Monday, December 10, 2018

Ciptakan Era Depan Anda Sendiri

Di lebih dari 3.300 penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun mengenai kepemimpinan, ada kualitas khusus yang paling menonjol, satu kualitas yang selalu dimiliki oleh para pemimpin besar.

Kualitas tersebut yaitu visi. Para pemimpin itu punya visi. Para pengikut tidak punya visi.

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa inovasi terpenting dalam sejarah umat insan itu adalah, "Anda menjadi apa yang paling sering anda pikirkan." Lalu, apa yang paling sering dipikirkan oleh para pemimpin?

Mereka memikirkan wacana masa depan, kemana mereka akan menuju, dan apa yang bisa mereka lakukan biar bisa hingga disana.

Sebaliknya, yang bukan pemimpin itu hanya memikirkan dikala ini, kesenangan dan dilema yang ada dikala ini. Mereka memikirkan dan merisaukan masa lalu, sesuatu yang telah berlalu dan tidak bisa lagi diubah.

Kita menyebut kualitas kepemimpinan ini "Berorientasi Masa Depan." Para pemimpin itu memikirkan masa depan dan apa yang ingin mereka capai, dan dimana mereka akan tiba dipenghujung jalan. Para pemimpin memikirkan apa yang mereka inginkan, dan apa yang bisa dilakukan untuk mencapainya.

Berita baiknya yaitu bahwa, dikala anda juga mulai memikirkan wacana masa depan, anda mulai berpikir menyerupai seorang pemimpin, dan segera menerima hasil yang sama menyerupai yang di sanggup oleh para pemimpin.

Dr. Edward Banfield dari Harvard menyimpulkan, sesudah melaksanakan penelitian selama lebih dari 50 tahun, bahwa "perspektif jangka panjang" itu yaitu faktor yang paling memilih bagi kesuksesan finansial dan personal dalam hidup.

Banfield mendefinisikan perspektif jangka panjang itu sebagai "kemampuan untuk memikirkan beberapa tahun ke depan dikala hendak mengambil keputusan dimasa kini." Ini yaitu salah satu inovasi terpenting yang pernah dibuat.

Coba bayangkan! Semakin jauh anda dalam memikirkan masa depan, semakin baik keputusan yang akan anda buat dimasa kini, untuk memastikan bahwa masa depan itu akan menjadi kenyataan.

Menjadi Seorang Milyuner

Sebagai contoh, jikalau anda menabung 1 juta per bulan semenjak usia 20 - 65 tahun, kemudian menginvestasikan uang tersebut dengan laba rata-rata 10% per tahun, maka dikala pensiun anda akan bernilai lebih dari Rp. 1.118.000.000.

Siapapun yang benar-benar mau bisa menabung sebanyak 1 juta per bulan, jikalau beliau punya perspektif yang cukup panjang.

Itu berarti bahwa setiap orang yang mulai bekerja dikala ini, bisa menjadi milyuner seiring waktu jikalau mereka memulainya cukup awal, menabung secara konsisten, dan mempertahankan visi jangka panjang dari kebebasan finansial mereka.

Ciptakan Fantasi Lima Tahun

Dalam perencanaan strategis personal, anda juga seharusnya memulainya dengan sebuah pandangan hidup jangka panjang. Anda harus mulai mempraktekkan idealisasi dalam semua yang anda lakukan.

Dalam proses idealisasi, anda membuat sebuah fantasi lima tahun untuk diri sendiri, dan mulai memikirkan wacana akan tampak menyerupai apa kehidupan anda lima tahun yang akan datang, jikalau menjadi tepat dalam semua aspek.

Satu halangan terbesar untuk memutuskan sasaran itu yaitu "berbagai kepercayaan yang membatasi diri sendiri." Ini yaitu area-area dimana anda percaya bahwa diri anda itu terbatas dalam suatu cara.

Anda mungkin mempercayai diri anda itu tidak bisa atau punya kelemahan dibidang tertentu, contohnya kecedasan, keahlian, bakat, kreativitas, kepribadian atau sesuatu yang lain. Akibatnya, anda merendahkan diri sendiri.

Dengan menganggap rendah diri sendiri, anda tidak berani memutuskan sasaran atau memutuskan sasaran yang jauh lebih rendah dibanding apa yang bersama-sama bisa anda capai.

Bayangkan Jika Tidak Ada Keterbatasan

Dengan mengkombinasikan idealisasi dan orientasi masa depan, anda membatalkan atau menetralisir proses pembatasan diri ini. Untuk sesaat, anda membayangkan bahwa anda sama sekali tidak punya keterbatasan.

Anda membayangkan bahwa anda mempunyai semua waktu, talenta dan kemampuan yang bisa pernah anda dapatkan, untuk mencapai sasaran apapun yang bisa anda tetapkan.

Tidak peduli dimanapun posisi anda dikala ini, anda membayangkan bahwa anda punya semua teman, kontak dan relasi yang anda perlukan untuk membuka semua pintu dan mencapai apapun yang benar-benar anda inginkan.

Anda membayangkan bahwa anda sama sekali tidak punya keterbatasan apapun mengenai apa yang bisa anda miliki atau lakukan, untuk mengejar semua sasaran yang penting bagi anda.


Baca Juga: Obati Flu Paling Ampuh dengan Obat Alami Air Jahe Madu Hangat

No comments:

Post a Comment