alasannya yakni anda sendiri yang telah tetapkan untuk berada disana. Dalam pengertian yang lebih besar, penghasilan anda ketika ini yakni sempurna menyerupai apa yang telah anda putuskan untuk menghasilkannya, tidak kurang tidak lebih.

Jika anda tidak suka dengan penghasilan anda ketika ini, putuskan untuk menghasilkan lebih banyak. Tetapkan itu sebagai target, susun planning dan mulailah menyibukkan diri untuk melaksanakan semua yang diharapkan semoga bisa menghasilkan sebanyak yang anda inginkan.

Sebagai eksekutif dari karir dan kehidupan anda sendiri, sebagai arsitek dari nasib anda sendiri, anda bebas untuk membuat keputusan anda sendiri. Anda yakni boss. Anda berkuasa penuh.

Susun Strategi Anda Sendiri

Sama menyerupai eksekutif suatu perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengatur taktik dan acara dari perusahaan tersebut, anda juga bertanggung jawab atas perencanaan strategis personal dari kehidupan dan karir anda sendiri.

Anda bertanggung jawab atas taktik administrasi secara keseluruhan, tetapkan target, menyusun rencana, memantapkan banyak sekali ukuran dan melaksanakan agresi untuk menerima hasil.

Anda bertanggung jawab atas tercapainya output tertentu, atas kualitas dan kuantitas dari pekerjaan yang anda kerjakan, dan hasil yang anda harapkan.

Sebagai direktur, anda bertanggung jawab atas taktik pemasaran, promosi dan pengembangan diri, untuk membuat image dan mempaket diri semoga bisa untuk menjual diri dengan harga tertinggi di pasar yang kompetitif.

Anda bertanggung jawab atas taktik finansial, untuk tetapkan dengan sempurna berapa nilai dari jasa anda ingin dijual, berapa besar penghasilan anda, seberapa cepat anda ingin membuatkan income tahun demi tahun, berapa banyak anda ingin menabung dan berinvestasi, dan berapa besar anda ingin bernilai ketika pensiun.

Semua angka tersebut sepenuhnya terserah anda. Anda sendiri yang bertanggung jawab. Anda bertanggung jawab atas taktik orang-orang anda dan semua kekerabatan anda, baik dirumah maupun dalam pekerjaan.

Salah satu nasehat yang diberikan oleh orang bijak yakni untuk "pilihlah boss anda dengan hati-hati." Pilihan anda mengenai siapa yang akan menjadi boss anda, akan berdampak besar terhadap seberapa besar penghasilan anda, seberapa cepat karir anda berkembang, dan seberapa senang anda dalam pekerjaan anda

Buat Pilihan dan Keputusan Baru

Dengan prinsip yang sama, pilihan anda mengenai pasangan dan sobat akan berdampak sama atau lebih besar terhadap kesuksesan dan kebahagiaan anda dibanding semua keputusan lain yang anda buat.

Jika anda merasa tidak senang dengan banyak sekali pilihan anda ketika ini, itu terserah anda apakah akan mulai mengambil langkah-langkah yang diharapkan untuk memperbaiki atau mengubahnya.

Terakhir, sebagai direktur, anda berkuasa penuh atas penelitian dan pengembangan diri, pembinaan dan pembelajaran diri.

Itu terserah anda untuk memilih bakat, skill, kemampuan dan keahlian inti mana saja yang akan anda perlukan, semoga bisa menghasilkan uang sebanyak yang anda inginkan, dibulan-bulan dan tahun-tahun yang akan datang.

Itu berarti anda juga bertanggung jawab untuk berinvestasi dan menyisihkan waktu untuk berguru dan membuatkan skill-skill ini. Tidak ada yang akan melakukannya untuk anda.

Kebenaran yang tidak bisa dipungkiri yakni bahwa tidak ada orang yang benar-benar peduli sebanyak kepedulian yang anda berikan.

Menjadi "Saham yang Berkembang"

Jika analogi ini dikembangkan sedikit lebih jauh, maka pandanglah diri anda sebagai sebuah perusahaan dengan saham yang diperdagangkan di pangsa pasar.

Apakah saham anda yakni jenis saham yang bisa orang investasikan dengan yakin bahwa itu akan terus berkembang nilai dan keuntungannya, dibulan dan tahun-tahun yang akan datang?

Apakah anda yakni "saham yang berkembang" atau apakah nilai anda terus menurun di pangsa pasar?

Jika anda telah tetapkan untuk menjadi "saham yang berkembang," apa taktik anda untuk meningkatkan income sebanyak 25-30% setiap tahun, tahun demi tahun?

Sebagai eksekutif dari kehidupan anda sendiri, sebagai pasangan atau orang tua, anda berhutang hal itu pada orang-orang penting dalam hidup anda, untuk berada dikurva perkembangan, untuk terus meningkatkan nilai, income dan kemungkinan anda, ketika tahun demi tahun berlalu.

Ambil Alih Kemudi dari Kehidupan Anda

Mulai dari ttik ini seterusnya, pandanglah dan anggaplah diri anda sebagai penguasa dari nasib anda sendiri. Pandanglah diri anda sebagai orang yang berkuasa penuh dalam mengatur kehidupan anda sendiri.

Pandanglah diri anda sebagai eksekutif dari perusahaan jasa personal anda sendiri. Pandanglah diri anda sebagai orang yang kuat, sangat tekun dan terarah.

Tolak cita-cita untuk merengek atau mengeluh mengenai banyak sekali hal yang terjadi dimasa lalu, yang tidak bisa lagi diubah. Lebih baik, arahkan diri kemasa depan, dan pikirkan wacana apa yang anda inginkan serta kemana anda akan menuju.

Yang lebih penting lagi, pikirkan mengenai target-target anda. Dengan memikirkan target-target anda, membuat anda merasa konkret dan terarah lagi.


Baca Juga: Cara Membaca Mikrometer Sekrup

No comments:

Post a Comment