Monday, December 10, 2018

Putuskan Lebih Dulu Tujuan Utama Anda

Karena anda akan menjadi apa yang paling sering anda pikirkan, maka sebuah tujuan utama akan menawarkan anda sebuah fokus dalam aktivitas sehari-hari. Seperti yang dikatakan Peter Drucker, “Setiap kali anda menemukan sesuatu yang diselesaikan, anda akan menemukan seorang monomaniac dengan sebuah misi.”

Semakin sering memikirkan tujuan utama dan cara mencapainya, semakin aktif Law of Attraction dalam hidup anda. Sehingga anda mulai menarik orang-orang, peluang, ide-ide dan sumberdaya yang bisa membantu anda untuk bergerak lebih cepat ke arah target, dan menggerakkan sasaran lebih cepat ke arah anda.

Dengan Hukum Kesesuaian, maka pengalaman anda di dunia luar, akan sesuai dan serasi dengan target-target yang ada di dunia dalam diri anda. Saat anda punya sebuah tujuan utama yang selalu anda pikirkan, bicarakan dan kerjakan, maka dunia luar anda akan merefleksikan hal ini, sama ibarat bayangan di cermin.

Sebuah tujuan utama juga akan mengaktifkan pikiran bawah sadar anda. Setiap pemikiran, rencana atau sasaran yang bisa anda definisikan dengan terperinci di dalam pikiran sadar anda, akan segera mulai di wujudkan ke dalam realitas oleh pikiran bawah sadar anda, juga oleh pikiran supra sadar anda.

Aktifkan Reticular Cortex Anda

Setiap orang itu mempunyai organ khusus di dalam otaknya yang disebut “reticular cortex.” Organ kecil ini fungsinya ibarat dengan switchboard untuk telephone di dalam sebuah gedung perkantoran yang besar.

Sama ibarat switchboard yang berfungsi untuk menyalurkan panggilan telephone ke peserta yang tepat, semua isu yang masuk melalui panca indera anda itu akan disalurkan oleh reticular cortex ke bagian-bagian otak yang relevan, atau kesadaran anda.

Reticular cortex anda mempunyai sistem pengaktifan reticular. Saat anda mengirimkan sebuah pesan ke reticular cortex, itu akan mulai menciptakan anda sangat sadar dan waspada terhadap orang-orang, isu dan peluang disekitar, yang bisa membantu anda untuk mencapai target.

Sebagai contoh, katakanlah anda memutuskan ingin punya kendaraan beroda empat sport berwarna merah. Lalu anda menuliskan sasaran ini. Anda mulai memikirkan dan membayangkan kendaraan beroda empat sport berwarna merah.

Proses ini akan mengirimkan sebuah pesan ke reticular cortex bahwa mulai ketika ini "mobil sport berwarna merah" itu penting bagi anda. Gambaran ini akan masuk ke dalam layar radar mental anda. Hingga semenjak ketika itu, anda akan akan mulai melihat kendaraan beroda empat sport berwarna merah dimana-mana.

Anda bahkan akan melihatnya melintas dan berbelok beberapa blok jauhnya. Anda akan melihatnya di daerah parkir dan showroom. Kemana pun anda pergi, dunia anda tampaknya akan penuh dengan kendaraan beroda empat sport berwarna merah.

Jika anda memutuskan untuk membeli sebuah sepeda motor, maka anda akan mulai melihat sepeda motor dimana-mana. Jika anda memutuskan untuk berlibur ke Bali, maka anda akan mulai memperhatikan banyak sekali poster, iklan, brosur dan program televisi yang menampilkan isu khusus mengenai liburan ke Bali.

Apapun pesan sasaran yang anda kirimkan ke reticular cortex, akan mengaktifkan sistem pengaktifan reticular, sehingga menciptakan anda lebih waspada terhadap semua kemungkinan yang bisa menciptakan sasaran tersebut menjadi kenyataan.

Mencapai Kebebasan Finansial

Jika anda memutuskan untuk menjadi bebas secara finansial, maka tiba-tiba anda mulai memperhatikan semua jenis peluang dan kemungkinan disekitar anda, yang bisa membantu anda mencapai sasaran finansial tersebut.

Anda akan mulai membaca banyak sekali dongeng di surat kabar dan mengenali buku-buku yang menyangkut subjek tersebut, kemana pun anda pergi. Anda akan mendapatkan isu dan iklan-iklan.

Anda akan menemukan diri sedang berbincang-bincang mengenai cara menghasilkan dan menginvestasikan uang. Seolah-olah anda dikelilingi oleh banyak sekali wangsit dan isu yang bisa sangat membantu mencapai sasaran tersebut.

Sebaliknya, jikalau anda tidak menawarkan arahan yang terperinci kepada reticular cortex dan pikiran bawah sadar anda, maka anda akan menjalani hidup seakan-akan sedang berkendaraan dalam cuaca berkabut.

Sehingga anda jadi tidak menyadari banyak sekali kemungkinan dan peluang yang ada di sekitar. Anda akan jarang melihat atau memperhatikannya. Seperti kata orang bijak, "Perhatian itu yaitu kunci bagi kehidupan." Kemanapun perhatian anda pergi, kesitulah hidup anda menuju.

Saat anda lebih dulu memutuskan tujuan utama anda, maka tingkat perhatian anda meningkat, dan anda menjadi sangat sensitif terhadap apapun yang bisa membantu anda dalam mencapai target.

Tujuan Utama Anda

Tujuan utama anda bisa didefinisikan sebagai satu sasaran yang paling penting bagi anda ketika itu. Itu biasanya satu sasaran yang paling bisa membantu anda untuk mencapai banyak sekali sasaran lain, dibanding hal lain yang bisa anda capai.

Tujuan utama anda itu harus mempunyai karakteristik berikut ini:

1. Itu haruslah sesuatu yang benar-benar sangat anda inginkan secara personal. Hasrat anda akan sasaran ini haruslah sangat intensif sehingga impian untuk mencapainya menciptakan anda kasar dan merasa bahagia.

2. Itu harus terperinci dan spesifik. Anda harus bisa mendefinisikannya dalam kata-kata. Anda harus bisa menuliskannya dengan tingkat kejelasan yang bisa dibaca dan sangat dimengerti oleh seorang anak kecil, dan bisa mengetahuinya apakah anda sudah mencapainya atau belum.

3. Tujuan utama anda haruslah terukur dan kuantitatif. Jangan mengatakan, "Menghasilkan banyak uang," melainkan katakanlah misalnya, "Aku menghasilkan 100 juta per tahun semenjak (tanggal spesifik).

4. Itu haruslah bisa dipercaya dan dicapai. Tujuan utama anda dihentikan terlalu besar atau terlalu menggelikan, sehingga itu sangat mustahil untuk tercapai.

5. Tujuan utama anda seharusnya punya kemungkinan yang cukup untuk sukses, mungkin 50:50 ketika anda memulai. Jika anda belum pernah mencapai sasaran utama sebelumnya, menetapkan sebuah sasaran yang punya kemungkinan 80% untuk sukses.

Buatlah itu menjadi gampang untuk diri anda, setidaknya ketika anda gres memulai. Nantinya, anda bisa memutuskan sasaran yang besar dengan kemungkinan sukses yang sangat kecil, tapi tetap termotivasi untuk mengambil langkah yang diperlukan.

Tapi ketika awal, menetapkan sasaran yang bisa dipercaya, bisa dicapai dan punya kemungkinan sukses yang tinggi, sehingga anda bisa merasa niscaya menang semenjak dari awal.

6. Tujuan utama anda haruslah sesuai dengan target-target lainnya. Anda tidak bisa menginginkan sukses secara finansial dalam karir di satu sisi, tapi ingin selalu bebas menyia-nyiakan waktu anda disisi lain. Target utama anda harus sejalan dengan target-target yang kecil, juga dengan nilai-nilai anda.

Pertanyaan Terbesar

Berikut ini pertanyaan kunci untuk memilih tujuan utama anda: "Satu hal terbesar apa yang berani anda mimpikan jikalau anda tahu bahwa anda mustahil gagal?"

Jika dijamin niscaya sukses dalam mencapai sasaran apapun, besar maupun kecil, jangka panjang maupun pendek, sasaran yang manakah itu? Apapun balasan anda, jikalau anda bisa menuliskannya, maka anda mungkin bisa mencapainya.

Mulai ketika itu dan seterusnya, satu-satunya pertanyaan yang perlu anda tanyakan adalah, "Bagaimana caranya?" Satu-satunya pembatas yang real yaitu seberapa sangat anda menginginkannya, dan berapa usang anda mau mengejarnya.

Semua orang ingin menjadi milyuner atau multi milyuner. Satu-satunya pertanyaan yaitu apakah anda mau melaksanakan semua yang diperlukan, dan menginvestasikan semua tahun-tahun yang diharapkan untuk mencapainya. Jika memang mau, maka hampir tidak ada yang bisa menghentikan anda.

Latihan 10 Target

Berikut ini sebuah latihan untuk anda. Ambil selembar kertas kemudian tuliskan 10 sasaran yang ingin anda capai. Tuliskan dalam kalimat ke kinian, seakan-akan anda sudah mencapainya. Misalnya, "Aku menghasilkan . . . . . . juta rupian per bulan."

Setelah menuntaskan daftar 10 target, tanyakan pada diri: "Satu sasaran mana dalam daftar ini yang jikalau bisa segera saya capai, akan menawarkan efek paling positif terhadap kehidupan ku?"

Dalam hampir setiap kasus, satu sasaran itulah yang akan menjadi tujuan utama anda. Itu yaitu satu sasaran yang bisa menawarkan efek terbesar bagi kehidupan anda, juga bagi tercapainya target-target lain.

Apapun sasaran yang anda pilih, tuliskan pada kertas terpisah. Lalu tuliskan semua yang terlintas dipikiran anda mengenai apa yang bisa anda lakukan untuk mencapai sasaran ini, kemudian segeralah mengambil agresi pada setidaknya salah satu dari item yang ada di dalam daftar tersebut.

Tuliskan sasaran ini pada sebuah kartu yang bisa anda bawa-bawa dan melihatnya secara teratur. Pikirkan mengenai sasaran ini ketika pagi, siang dan malam hari. Teruslah mencari banyak sekali cara untuk mencapainya. Dan satu-satunya pertanyaan yang anda tanyakan adalah, "Bagaimana caranya?"

Pilihan anda mengenai tujuan utama, dan keputusan untuk memfokuskan seluruh pedoman pada tujuan tersebut, berusaha mengatasi semua rintangan dan kesulitan hingga itu tercapai, akan lebih mengubah hidup anda menjadi lebih baik, dibanding keputusan lain apapun yang akan pernah anda buat.

Apapun tujuan utama anda, tuliskan dan segera lah mulai mengerjakannya!


Baca Juga: Kata Kata Cinta yang Menyentuh Hati Pria

No comments:

Post a Comment